Pemain Indonesia berfoto setelah bertanding (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

5 Fakta Menarik Indonesia vs Uzbekistan Pada Piala Asia U23

28 April 2024   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional U-23 Indonesia akan bersua dengan tim nasional U-23 Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia 2023. Pertandingan yang akan berlangsung pada Senin, 29 April 2024 itu memiliki sejumlah fakta menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype.

Garuda muda – julukan tim nasional U-23 Indonesia – mencapai babak semifinal setelah berhasil mengalahkan tim nasional U-23 Korea Selatan dalam “drama” adu penalti. Pada saat itu, kedua tim bermain imbang 2-2 sampai babak tambahan diadakan.

Adu penalti dilakukan untuk mencari pemenang. Dalam proses tersebut, Indonesia berhasil unggul setelah memasukan 11 bola ke gawang yang dijaga oleh kiper Korea Selatan. Sementara itu, Korea Selatan hanya berhasil memasukkan 10 bola ke dalam gawang yang dijaga oleh kiper Indonesia.

Baca juga 7 Drama Menegangkan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23

Kemenangan ini membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil mencetak sejarah baru mengingat langkah Garuda muda ke semifinal merupakan yang pertama kalinya. Tidak hanya itu, kemenangan itu juga “merusak” rekor Korea Selatan yang selama 36 tahun tidak pernah absen dalam pertandingan Olimpiade.

Kekalahan dari Indonesia pada babak perempat final membuat tim berjuluk Taeguk Warriors itu harus gigit jari karena tidak dapat berlaga di ajang Olimpiade Paris, Prancis, pada tahun ini.

Indonesia bersama Jepang menjadi dua tim yang lebih dahulu memastikan tiket ke babak semifinal pada ajang ini. Setelah itu, Uzbekistan dan Irak menjadi dua tim lainnya yang mengisi slot kosong pada babak ini.

Uzbekistan yang berhasil mengalahkan Arab Saudi akan berhadapan dengan Indonesia. Kedua tim akan bertarung mati-matian untuk meraih final dan memastikan diri ikut dalam ajang Olimpiade pada 2024.

Sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, berikut sejumlah fakta menarik versi Hypeabis.id tentag pertandingan antara kedua tim nasional yang akan berlangsung pada Senin, 29 April 2024.

1. Beda peringkat

Fakta pertama pertandingan antara tim nasional U-23 Indonesia melawan tim nasional U-23 Uzbekistan pada babak semifinal adalah perbedaan peringkat antara kedua negara. FIFA mencatat, Indonesia adalah negara dengan peringkat 134.

Peringkat tersebut jauh berbeda jika dibandingkan dengan Uzbekistan yang pada saat ini menempati urutan 64 dalam rangking FIFA. Meskipun begitu, peringkat bukan menjadi dominan lantaran Garuda muda sudah membuktikannya.
Dalam babak penyisihan grup, Indonesia mengalahkan tim nasional U-23 Australia dan tim nasional U-23 Yordania yang memiliki peringkat FIFA lebih baik dari Indonesia.

2. Uzbekistan tidak pernah kekalahan, Indonesia satu kali

Perjalanan tim nasional U-23 Indonesia dan Uzbekistan pada ajang Piala Asia U-23 begitu berbeda. Garuda muda tercatat mengalami kekalahan satu kali pada fase babak penyisihan grup. Pada saat itu, Rizky Ridho dan kawan-kawan dikalahkan oleh tim nasional U-23 Qatar.

Baca juga 7 Drama Menegangkan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23

Kondisi berbeda jika dibandingkan tim lawan, Uzbekistan tercatat belum pernah terkalahkan dari babak penyisihan grup sampai dengan parempat final. Uzbekistan bisa meneruskan tren positifnya. Namun, tidak menutup kemungkinan akan “menelan” kekalahan pertama saat berjumpa Indonesia.

3. Pemain mahal

Fakta menarik lainnya tentang kedua tim yang akan bertanding pada pukul 21.00 WIB pada Senin, 29 April 2024 adalah tentang pemain yang akan memperkuat tim. Selain di Liga I, sejumlah anak asuh Shin Tae-yong juga tercatat main di beberapa klub di luar negeri.

Meskipun begitu, nilai transfer para pemain Indonesia itu masih jauh berada di bawah beberapa pemain Uzbekistan. Pemain negara tersebut tercatat memiliki nilai transfer yang tidak kecil. Salah satu di antaranya adalah Abbosbek Fayzullaev. Pemain yang berada dalam tim CSKA Moscow itu diperkirakan memiliki nilai transfer lebih dari Rp80 miliar.

4. Tiket Olimpiade

Pertandingan semifinal antara tim nasional U-23 Indonesia dan tim nasional U-23 Uzbekistan memiliki arti penting bagi kedua negara. Pemenang pertandingan ini akan menuju babak final yang berarti langsung merebut tiket ke Olimpiade di Paris, Prancis, pada 2024.

Tim mana saja yang masuk babak final sudah pasti akan melaju ke ajang olahraga dunia tersebut lantaran juara 1 dan 2 ajang sepak bola negara-negara Asia ini memiliki hak untuk ikut dalam Olimpiade 2024.
Indonesia yang mengincar keikutsertaan di Olimpiade akan berusaha sekuat tenaga untuk menang dan masuk dalam babak final.

5. Uzbekistan kejar juara untuk kedua kali, Indonesia target menjadi yang pertama kali

Pada pertandingan antara tim nasional U-23 Indonesia dan U-23 Uzbekistan juga memiliki fakta yang menarik lainnya tentang arti kemenangan Piala Asia 2024. Bagi Uzbekistan, kemenangan melawan Indonesia dan melaju ke final akan membuatnya kian dekat dengan juara Piala Asia sebanyak 2 kali.

Uzbekistan tercatat pernah mengangkat trofil Piala Asia U-23 pada 2020. Sementara bagi Indonesia, kemenangan melawan Uzbekistan dan masuk babak final akan membuat Merah Putih semakin dekat dengan juara Piala Asia untuk yang pertama kalinya. 

Baca juga5 Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia Termahal 2024

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Perdana, Rossa Putar Trailer Film Dokumenternya di Titik Kumpul Festival 2024

BERIKUTNYA

Mengenal Penyair Chairil Anwar, Sosok Penting Di Balik Hari Puisi Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: