Challengers. (Sumber gambar: Sumber gambar: Amazon MGM Studios)

Fakta Menarik Film Challengers: Zendaya Intens Latihan Tenis hingga Dibayar Rp162 Miliar

30 April 2024   |   20:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Challengers menjadi salah satu film yang tengah menjadi perbincangan. Film yang dibintangi oleh Zendaya ini disebut menawarkan kisah drama romansa dewasa yang unik, seksi, sekaligus emosional dengan berlatar dunia tenis. Film Challengers pun mendapatkan ulasan positif kritis dari sejumlah penonton dan kritikus film.

Di situs Rotten Tomatoes, Challengers mendapatkan skor sebesar 88 persen dari sebanyak 256 pengulas. Film garapan sutradara Luca Guadagnino itu dianggap laiknya sebuah permainan tenis yang sangat kompetitif sekaligus seksi di lapangan, berkat penampilan tiga karakter utama yang kuat yakni Zendaya, Mike Faist, dan Josh O'Connor. Sementara di situs IMDb, Challengers mencatat skor 7,8 per 10. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Film Monkey Man, Karya Monumental Dev Patel yang Juga Syuting di Indonesia

Challengers merupakan film kombinasi apik antara kisah romansa, drama, dan dunia olahraga tenis. Kisah film Challengers berawal dari perjumpaan Tashi Donaldson (diperankan oleh Zendaya), Art Donaldson (Mike Faist), dan Patrick Zweig (Josh O'Connor) saat mereka masih remaja. Ketiga anak remaja ini tumbuh bersama menjadi atlet tenis.

Dari ketiga remaja tersebut, Tashi tumbuh menjadi atlet tenis yang paling gemilang dan sukses menjuarai berbagai turnamen. Bahkan Tashi disebut-sebut sebagai perempuan muda yang bakal menjadi bintang masa depan. Parasnya yang cantik dan prestasinya yang gemilang itu lantas membuat Art dan Patrick sama-sama terpincut. Tanpa disadari, perlahan tumbuh benih-benih cinta di antara ketiganya. 
 


Lama terpisah, mereka akhirnya bertemu kembali ketika berusia 30-an. Tashi dan Art dikisahkan menjadi pasangan suami istri sekaligus pasangan hit di dunia tenis. Akan tetapi, segalanya mendadak berubah ketika Tashi mengalami cedera saat mengikuti sebuah turnamen. Tashi mengalami cedera parah di bagian kakinya, dan membuatnya harus menghentikan kariernya yang cemerlang alias pensiun dini.

Sebab tak bisa bermain lagi, Tashi kemudian memutuskan menjadi pelatih Art yang tak lain adalah suaminya. Namun, karier tenis Art sempat terpuruk dan membuatnya kehilangan kepercayaan diri. Dia kemudian mencoba mengembalikan rasa percaya diri itu dengan mengikuti turnamen kelas bawah.

Kompetisi itu ternyata juga diikuti Patrick yang tidak lagi menjadi atlet unggulan dan jauh dari popularitas. Tashi dan Art lantas kembali bersua dengan Patrick, mantan pacar dan mantan sahabat satu sama lain. Kisah ketiganya memanas saat Tashi meminta Art untuk menantang Patrick dalam sebuah program bertajuk Challenger. Sejak itu, hubungan ketiganya pun memasuki babak baru.

Di balik kisahnya yang seru, film Challengers juga menyimpan beberapa fakta menarik. Berikut adalah informasi selengkapnya seperti yang telah dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. Zendaya berlatih tenis selama 3 bulan

Untuk mendalami perannya sebagai petenis andal, Zendaya menjalani latihan intens dengan peraih medali perunggu Olimpiade dan mantan juara tenis Brad Gilbert, yang menjabat sebagai konsultan tenis di Challengers bersama istrinya yang bernama Kim. Gilbert melatih Zendaya agar sang aktris memiliki gaya permainan khas untuk karakter Tashi.

Melansir dari Screen Rant, Zendaya berlatih dengan Gilbert selama beberapa jam dalam sehari. Dalam seminggu, aktris yang juga berperan dalam film Dune itu harus melakoni latihan sebanyak lima hari selama tiga bulan. Latihan dilakukan selama enam minggu di Los Angeles sebelum syuting dan enam minggu selama syuting di Boston.

Selain itu, Gilbert juga mengajak Zendaya menonton beberapa pertandingan tenis di kampus, sekaligus mengirimi sang aktris sejumlah video pemain tenis yang berbeda-beda guna memahami pola pikir tiap pemain dan pelatih tenis.
 
 

2. Asisten pribadi Zendaya jadi pemeran

Menariknya, asisten pribadi Zendaya, Darnell Appling, juga ikut membintangi film Challengers. Menukil dari situs Collider, Appling berperan sebagai wasit New Rochelle. Challengers menjadi momen perdananya membintangi film layar lebar. Untuk mendalami perannya itu, Appling disebut mengambil kelas dan pelatihan wasit profesional.


3. Zendaya dibayar Rp162 miliar

Didapuk sebagai karakter utama dalam film Challengers, Zendaya dilaporkan dibayar sebesar US$10 juta atau sekitar Rp162 miliar untuk perannya tersebut. Namun, upaya tersebut tampaknya terbayar. Nama besar Zendaya sebagai bintang papan atas Hollywood saat ini cukup mendongkrak pendapatan film Challengers di bioskop.

Menurut survei yang dilakukan PostTrak, kehadiran Zendaya di Challengers menjadi daya tarik utama film tersebut sebagaimana dilaporkan oleh Variety. Dilaporkan bahwa sekitar 55 persen penonton di bioskop tertarik untuk menonton film tersebut lantaran adanya nama Zendaya sebagai bintang utama.
 


4. Batal tayang perdana di Festival Film Venesia

Challengers semula dijadwalkan tayang perdana secara world premiere di ajang Festival Film Internasional Venesia ke-80 pada Agustus 2023. Namun, pemutarannya dibatalkan oleh pihak penyelenggara imbas dari pemogokan para pekerja film yang tergabung dalam SAG-AFTRA. Festival film itu melarang anggota SAG untuk mempromosikan proyek mereka.

Akhirnya, Challengers ditayangkan perdana di Sydney, Australia pada 26 Maret 2024, diikuti dengan pemutaran perdana di Paris, London dan di TCL Chinese Theatre di Los Angeles. 

Baca juga: 9 Film Bioskop Siap Tayang Mei 2024, Ada Vina: Sebelum 7 Hari dan The Garfield Movie

Selain itu, Challengers juga mengalami dua kali penundaan tayang sebanyak dua kali. Film ini semula dijadwalkan dirilis pada 11 Agustus 2023, lalu dijadwalkan ulang menjadi 15 September 2023. Namun, rencana itu juga tidak terealisasi, hingga akhirnya Challengers baru resmi tayang secara global pada 26 April 2024.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Game Terbaik Rilis Mei 2024: Homeworld 3 hingga F1 24

BERIKUTNYA

Intip Karier Maarten Paes di Sepak Bola yang Resmi Jadi Warga Negara Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: