Selebrasi Timnas Indonesia setelah menang melawan Korea Selatan (Sumber gambar: AFC)

Ulasan Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan, Garuda Muda Buat Taeguk Warriors Kewalahan

26 April 2024   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional U-23 Indonesia kembali mencetak sejarah setelah lolos ke babak semifinal ajang Piala Asia U-23 di Qatar setelah mengalahkan tim nasional U-23 Korea Selatan. Bermain imbang 2-2, “anak asuh” Shin Tae-yong berhasil meladeni permainan tim negara yang terkenal dengan julukan Negeri Ginseng, bahkan membuatnya kewalahan.

Dalam pertandingan yang berlangsung selama 90 menit ditambah waktu tambahan tersebut, Korea Selatan sebenarnya mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-7 melalui kaki Lee Kang-hee. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit memeriksa video assistant referee (VAR).

Baca juga: 7 Drama Menegangkan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23

Setelah wasit asal Australia Shaun Evans memeriksa tayangan ulang, salah satu pemain Korea Selatan tercatat sudah berada dalam posisi offside sebelum Lee menerima bola dan menendang bola dari luar kotak penalti.

Skor antara Indonesia dan Korea Selatan pun masih 0-0. Kedua tim yang ingin melaju ke babak semifinal melakukan aksi jual-beli serangan. Pada menit 14:20, Indonesia berhasil menyarangkan bola ke gawang yang dijaga oleh Baek Jong-bum dan membuat skor menjadi 1-0.

Tim nasional U-23 Indonesia berhasil unggul lewat tendangan jarak jauh dari Rafael Struick. Pemain bernomor punggung 11 itu melepaskan tendangan dari luar kotak gawang penalti Korea Selatan dan mengarah ke tiang jauh sudut kiri atas Baek.

Proses gol berawal dari akselerasi yang dilakukan oleh Nathan Tjoe-A-On yang membawa bola dan memberikan umpan ke Witan Sulaeman. Witan yang mendapatkan umpan kembali mengoper ke Marselino Ferdinan.

Pemain bernomor punggung 7 yang berada di luar kotak penalti itu segera melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, bola hasil sepakannya berhasil dihalang oleh salah satu pemain asal Negeri Ginseng itu.

Bola yang berhasil dihalang oleh pemain belakang Korea Selatan jatuh di kaki Rafael Struick. Dia pun segera melepaskan tendangan menggunakan kaki kanannya. Kiper Baek Jong-bum yang berada di bawah mistar gawang tidak mampu menepisnya.

Korea Selatan yang tertinggal 1 gol berusaha menyamakan kedudukan. Para pemain dari pelatih Hwang Sun-hong kian gencar melakukan serangan. Namun, serangan itu berhasil dipatahkan oleh pemain belakang Indonesia.

Indonesia juga tidak bermain bertahan dan tetap menyerang pertahanan Taeguk Warriors muda. Peluang emas terjadi untuk Indonesia pada menit 31:12. Peluang itu terjadi setelah Rafael dan Marselino memainkan umpan satu-dua.

Sayang, Marselino yang berada di depan gawang Korea Selatan dan berusaha mengarahkan bola ke tiang jauh kiper Baek tidak mampu mencetak gol. Bola masih melebar di sisi kiri gawang Korea Selatan.

Rizky Ridho dan kawan-kawan kembali mengancam gawang Korea Selatan setelah Marselino menyodorkan bola ke pemain Rio Fahmi saat mendapatkan kesempatan untuk mengeksekusi tendangan bebas. Bola hasil sepakan Rio berhasil ditepis kiper Korea Selatan. Namun, wasit meniup peluit lantaran pemain dengan nomor punggung 2 itu sudah berada dalam posisi offside.
 

Jelang turun minum babak pertama, serangan bertubi-tubi Korea Selatan terhadap lini pertahanan belakang Indonesia berbuah hasil. Pada menit 44:52, Taeguk Warriors muda berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol tercipta setelah bola sundulan Eom Ji-sung yang menerima umpan dari sisi kiri pertahanan Indonesia terkena pemain belakang Indonesia Komang Teguh. Dengan begitu, gol untuk Korea Selatan tercatat sebagai gol bunuh diri Garuda muda.

Pada menit 47:59, Rafael kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil memasukkan bola ke gawang Korea Selatan. Ivar Jenner yang memberikan umpan jarak jauh dari wilayah Indonesia ke Rafael tidak mampu diantisipasi oleh pemain belakang Korea Selatan.

Rafael berhasil lolos dari hadangan pemain belakang Korea Selatan yang berusaha membiarkan bola lewat untuk diambil oleh kiper. Komunikasi yang buruk antara pemain belakang dan kiper itu langsung dimanfaatkan pemain belakang bernomor punggung 11. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Peluang untuk Indonesia kembali terjadi setelah tendangan Witan berbelok ketika menyentuh salah satu pemain di kotak penalti Korea Selatan. Kesigapan kiper Baek membuat gawang yang dijaganya tetap aman pada menit 53:03.

Skor 2-1 bertahan sampai wasit meniup peluit dengan panjang sebagai tanda babak pertama telah usai. Pada babak kedua, Indonesia yang telah unggul juga masih tetap melakukan penyerangan dan menciptakan beberapa peluang dari kaki struick dan Marselino.

Pada menit 70, Lee Young-jun mendapatkan kartu merah setelah menginjak kaki Justin Hubner. Pemain bernomor punggung 6 itu membuat Korea Selatan bermain dengan 10 orang.

Unggul jumlah pemain membuat Indonesia asik melakukan penyerangan sampai pada menit 83:09 Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan lewat serangan balik. Kiper Baek yang berhasil menangkap umpan lambung dari pemain Indonesia memiliki visibilitas yang baik dan langsung melempar bola ke Hong Yun-sang.

Pemain bernomor punggung 10 itu berlari ke arah pertahanan Indonesia dan melepaskan umpan ke Jeong Sang-bin. Dia yang berhasil lewat dari penjagaan pemain belakang Indonesia berhasil mencetak gol ke gawang yang dijaga oleh Ernando Eri. Skor berubah menjadi 2-2.

Skor imbang bertahan sampai babak kedua usai. Dengan begitu, pertandingan belanjut ke babak tambahan. Indonesia tampil menyerang, berbagai peluang juga tercipta dari kaki para pemain Garuda muda.

Sayang, tidak ada satu gol yang diciptakan oleh pemain Indonesia. Skor imbang 2-2 bertahan sampai babak tambahan waktu kedua usai. Untuk menentukan pemenang, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Indonesia unggul 11-10 dalam adu penalti, sehingga lolos ke babak semifinal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cerita Nicholas Saputra dan Putri Marino Dalami Peran di Film The Architecture of Love

BERIKUTNYA

4 Karya Instalasi Seni yang Mencuri Perhatian di Art Jakarta Gardens 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: