IQOO Z9 Turbo (sumber gambar X TechnOmkar)

Bocoran Spesifikasi IQOO Z9 Turbo, Ditenagai Snapdragon 8s Gen 3

25 April 2024   |   20:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Awal 2024 menjadi momen bagi banyak produsen gawai pintar untuk meluncurkan produk anyarnya. Salah satunya adalah IQOO yang memperbarui lini ponselnya dengan IQOO Z9 Turbo di pasar China. Selain seri IQOO Z9 Turbo, sub brand Vivo itu juga meluncurkan seri IQOO Z9, dan IQOO Z9x.

Jika dibandingkan satu sama lain, IQOO Z9 Turbo adalah ponsel dengan spesifikasi tertinggi di seri ini. Pasalnya, IQOO Z9 Turbo sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. Sayangnya, IQOO Z9 Turbo kemungkinan tidak akan masuk ke Indonesia meski dijadwalkan meluncur pada 29 Aprl 2024 di China.

Sementara itu, seri IQOO Z9 reguler diposisikan berada di tengah dengan penggunaan chipset Snapdragon 7 Gen 3. Sedangkan, IQOO Z9x berada di posisi terakhir yang  dibekali chipset Snapdragon 6 Gen 1. Kedua ponsel itu telah diluncurkan ke Tanah Air sejak 17 April 2024.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Vivo V30e 5G yang Bakal Rilis 2 Mei

Dikutip dari laman GSMArena, IQOO Z9 Turbo bakal memiliki kamera dengan ukuran 50 megapiksel (MP) dengan EIS untuk kamera depan. Sedangkan untuk kamera belakang akan dibekali kamera utama Sony Lightyu LYT-600 50MP dengan OIS, ultrawide 8MP.

Gawai pintar itu juga akan menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 144 Hz dan sampling rate 300 Hz serta tingkat kecerahan maksimal di angka 4.500 nits. Smartphone anyar ini juga akan menggunakan port USB type-C dengan dua speaker stereo. 

Namun, ponsel pintar itu tidak memiliki lubang headphone 3,5 mm. IQOO Z9 Turbo juga disebut memiliki ukuran 6.78 inches, dan berat 194.9 g. Adapun, di sektor hardware gawai chipset Snapdragon 8s Gen 3 pada ponsel ini akan dibekali dengan RAM hingga 16 GB serta storage hingga 512 GB. 

Selain itu, IQOO Z9 Turbo dibekali baterai 6000 mAh, non-removable dengan dukungan fast charging 80 watt dengan kabel dan 7,5 watt reverse charging ke perangkat lain. Ponsel ini juga sudah dibekali pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner) dan layar punch hole yang mampu menampung kamera selfie 16 MP.

 

Snapdragon 8s Gen 3


Sementara itu, dikutip dari laman Qualcomm, Snapdragon 8s Gen 3 merupakan chipset kelas premium high-end terbaru dari Qualcomm. Secara keseluruhan prosesor ini menawarkan lebih banyak pengalaman baru yang mendekati kelas flagship, terutama untuk fitur-fitur AI yang diusungnya.

Prosesor ini juga diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Salah satu di antaranya adalah dukungan kamera AI dengan Segmentasi Semantik real-time. Oleh karena itu Soc ini mampu mengoptimalkan hingga 12 lapisan foto dan video, sehingga tracing antara bagian foreground dan background lebih sempurna.

"Dukungan untuk AI generatif juga bertindak sebagai asisten pribadi dan kolaborator kreatif Anda, sehingga menghasilkan gambar dan konten lainnya sesuai perintah. Semuanya beroperasi dengan aman di perangkat yang Anda gunakan," tulis laman tersebut.

Selain itu, prosesor ini juga dilengkapi dengan rangkaian Fitur Snapdragon Elite Gaming™ yang meningkatkan grafis ke kualitas layar. Oleh karena itu chipset ini digadang dapat memberi pengalaman lebih, terutama lewat Snapdragon Seamless™  yang membuat kerja multitasking jadi lebih mudah.

Sistem Modem-RF Snapdragon X75 dari chipset ini juga menawarkan 5G terbaik di kelasnya yang dikemas dengan kekuatan pemrosesan AI 2,5x di tingkat perangkat keras untuk pengoperasian yang lebih cepat, hemat daya, dan akurasi lokasi yang lebih baik.

Baca Juga: Apple Event 7 Mei 2024 Umumkan iPad Terbaru? Cek Bocorannya 

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

3 Film Klasik Dengan Durasi Terlama

BERIKUTNYA

5 Resep Sup Mudah Dibuat untuk Meredakan Batuk Pilek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: