Sepak bola (sumber gambar: Unsplash/C MA)

Fakta-fakta Skuad Timnas Indonesia yang Dipanggil STY untuk Kualifikasi Piala Dunia

29 August 2024   |   13:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Shin Tae Yong (STY), telah memanggil 26 pemain terbaiknya untuk berlaga di putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia. Selain diisi oleh pemain-pemain lama, beberapa pemain baru juga muncul.

Timnas Indonesia akan mengawali perjalanannya di Grup C dengan menghadapi timnas Arab Saudi. Laga yang akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, tersebut akan berlangsung pada Kamis (5/9/2024).

Skuad Garuda kemudian akan menjamu timnas Australia pada pertandingan berikutnya pada 10/9/2024). Kali ini, pertandingan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga: Pelatih Legendaris Sven-Göran Eriksson Tutup Usia, Tinggalkan Jejak di Sepak Bola Dunia

Ada banyak fakta menarik di balik pemanggilan pemain kali ini. Berikut adalah ulasannya:


1. Diisi 14 Pemain Abroad


Memasuki putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, skuad timnas Indonesia tambah mewah. Dari 26 nama yang dipanggih oleh pelatih Shin Tae Yong, lebih dari separuhnya adalah pemain abroad (sebutan pemain sepak bola yang bermain untuk klub yang bukan berasal dari negaranya).

Dengan skuad yang cukup mewah ini, timnas Indonesia akan mencoba menampilkan permainan terbaiknya dalam mengarungi putaran ketiga ini.

Tercatat ada 14 pemain abroad yang dipanggil oleh STY. Mereka adalah Maarten Paes (FC Dallas, Amerika Serikat), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers, Inggris), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen, Belanda), Jay Idzes (Venezia, Italia), Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia), Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia), hingga Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand).

Dalam skuad ini, beberapa pemain abroad langganan lain, seperti Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan), Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris), Thom Haye (bebas transfer), Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda), Marselino Ferdinan (Oxford United, Inggris), Dimas Drajad (Persib Bandung), Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda), Ragnar Oratmangoen (FCV Dender, Belgia) juga mendapat panggilan oleh STY.
 
 

2. 12 Pemain Berasal dari Liga 1 Indonesia


Tak hanya diisi oleh pemain abroad, Shin Tae Yong juga melakukan panggilan kepada para pemain Indonesia yang berlaga di Liga 1. Dalam beberapa pekan terakhir, STY memang diketahui rajin menonton pertandingan Liga 1. Dia sedang memantau pemain potensial untuk ikut membela skuad Garuda.

Tercatat, ada 12 pemain yang berasal dari Liga 1 Indonesia. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang), Nadeo Argawinata (Borneo FC), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Wahyu Prasetyo (Malut United), Ricky Kambuaya (Dewa United), Egy Maulana Vikri (Dewa United), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Hokky Caraka (PSS Sleman)
 

3. Maarten Paes Bakal Jalani Debut


Kiper timnas Indonesia, Maarten Paes, yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya langsung dipanggil ke skuad STY kali ini. Dia akan langsung bergabung latihan sebelum akhirnya menjalani debut perdana bersama tim Merah Putih.

Namun, debut Maarten Paes diketahui baru akan terjadi saat Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno. Adapun, saat Indonesia melawan Arab Saudi di Jeddah, Paes belum bisa ikut bermain skuad Garuda.

Hal ini terjadi karena proses perpindahan federasi Paes baru selesai pada 17 Agustus 2024. Adapun proses pendaftaran pemain untuk laga melawan Arab Saudi berakhir pada 5 Agustus 2024.
 


4. Justin Jubner Absen Lawan Arab Saudi


Selain Maarten Paes, bek timnas Indonesia Justin Hubner juga tidak bisa tampil pada laga perdana. Hubner baru bisa bermain membela Indonesia saat melawan Australia di GBK. Pasalnya, Hubner terkena akumulasi kartu kuning. Bek Wolverhampton Wanderers tersebut mendapatkan dua kartu kuning pada pertandingan sebelumnya.


5. Elkan Baggot Kembali Tak Masuk Skuad


Nama Elkan Baggot kembali tidak masuk ke dalam daftar skuad terbaru timnas Indonesia. Ini adalah kesekian kalinya bek andalan klub Blackpool kembali tidak mendapat panggilan dari STY. Padahal, Elkan diketahui tidak mengalami cedera atau terkena akumulasi kartu kuning.

Belum jelas apa alasan STY tidak memanggil Elkan Baggot. Namun, isu berkembang bahwa ada kekecewaan dari STY karena mendapat penolakan dari Elkan saat timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea pada play off Olimpiade Paris 2024. Di luar polemik yang terjadi, pemilihan nama pemain mtetaplah emang menjadi hak prerogratif dari pelatih.
 

6. Skuad dengan Market Value Rp27,15 miliar


Timnas Indonesia telah diisi oleh para pemain terbaik. Menurut Transfermarkt, skuad ini diketahui memiliki market value atau nilai pasar sekitar Rp27,15 miliar. Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, ada banyak pemain Indonesia yang sekarang bermain di liga luar negeri.

Baca Juga: Maarten Paes Absen Lawan Arab Saudi, Siap Bela Indonesia Melawan Australia

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Sinopsis Drama Korea No Gain No Love, Kisah Romansa Unik Shin Min Ah & Kim Young Dae

BERIKUTNYA

Cek Daftar Harga & Cara Beli Tiket Synchronize Fest 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: