Maarten Paes saat menjalani sumpah setia (Sumber gambar: tangkapan layar laman Kemenkumham)

Intip Karier Maarten Paes di Sepak Bola yang Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

30 April 2024   |   20:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Indonesia akan mendapatkan 'amunisi' baru di bawah mistar gawang setelah pemain FC Dallas, yakni Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia. Pria kelahiran Belanda itu resmi mengambil sumpah pada hari ini, Selasa, 30 April 2024.

Kabar Maarten Paes menjadi warga negara Indonesia disampaikan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam laman resminya. Berdasarkan laman tersebut, Maarten Paes merupakan salah satu dari 4 orang yang melaksanakan pengambilan sumpah janji setia terhadap Indonesia. 

Baca juga: Profil Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Disebut Bakal Dinaturalisasi Timnas

Pengambilan sumpah itu dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya. Dalam amanatnya, Andika meminta agar individu yang sudah menjadi warga negara Indonesia harus taat dan patuh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara,” ujar Andika yang dikutip Hypeabis.id pada Selasa, 30 April 2024.

Kabar itu kian diperkuat oleh unggahan akun twitter Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, yakni @kanwilkumhamdki. Dalam posnya, akun media sosial berlogo X itu menuliskan bahwa Maarten Paes datang ke Kawnil Kemenkumham DKI Jakarta untuk mengikuti upacara sumpah pewarganegaraan.

Video wawancara degannya yang diunggah juga menunjukkan bahwa sang pemain telah belajar sejumlah kata dalam Bahasa Indonesia.


Karier Sepak Bola Maarten Paes

Untuk diketahui, Maarten Paes adalah pria kelahiran 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu merumput di Mayor League Soccer, yakni liga sepak bola profesional tertinggi di Amerika Serikat.

Paes menjadi bagian dalam FC Dallas dan memulai kontraknya pada Juli 2022 dengan rentang waktu 3 tahun. Dengan begitu, kerja sama dengan salah satu tim divisi pertama MLS itu akan berakhir pada Desember 2025.

Sebelum merumput di liga Amerika Serikat, Paes tercatat bermain di liga Belanda. Dia memulai kariernya di VV Union Youth dan pindah ke NEC Youth pada musim 2012/2013. Di NEC Youth, sang pemain masuk dalam NEC U17 pada musim 2015/2016.

Masih dalam musim yang sama, dia juga berhasil bergabung dengan NEC U19. Paes berhasil bergabung dengan tim utama NEC Nijmegen pada musim 2016/2017. Kariernya kian menanjak setelah dia bergabung dengan Utrecht U21.

Tidak butuh waktu lama baginya di Utrecht U21 untuk masuk ke tim utama, yakni dari musim 2018/2019 ke 2019/2020. Dari FC Utrecht, Dia dipinjamkan di FC Dallas pada musim 2021/2022 selama sekitar 6 bulan.

Satu tahun berselang atau pada musim 2022/2023, Paes resmi pindah dari FC Utrecht ke FC Dallas pada 7 Juli 2023. Sementara itu, di level internasional, sang pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu pernah membela Belanda U19, U20, dan U21. 

Baca juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Dia pernah membela Belanda U19 pada 2016. Kemudian, 2 tahun berselang, dia membela Belanda U20. Pada 2019, Paes juga menjadi pasukan tim nasional U21 negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Film Challengers: Zendaya Intens Latihan Tenis hingga Dibayar Rp162 Miliar

BERIKUTNYA

Waspada Masalah Kulit Ini Saat Cuaca Panas Ekstrem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: