Pengunjung menyaksikan salah satu karya Butet Kartaredjasa dalam pameran Melik Nggendong Lali di Galnas (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Suka Karya Seni? Yuk Cek Agenda Pameran Seni Mei 2024 di Jakarta

29 April 2024   |   12:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pameran seni belakangan ini semakin ramai digelar untuk mengenalkan karya seniman pada publik. Selain menjadi bentuk apresiasi kepada para perupa, berkunjung ke pameran seni juga bisa menjadi kegiatan seru untuk menikmati waktu luang atau ketika momen liburan.

Tahun ini, sepanjang Mei 2024, para pencinta seni juga dapat menyaksikan sederet karya seniman di sejumlah galeri dalam negeri secara gratis. Dengan berbagai gaya dan medium, mereka menyajikan karya estetik yang bisa dinikmati sembari menggenapkan bahas rupa. 

Baca juga: Indonesia Anime Con Perdana Digelar Juni 2024, Cek Agenda Serunya

Nah, bagi Genhype yang masih bingung untuk mengunjungi pameran seni apa saja yang akan digelar bulan ini, berikut agenda pameran seni rupa yang dapat kalian kunjungi sepanjang Mei 2024 di beberapa galeri di Indonesia.


1. Harmony in Hues, WTC 3 Jakarta

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Isa Art (@isaart.id)


Diprakarsai ISA Art Gallery, pameran Harmony in Hues dihelat di WTC Jakarta pada 12 Maret-31 Mei 2024 dengan mengundang sejumlah seniman. Ekshibisi ini mencoba memaknai keterhubungan dan kesatuan yang melekat dalam warisan budaya dan Islam Indonesia, khususnya lewat bahasa rupa.

Total terdapat tujuh seniman yang ikut meramaikan pameran seni yang berani melampaui batas-batas konvensional itu. Mereka adalah Agus Zimo, Arahmaiani, Carla Agustina, Faisal Kamandobat, Nasirun, dan Prihatmoko Moki yang menghadirkan perspektif dan kreasi unik pada karya-karya yang dipamerkan. 


2. House of Home, Artloka

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Popomangun (@popomangun.png)


Digelar di Artloka Jakarta, House of Home merupakan pameran tunggal dari Popo Mangun yang akan berlangsung pada 20 April sampai 19 Mei 2024. Ekshibisi ini mendedah makna rumah dari sudut pandang sang perupa lewat sederet karya yang dipacak, khususnya lukisan dengan berbagai material.

House of Home merupakan puncak rangkaian ide Popo dalam berekspresi lewat media karya seni. Sebelumnya seniman yang juga mantan jurnalis itu memperkenalkan beberapa karya-karya serupa dalam pameran kolektif. Uniknya dalam pameran ini, Popo juga berkolaborasi dengan anaknya yang masih kecil.


3. Raket Rumaket, D Gallerie

 

Pameran Raket Rumaket digelar di D Gallerie Jakarta. Ekshibisi ini menampilkan karya lima seniman muda Bali lewat eksplorasi material yang didasarkan dari tradisi seni rupa Bali. Berbagai material itu mulai dari kulit sapi, kain, benang, pelat besi, resin, hingga pasir silika yang dieksplorasi dalam berbagai bentuk.
 
Dikuratori oleh Made Susanta, pameran Raket Rumaket berlangsung pada 20 April-17 Mei 2024 dan menampilkan karya terbaru dari lima seniman muda Bali. Mereka di antaranya adalah I Gede Sukarya, Gusti Kade Kartika, Kadek Didin “Jirot”, Wayan Piki Suyersa, dan Wayan Yusa Dirgantara. 


4. Melik Nggendong Lali, Galeri Nasional

 

Digelar di Galeri Nasional Indonesia, Melik Nggendong Lali merupakan pameran tunggal dari seniman kawakan Butet Kartaredjasa. Raja Monolog itu menampilkan sederet karya dari hasil lelakunya dalam menjalankan wirid visual selama beberapa tahun terakhir, yang berlangsung pada 26 April-25 Mei 2024 di Gedung A, Galeri Nasional. 

Dalam ekshibisi ini, Butet juga menyuguhkan karya-karya teranyarnya yang merefleksikan realitas hari ini. Mulai dari laku dan praktik spiritual yang dialami secara personal, hingga kritik terhadap masalah sosial yang terefleksi dalam kondisi politik terkini di Tanah Air.


5. Tempatan, Galeri Nasional 

 

Tempatan merupakan pameran kolektif dari Empu Gampingan, sebuah komunitas seniman perempuan Yogyakarta. Total terdapat 25 seniman perempuan yang berpartisipasi dalam pameran ini. Ekshibisi ini dapat dikunjungi publik pada 2-16 Mei 2024 di Gedung D, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Selain pameran, ada beragam lokakarya yang menarik yang diselenggarakan oleh Komunitas Empu Gampingan. Seperti hand weaving, ecoprint, mixology “Rujak Punch” dan “Fusion Kombucha”, melukis dan menyulam tote bag, workshop dasar pengenalan batik kayu, dan masih banyak lagi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tayang di Amerika Serikat, Badarawuhi di Desa Penari Dapat Skor Segini di Rotten Tomatoes

BERIKUTNYA

5 Resep Puding Aneka Rasa yang Mudah Dikreasikan di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: