Momen Hardiknas bisa dilakukan dengan mengingat kembali jasa Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Tanah Air. (sumber gambar: Unsplash/ Syahrul Alamsyah Wahid)

Hardiknas 2024, Cek 15 Quote dari Ki Hajar Dewantara Untuk Motivasi Pendidikan Ini

02 May 2024   |   15:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati masyarakat pada 2 Mei setiap tahunnya. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Momen Hardiknas biasanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia dengan memberikan apresiasi pada para insan pendidikan, termasuk pengajar maupun pelajar. Salah satunya, dengan  mengingat kembali jasa Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Tanah Air.

Mengutip dari laman resmi Kemdikbud, tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 adalah Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar. Seiring dengan peringatan Hardiknas, bulan Mei 2024 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

Baca Juga: Ini Makna Tema Hardiknas 2024 yang Diusung oleh Kemendikbudristek

 
 


Selain itu, dalam rangka peringatan Hardiknas 2024, juga akan dilaksanakan beragam aktivitas lain bertema pendidikan di Tanah Air. Salah satunya adalah pengibaran bendera yang dilanjutkan pidato untuk mengenang sosok ki Hajar Dewantara serta pemikirannya.

Namun, terlepas dari itu semua, Ki Hajar Dewantara sebenarnya juga banyak memiliki pepatah-petitih, atau semacam quote yang bisa dijadikan pegangan generasi muda untuk menggantungkan cita-cita pendidikan mereka setinggi langit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

 
  1. "Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani."  Maknanya: Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan.
  2. "Di dalam hidupnya, anak-anak adalah tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan dan alam pergerakan pemuda.”
  3. "Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja, tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama."
  4. "Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat. Sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka."
  5. "Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir."
  6. "Dengan budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya."
  7. "Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)."
  8. "Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa.”
  9. "Membaca adalah jendela dunia. Tetapi tidak hanya itu, membaca juga adalah sebuah kunci yang dapat membuka pintu-pintu rahasia ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.”
  10. "Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap.”
  11. "Sesungguhnya, hidup itu ibarat sebuah buku. Siapa yang tidak pernah belajar, sama saja dengan buku yang tidak pernah dibaca.”
  12. “Pendidikan sejati adalah pendidikan yang mengajarkan kita untuk hidup bersama, untuk saling menghargai, untuk saling membantu, untuk saling mencintai.”
  13. "Di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin yang kuat. Sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka."
  14. "Dalam berbicara seseorang harus tetap berpikiran jernih hingga dapat mencetuskan ide-ide unggul dan berakhir dengan kemenangan."
  15. "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Kreasi Resep Pai Susu dan Pai Apel yang Manis dan Lezat untuk Camilan

BERIKUTNYA

5 Cara Agar Nobar Piala Asia U-23 Indonesia vs Irak di Rumah Nggak Bosenin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: