Pemain tim nasional U-23 Indonesia (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Klasemen Piala Asia U-23 2024, Indonesia & Jepang Melaju ke Semifinal

26 April 2024   |   09:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional U-23 Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 pada tahun ini di Qatar. Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil menaklukan Korea Selatan dalam “drama” adu penalti setelah bermain imbang 2-2.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan kesempatan Indonesia untuk ikut dalam ajang Olimpiade di Paris, Prancis, pada tahun ini terbuka lebar. “Kita sudah sampai semifinal dan selangkah lagi bisa tampil di Olimpiade,” tulisnya dalam akun media sosial Instagram @erickthohir.

Baca juga: Ulasan Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan, Garuda Muda Buat Taeguk Warriors Kewalahan

Dia menilai bahwa kemenangan tim nasional U-23 atas Korea Selatan merupakan prestasi yang luar biasa. Bukan tanpa alasan, Korea Selatan adalah salah satu raksasa sepak bola di Asia yang kerap masuk dalam ajang Piala Dunia.

Kemenangan tim nasional Indonesia U-23 terhadap Korea Selatan dapat terjadi karena mereka telah bermain dengan keberanian, disiplin dalam bertahan, dan efektif di lini depan. “Luar biasa perjuangan seluruh tim di lapangan. Tidak gentar lawan Korea Selatan, dua kali unggul dan sukses menang lewat adu penalti,” demikian tulisnya.

Bagi Erick, mental para pemain yang besar dan terus berusaha mencari kemenangan adalah mental Indonesia. Setelah masuk semifinal, dia menilai bahwa Indonesia dapat mencapai final ajang Piala Asia U-23.

Selain Indonesia, tim nasional U-23 lain yang berhasil masuk ke semifinal adalah Jepang. Tim yang memiliki julukan Samurai Biru muda berhasil mengalahkan tim nasional U-23 Qatar dengan skor 4-2. Dengan begitu, slot yang tersisa di babak empat besar tinggal 2 lagi.

Pada hari ini, Jumat, 26 April 2024, tim nasional U-23 Uzbekistan akan berhadapan dengan Arab Saudi pukul 21.00 WIB. Selain itu, Irak akan berjumpa dengan Vietnam pada pertandingan perempat lainnya pukul 00.30 WIB.

Pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi akan bertemu dengan Indonesia di babak semifinal. Sementara itu, pemenang antara Vietnam dan Irak akan berhadapan dengan Jepang di babak empat besar.

Jika Vietnam menang saat melawan Irak, perwakilan dari Asia Tenggara dalam ajang ini menjadi dua tim. Sejauh ini, Vietnam dan Indonesia adalah wakil Asia Tenggara yang mampu menembus babak perempat final.


Perempat Final

Indonesia vs Korea Selatan : 2-2 (Penalti 11-10)
Qatar vs Jepang : 2-4

Uzbekistan vs Arab Saudi
Irak vs Vietnam


Semifinal

Indonesia vs pemenang Uzbekistan lawan Arab Saudi
Waktu : Senin, 29 April 2024
Pukul 21.00 WIB
Tempat: Abdullah bin Nasser bin Khalifa

Jepang vs pemenang Irak lawan Vietnam
Waktu : Selasa, 30 April 2024
Pukul : 00.30 WIB.
Tempat : Jassim Bin Hamad Stadium

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Media Sosial Jadi Ancaman Tersembunyi Kesejahteraan & Karier Anak Perempuan

BERIKUTNYA

Pelatih Shin Tae-yong Perpanjang Kontrak dengan PSSI Hingga 2027

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: