film The Zone of Interest (Sumber gambar: X/The Zone of Interest)

Ungkap Kehidupan Keluarga Nazi & Holocaust, Film The Zone Interest Tayang 6 Maret 2024

17 February 2024   |   14:09 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berkeliling di berbagai festival dan tayang di bioskop sejumlah negara, film The Zone of Interest akhirnya bakal segera rilis di Indonesia. Film yang disutradarai oleh Jonathan Glazer ini direncanakan mulai tayang di bioskop Indonesia pada 6 Maret 2024.

Informasi mengenai masuknya film The Zone of Interest ke bioskop Tanah Air pertama kali diwartakan oleh Cinepolis Indonesia. Dalam unggahannya, mereka membagikan still photo film tersebut. 

Baca juga: Film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba-To the Hashira Training Tayang 28 Februari 2024

Dalam foto tersebut, Cinepolis Indonesia juga membubuhkan lima raihan nominasi film ini pada ajang Oscar 2024. Sebuah penanda bahwa film ini telah menunjukkan kualitas apik dan berhasil diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk festival bergengsi seperti Oscar.

"Film peraih 5 nominasi dalam Oscar 2024. Nantikan The Zone Of Interest, tayang mulai 6 Maret 2024 di Cinépolis Cinemas," tulis akun resmi X cinepolisID, Selasa (13/2).
 

Sejak melakukan world premier di Cannes Film Festival pada 19 Mei 2023, The Zone of Interest terus menjadi film yang diperbincangkan banyak orang. Dalam ajang tersebut, film produksi A24 ini bahkan berhasil meraih piala utama Grand Prix dan FIPRESI Price.

Film yang mengambil tema besar sejarah Nazi ini juga menjadi kandidat yang cukup dominan di Piala Oscar 2024. Sebab, ada lima nominasi yang berhasil diperoleh, termasuk kategori utama Best Picture.

The Zone of Interest juga mendapat nominasi untuk kategori Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Sound, hingga Best International Feature. Sejak debut pertamanya, film ini setidaknya telah meraih lebih dari 9 penghargaan dan 22 nominasi.

Film The Zone of Interest akan mengambil latar cerita tentang kamp konsentrasi Auschwitz pada 1943. Alur ceritanya akan mengikuti kisah Rudolf Hoss, seorang komandan militer di kamp konsentrasi tersebut.

Hoss bersama istrinya, Hedwig, adalah pasangan yang terus berupaya membuat kehidupan rumah tangga mereka menjadi lebih baik. Keduanya pun membangun rumah impian dan taman megah di sekitar kamp konsentrasi tempatnya bertugas.

Namun, impian kehidupan Hoss sebenarnya berbanding terbalik dari apa yang terjadi di dalam kamp konsentrasi. Melalui film ini, penonton akan melihat berbagai kebrutalan dari tragedi Holocaust di Auschwitz dan dampaknya bagi para tentara di dalamnya.

Sebagai film drama sejarah, Jonathan Glazer selaku sutradara mengambil alur cerita tersebut dari sebuah buku dengan judul yang sama karangan Martin Amis. Buku tersebut memang dikenal telah banyak mendapat ulasan positif dari para kritikus.
 

Buku The Zone of Interest ini dianggap berhasil merangkum fenomena Nazi dengan memikat dan tajam. Narasi yang diadjikan di dalamnya mampu menarik pembaca menyelami lebih jauh tentang apa yang sebenarnya terjadi di kamp konsentrasi.

Buku ke-14 dari Martin Amis tersebut bahkan pernah diganjar penghargaan Walter Scott Prize pada 2015. Dengan basis cerita yang kuat, film hasil proyek kolaborasi Inggris Raya dan Polandia pun menjadi dinanti-nanti para penggemarnya. 

Baca juga: Film Anyone But You Rilis di Indonesia 29 Februari 2024

Terlebih, film ini juga akan dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama, seperti Christian Friedel, Sandra Huller, Ralph Herforth, Caniel Herforth, Sascha Maaz, hingga Imogen Krogge. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba-To the Hashira Training Tayang 28 Februari 2024

BERIKUTNYA

Jadwal Car Free Day & Acara Akhir Pekan Minggu 18 Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: