Fitur Eye Contact NVIDIA Broadcast (Sumber gambar: Youtube.com/NVIDIA Studio)

NVIDIA Broadcast Luncurkan Fitur Eye Contact Berbasis AI, Apa Keunikannya?

14 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan teknologi Amerika, NVIDIA meluncurkan fitur terbaru bernama eye contact dalam aplikasi NVIDIA Broadcast. Seperti diketahui, aplikasi ini memang dikhususkan untuk pengguna yang membutuhkan fitur siaran yang interaktif seperti streamer atau kreator lainnya.

Kali ini, NVIDIA Broadcast menghadirkan peningkatan fitur terbarunya dengan penyempurnaan melalui dukungan teknologi Artificial Inteligence (AI). Dilansir dari situs NVIDIA, fitur eye contact menggunakan dukungan AI untuk membuat mata pengguna tampak sedang melihat langsung ke kamera.

Saat pengguna sedang melakukan aktivitas penglihatan lain, misalnya saja pandangan yang mengarah ke bawah saat menulis, atau melirik ke samping, maka fitur eye contact otomatis menampilkan mata pengguna tetap konsisten melihat ke kamera dengan visualisasi yang smooth.

Baca juga: Google, ChatGPT dan Masa Depan Mesin Pencari

NVIDIA mendatangkan fitur ini untuk menjawab kebutuhan interaktif dari para penggunanya dengan penonton. Fitur yang dapat mengubah kontak mata berfokus ke arah kamera ini akan membuat bagian mata tampak interaktif meski penggunanya sedang memandang ke arah lain.

Maka tak heran jika aplikasi ini sangat cocok dan bersinggungan dengan aktivitas konten broadcast. Para streamer game bisa tetap memperhatikan layar lain saat melakukan aktivitas streaming tanpa takut kehilangan kontak mata dengan penontonnya. Pekerja dalam aktivitas broadcast juga bisa membaca catatan tanpa harus takut hilang pandangan dengan kamera.

NVIDIA mengaku membuat fitur eye contact ini tampak lebih nyata dan realistis dengan dukungan teknologi AI. Selain menyesuaikan dengan gerakan mata, AI juga membuat simulasi mata pengguna semirip mungkin baik dari segi bentuk hingga warna bola matanya.
 


Bersamaan dengan fitur eye contact ini, NVIDIA Broadcast juga menyematkan fitur lain untuk streamer. Misalnya latar belakang virtual yang bisa diatur sesukanya tanpa perlu menggunakan green screen. Penggunanya bisa mengganti atau menghapus latar belakang dengan dukungan teknologi pencahayaan yang rumit. Bagain latar belakang ini bisa dipersonalisasi sesusai keinginan pengguna.

Selain itu, terdapat juga fitur auto frame yang menangkap dan melacak gerakan pengguna di kamera secara real time. Fitur auto frame juga bisa diatur untuk gambar yang ingin diperbesar atau dipotong dengan otomatis. Pergeseran frame-nya pun dibuat smooth dan lebih fokus.

Fitur lainnya yang baru dirilis NVIDA Voracast adalah video noise removal yang membuat tampilan visual atau gambar terlihat lebih sempurna. Pengguna tidak perlu takut dengan cahaya redup atau gelap yang membuat gambar tampak buram. Kualitas gambar yang ditangkap dari webcam akan lebih jernih dengan fitur video noise removal meskipun situasi cahaya sedang redup.

Belakangan, NVIDIA memang sedang getol mengeluarkan fitir-fitur terbaru mereka dengan bantuan teknologi AI. Misalnya saja DLSS yang sengaja dibesut NVIDIA untuk menghadirkan fitur bermanfaat dan unik bagi kebutuhan streamer di dunia kreator konten.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resep Potato Cheese Bread, Camilan Sore yang Creamy dengan Sensasi Keju Lumer

BERIKUTNYA

Gamers Kumpul, Region Qualifier FFML Season 7 Siap Digelar di 6 Kota Besar Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: