Kirsten Dunst di film Civil War (Sumber gambar: A24)

Sinopsis Civil War: Kisah Jurnalis di Tengah Perang Saudara, Bakal Tayang di Indonesia?

29 April 2024   |   13:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film Civil War (2024) garapan Alex Garland menjadi salah satu judul paling dinanti tahun ini. Diproduksi A24, Civil War digadang bakal menyuguhkan cerita dan visual yang menjanjikan sebagai salah satu karya sinema unik yang mulai mengeksplorasi sisi lain dari perang saudara.

A24 kerap mendistribusikan film bermutu dari berbagai genre, mulai dari horor hingga komedi. Namun, rumah produksi asal Amerika itu sepertinya siap melebarkan sayap dengan debut memproduksi film action blockbuster Civil War. Film ini bahkan mendapat peringkat untuk konten kekerasan dan adegan berdarah.

Baca juga: 5 Fakta Unik Film Monkey Man, Karya Monumental Dev Patel yang Juga Syuting di Indonesia

Secara umum,  film Civil War akan berpusat pada tim jurnalis yang melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat. Ihwal perjalanan itu mereka lakukan untuk meliput perang saudara yang meningkat pesat, yang melanda salah satu dari negara adikuasa tersebut.

Dari sinopsisnya, film ini tentu akan menghadirkan kisah penuh politik yang membalut dengan drama serta aksi penuh adegan berdarah. Film ini juga akan menjadi suguhan anyar dari Garland dan A24, sebab film dengan premis seperti ini jarang berada di jajaran sinema yang mereka produksi.

Dalam teaser yang diunggah A24, Civil War akan menghadirkan beberapa adegan aksi, yang tentunya menggambarkan moen saat perang saudara terjadi. Berondongan peluru antar masyarakat sipil, ledakan bom yang dijatuhkan dari udara, hingga kisah penyanderaan terhadap kalangan jurnalis.

Beberapa scene dari film  berdurasi 1 jam 49 menit ini juga cukup mengerikan jika dijabarkan. Salah satunya lewat suspense nonstop sepanjang durasi film, yang mana ini menjadi salah satu ciri khas dari Garland, yang memang ahli dalam mengusung elemen suspense serta thriller yang tinggi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Civil War (@civilwarmovie)



Selain itu, film ini juga menjadi perluasan ekspresi dari sang sutradara. Dikenal sebagai sutradara yang kerap mengusung film fiksi ilmiah dan horor, kali ini Garland tampak menantang diri untuk menyuguhkan film drama perang yang epik. Film ini juga akan jadi suguhan sinema berbeda dari rumah produksi A24.

Hasilnya, tampaknya tak terlalu buruk. Selain trailer-nya yang mendapat pujian dari para sinefil, film Civil War juga mendapatkan penayangan global perdana. Yaitu diputar di festival film South by Southwest (SXSW) 2024 di Paramount Theatre di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Penayangan di SXSW ini terasa cukup spesial bagi Garland, sebab menandai kembalinya sang sutradara setelah dulu pernah menggelar premiere untuk film debutnya Ex Machina (2014). Bagi A24, Civil War juga berhasil memecahkan rekor produksi baru dengan bujet produksi hingga US$50 juta.

Dengan bujet produksi yang sudah cukup fantastis, seyogyanya film tersebut pun akan mendapatkan anggaran pemasaran yang serupa atau bahkan lebih besar. Titik impas untuk Civil War diperkirakan US$100 juta sampai US$125 juta sebelum memulai keuntungannya.

Tentunya, ini akan jadi pertaruhan yang menarik bagi A24. Sebab, tercatat hanya satu dari film mereka, yakni Everything Everywhere All At Once (2022) yang telah meraup lebih dari US$100 juta secara global. Hal ini membuat blockbuster besar pertama A24 memiliki risiko finansial yang sangat besar.

Oleh karena itu, tak heran jika Kirsten Dunst dipilih oleh Alex Garland menjadi pemeran utama pada film ini sebagai sang jurnalis. Karena sebelumnya, Kirsten Dunst juga telah berpengalaman berkolaborasi dengan A24 pada film Woodshock yang rilis pada 2017.

Selain Kirsten Dunst, film ini juga akan diramaikan oleh aktor top Hollywood lain. Yaitu Wagner Moura dan Karl Glusman yang juga pernah berkolaborasi dengan Alex Garland pada serial Devs (2020), Cailee Spaeny (Aftersun, 2022) dan Jesse Plemons. Ada pula Jefferson White, Nelson Lee, Evan Lai, Cailee Spaeny, dan Stephen McKinley Henderson. 

Baca juga: 9 Film Bioskop Siap Tayang Mei 2024, Ada Vina: Sebelum 7 Hari dan The Garfield Movie

Kendati sudah tayang perdana di Britania Raya pada 12 April 2024, Civil War belum diketahui kapan akan tayang di Indonesia. Namun, CGV sudah memberi sinyal bahwa film tersebut akan tayang dalam waktu dekat ini. Jadi, mari kita tunggu saja jadwal resminya dengan memantau media sosial mereka Genhype. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Tofu Udang Kukus, Comfort Food Super Nikmat

BERIKUTNYA

Rekomendasi 3 Tempat Hangout di Jakarta dengan Konsep Lucu dan Unik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: