Bruno Mars. (Sumber gambar: Bruno Mars Official Twitter)

Begini Cara Berhemat saat Nonton Konser di Singapura

26 March 2024   |   16:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Maraknya festival musik pada 2024 kian membuat publik terus memburu berbagai tiket konser yang digelar di hampir setiap bulannya. Tidak hanya di Indonesia, deretan musisi internasional seperti Bruno Mars bakal menggelar turnya di negara tetangga, Singapura.

Tak ayal, banyak fans mereka dari Indonesia berlomba-lomba untuk berburu tiket guna menonton sang pujaan. Sebab, mereka tentu ingin menyaksikan pertunjukan musisi favorit yang selama ini digemari secara langsung di depan panggung pertunjukan. 

Baca juga: Konser Baekhyun Pindah ke ICE BSD Imbas Indonesia Open 2024, EXO-L Langsung Protes 

Namun, keseruan menghadiri konser internasional seringkali disertai dengan pertimbangan biaya yang tidak sedikit. Bahkan baru-baru ini, kisah sepasang suami istri sempat viral karena rela mengeluarkan lebih dari Rp30 juta hanya untuk menonton konser Taylor Swift di Singapura. 

Oleh karena itu, supaya hasrat menikmati konser tetap berjalan, butuh persiapan biaya sejak jauh-jauh hari sebelum pembelian tiket. Budgeting dan planning sedini mungkin merupakan kunci untuk berhemat ketika nonton konser di luar negeri. 

Tak hanya itu, pemesanan tiket pesawat dan hotel juga dapat dilakukan secepat mungkin agar tidak dikenakan harga yang terlalu mahal. Menggunakan tools seperti Skyscanner ditengarai dapat membantu dalam membandingkan opsi penerbangan yang tersedia. 

Lantas, bagaimana cara mengatur alokasi dana saat menonton konser di luar negeri agar tidak boncos? Dihimpun dari Wise, berikut ini beberapa cara yang mungkin berguna untuk mengatur bujet hiburan, seperti menikmati konser sang idola di luar negeri.


1. Pilih Tempat Makan yang Harganya Terjangkau

Luangkan waktu untuk mencari tempat kuliner dengan harga ramah di kantong. Di Singapura, misalnya, kalian dapat mengunjungi hawker centers seperti Old Airport Road Food Centre, Chinatown Complex Market, dan Golden Mile Food Centre yang menawarkan kuliner dengan harga ramah di kantong.

Tak hanya itu, beberapa kawasan itu juga menawarkan berbagai pilihan makanan, termasuk makanan halal, dengan harga mulai dari 5 dolar Singapura atau sekitar Rp58.000 per porsi. Dengan ini, kalian dapat berhemat untuk hal yang lebih penting–seperti untuk experience konser, atau membeli merchandise dari sang idola.


2. Gunakan Transportasi Umum

Alih-alih menggunakan taksi, gunakanlah transportasi umum ketika di luar negeri. Sebab, di Singapura sistem transportasi publiknya cukup mudah untuk digunakan, terutama dengan bantuan Google Maps atau aplikasi lokal seperti MyTransport.SG. 

Adapun, salah satu yang menjadi favorit tentu saja adalah MRT. Sebab moda transportasi utama ini kerap menjadi pilihan para wisatawan internasional saat hendak menjelajahi Singapura dengan cepat dan efisien. Umumnya, biaya untuk transportasi bus dan MRT, mulai dari 1,50 dolar Singapura. 


3. Temukan Acara Gratis Lain

Saat menonton konser atau melancong ke luar negeri kurang afdol rasanya jika tidak mengeksplorasi kawasan yang menjadi ikon wisata setempat. Biasanya, lokasi tersebut juga terdapat banyak acara atau kegiatan untuk memikat para pelancong, yang biasanya juga gratis. 

Saat ini, ada banyak akun media sosial yang mempromosikan acara lokal gratis, seperti akun @DistrictSixtyfive di Singapura. Jadi, kalian akan mendapatkan pengalaman selama di luar negeri tanpa mengeluarkan biaya tambahan, serta menikmati budaya dan hiburan di negara tujuan.


4. Manfaatkan Relasi Keluarga dan Teman

Jika kalian memiliki teman atau keluarga yang tinggal di negara yang dituju, kalian juga bisa meminta bantuan untuk mengantar atau menginap di tempat mereka, jika tuan rumah berkenan. Dengan begitu, kalian bisa berhemat dari biaya penginapan, dan dapat leluasa mengeksplorasi tempat-tempat menarik dari perspektif penduduk lokal.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi pengiriman uang untuk mengirim uang langsung ke rekening bank lokal mereka. Nantinya, mereka dapat membantu menarik uang tunai dari ATM lokal, sehingga kalian terhindar dari biaya ATM atau biaya transaksi valuta asing.


5. Siapkan Dana Darurat

Penting untuk mempersiapkan anggaran ekstra yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan kalian di luar negeri. Dengan menyiapkan budget tambahan ini, kalian bisa mempersiapkan anggaran lebih untuk hal-hal tidak terduga. 

Baca juga: Cara Praktis Mengatur Keuangan saat Ramadan Agar Tidak Boncos

Selain itu, dengan menyisihkan sebagian dana untuk keadaan darurat, kalian juga dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan menikmati pengalaman konser sepenuhnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Pegunungan Berwarna Paling Cantik di Dunia, Salah Satunya Punya 14 Rona

BERIKUTNYA

Cek Kelebihan dan Kekurangan Perangkat Kindle Sebelum Membelinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: