Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi dunia (Sumber gambar: pexels/ Salvatore De Lellis)

Setelah Bos Apple, Kini Giliran Petinggi Microsoft Datang ke Indonesia

30 April 2024   |   18:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah Apple, kini pucuk pimpinan perusahaan raksasa teknologi dunia lainnya, yakni Microsoft datang ke Indonesia. CEO Microsoft Satya Nadella yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo berbicara tentang kemungkinan kerja sama pengembangan ekosistem teknologi di Indonesia. 

Informasi tentang itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi yang mendampingi Presiden Joko Widodo saat menerima menerima kunjungan Satya. 

“Tadi [CEO Microsoft Satya Nadella] sudah bicara dengan Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama dengan Pemerintah Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers Kominfo, Selasa, 30 April 2024. 

Baca juga: Tiba di Indonesia, Bos Apple Tim Cook Bagikan Keseruan Bareng Fotografer Lokal

Budi mengungkapkan bahwa kerja sama pengembangan sumber daya manusia akan fokus terhadap peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital nasional, khususnya di bidang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Presiden meminta Microsoft yang memiliki Asia-Pacific Research and Development Center untuk membangun pusat penelitian di Indonesia. Dia menuturkan, presiden Joko Widodo juga membebaskan perusahaan untuk membangun di mana saja, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Selain pengembangan talenta digital nasional dan pembangunan pusat riset, pemerintah juga berharap kerja sama dengan Microsoft juga berkaitan dengan pengembangan Smart City di IKN.

“Karena human capital penting jadi lebih kepada pengembangan sumberdaya manusia, dan ini penting juga buat Indonesia dalam rangka menuju digital transformation, termasuk membantu pemerintah Indonesia dalam pengembangan Smart City di IKN,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyatakan bawa CEO Microsoft Satya Nadella telah menyampaikan tujuan untuk mengembangkan bisnis bidang teknologi di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo. 

“Pak Satya Nadella sudah bertemu dengan Presiden ingin menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia yang nanti akan diumumkan di JCC,” ujarnya.

Untuk diketahui kedatangan bos Microsoft membuat secara dua perusahaan sektor teknologi dunia telah datang ke Indonesia. 

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook telah berkunjung ke Indonesia pada Rabu, 17 April 2024. Orang nomor satu di perusahaan berlambang buah apel itu bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan berbicara tentang penjajakan investasi. Selain itu, kedatangannya di Indonesia juga untuk meresmikan Apple Developer Academy di Bali.

Ya, Apple Developer Academy yang dibangun di Bali merupakan kampus yang keempat di Indonesia. Akademi ini merupakan bentuk perluasan investasi oleh manajemen guna meningkatkan peluang bagi pengembang, pelajar, dan pengusaha yang ingin memulai karier di perusahaan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik CEO Apple Tim Cook yang Inspiratif, Hobi Hiking dan Bersepeda

Selain di Bali, Apple juga telah meluncurkan Apple Developer Academy di sejumlah wilayah di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, dan Batam. Sebanyak lebih dari 2.000 pengembang telah lulus dari program ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

ENHYPEN Rilis Tracklist Album Spesial MEMORABILIA untuk OST Webtoon Dark Moon

BERIKUTNYA

Intip Suasana Samsung Experience Lounge Pertama di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: