Indonesia membutuhkan banyak talenta digital. (Sumber gambar: Christina/Unsplash)

Program Perempuan Inovasi Dibuka Lagi, Beasiswa untuk Cetak Talenta Digital

03 May 2024   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Organisasi nonprofit Markoding dengan Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Sastrowardoyo kembali membuka program Perempuan Inovasi. Program kolaborasi tahunan ini dibuat untuk memberikan beasiswa pelatihan keterampilan digital bagi perempuan Indonesia khususnya yang kurang mampu.
 
Para peserta akan dibekali keterampilan yang relevan dengan industri untuk mengembangkan inovasi guna memecahkan masalah terkait gender di lingkungan sekitar mereka, seperti kekerasan terhadap perempuan, pelecehan seksual, perkawinan anak, dan kesetaraan gender.

Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap 1 Tahun 2024
 
Sejumlah manfaat akan didapatkan peserta dari program Perempuan Inovasi utamanya yakni pelatihan web development & UI/UX Design dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga lulusan program menjadi tenaga siap kerja.
 
Selain itu, bersama para mentor yang andal di bidangnya, peserta juga akan mendapatkan pelatihan keterampilan pengembangan diri antara lain kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan sebagainya. Termasuk, mendapatkan edukasi seputar kesetaraan gender seperti kekerasan/pelecehan seksual, kesehatan reproduksi, perkawinan anak, dan lainnya.
Co-Founder Perempuan Inovasi dan Markoding Amanda Simandjuntak mengatakan program Perempuan Inovasi dibuat dengan tujuan untuk memberdayakan perempuan Indonesia melalui keterampilan di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) serta edukasi tentang kesetaraan gender.
 
Amanda menilai partisipasi perempuan di Indonesia dalam bidang teknologi masih terbilang rendah. "[Proporsi] partisipasi perempuan di bidang teknologi saat ini baru 22 persen, dan itu paling rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara," katanya kepada Hypeabis.id lewat sambungan Zoom.
 
Padahal, kata dia, kesempatan atau kebutuhan untuk berkarier di bidang teknologi saat ini sangat besar. Dia memaparkan sampai tahun 2030, Indonesia diperkirakan membutuhkan sekitar 17 juta talenta digital. Sementara itu, saat ini, jumlah gap atau kekurangan untuk memenuhi kebutuhan itu masih diperlukan sekitar 9 juta talenta.
 
"Artinya ada 9 juta [lowongan] pekerjaan enggak terisi. Makanya kalau perempuan-perempuan Indonesia bisa punya keterampilan digital dan IT yang mumpuni, itu kesempatannya besar sekali. Jadi sayang banget kalau perempuan Indonesia enggak bisa memanfaatkan itu," ujarnya.
 
Amanda juga menguraikan masih rendahnya angka partisipasi perempuan dalam bidang teknologi dikarenakan masih adanya stigma dan stereotipe bahwa perempuan dianggap kurang layak untuk terjun ke dalam bidang yang cenderung dipandang maskulin tersebut.
 
Termasuk, ada juga anggapan bahwa keterampilan logika atau berpikir perempuan masih kalah dibandingkan laki-laki, dan cenderung lebih mengutamakan perasaan. "Itu yang sebenarnya membuat kepercayaan diri perempuan jadi rendah untuk belajar dan terjun ke dunia teknologi," ucapnya.

Cara Daftar Program Perempuan Inovasi

Program Perempuan Inovasi tahun ini membuka pendaftaran hingga 10 Mei 2024. Dilanjutkan dengan pelaksanaan kelas basic coding dan UI/UX Design pada 20 Mei-16 Juni 2024, bootcamp full stack web development dan UI/UX Design pada 29 Juli-1 November 2024, dan demo day pada November 2024. 
 
Amanda menjelaskan tiap periode program, Perempuan Inovasi akan menerima sekitar 100 peserta yang lolos seleksi. Nantinya, ada dua program pelatihan yang bisa diikuti peserta yakni kelas basic coding dan UI/UX Design, serta bootcamp full stack web development dan UI/UX Design khusus bagi mereka yang ingin langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus dari program.
 
"Nanti setelah tamat bootcamp, akan ada pendampingan job connector selama 6 bulan. Kami akan bantu untuk terkoneksi dengan hiring partners kami, termasuk persiapan dan mentoring untuk masuk ke industri," jelasnya.
 
Program Perempuan Inovasi bisa diikuti oleh seluruh perempuan dari berbagai latar belakang secara gratis. Kalian bisa mendaftar melalui laman perempuaninovasi.com. Adapun, berikut adalah beberapa syarat mendaftar program Perempuan Inovasi.
 
  • Perempuan minimal berusia 12 tahun
  • Terbuka untuk murid (SMP/MTs, SMA/MA/SMK, PKBM, LKP) mahasiswi (akademik/vokasi), profesional, atau yang sedang mencari pekerjaan
  • Memiliki akses internet dan laptop pribadi
  • Berkomitmen mengikuti program hingga selesai.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Kelebihan & Kekurangan Kamera Ultra-Wide di Smartphone

BERIKUTNYA

Debut Jadi Sutradara, Intip Cerita Inarah Syarafina Garap Film Horor Temurun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: