Zyrex Confidante. (Sumber gambar: Zyrex)

Pilah Pilih Laptop Hybrid

22 June 2021   |   00:00 WIB

Pengin memiliki laptop tetapi juga butuh tablet agar praktis dan mudah dibawa-bawa? Hal ini bukan lagi menjadi masalah dengan hadirnya laptop yang bisa difungsikan sebagai tablet.

Laptop yang juga disebut sebagai laptop hybrid ini bisa beralih bentuk menjadi tablet dengan cara melipat laptop ke arah 360 derajat atau melepas-pasang keyboard pada laptop (detachable).

Berdasarkan hasil studi dari Technavio beberapa waktu lalu, peningkatan penggunaan laptop di kalangan institusi pendidikan dan korporasi membuat laptop ini menjadi populer.

Zyrex Confidante
Produk laptop 2-in-1 yang baru saja mengudara ialah laptop seri Confidante dari produsen teknologi komputer lokal Zyrex. Rilis pada pekan ini, laptop tersebut menggunakan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 850 8 core, prosesor yang biasanya dipasang di ponsel pintar dan jarang dipergunakan untuk produk laptop berbasis Windows.

Dibungkus dengan casing logam, laptop jenis lepas-pasang ini memiliki keunikan pada konektivitas jaringan 4G LTE berbasis kartu SIM yang bisa terhubung meski tidak ada jaringan, WiFi 6 dan WiFi 5, serta memiliki jaringan Bluetooth® 5.0.

Laptop ini memiliki dua jenis kamera seperti ponsel pintar: kamera depan dengan kualitas 5MP dan kamera belakang 13 MP. Ukuran layarnya sendiri sebesar 12,3 inci, ukuran yang lebih kecil dibanding laptop 2-in-1 pada umumnya.

Selain itu, Confidante juga memiliki layar Crystal View beresolusi 2K (2880 x 1920 piksel), fitur layar sentuh yang mendukung fitur stylus aktif serta didukung dengan Graphic Processing Unit Qualcomm® Adreno ™ 630 GPU.

Untuk aspek kemampuan penyimpanan, laptop seberat 1,35 kg tersebut menawarkan memori sebesar 8 GB RAM dan penyimpanan sebesar 128 GB. Confidante mengklaim memiliki daya tahan baterai hingga lebih dari 20 jam.

“Harga sekitar Rp9.9 juta termasuk Windows original,” kata CEO Zyrex, Timothy Siddik.


Lenovo Yoga Duet 7i
 

Lenovo Yoga Duet 7i (Sumber gambar: Lenovo)

Lenovo Yoga Duet 7i (Sumber gambar: Lenovo)


Lenovo Yoga Duet 7i juga patut diperhatikan ketika mencari laptop 2-in-1 terbaru yang sama-sama memiliki fitur lepas-pasang pada keyboard-nya. Yoga Duet 7i hadir dengan dua jenis prosesor Intel® Core™ Generasi ke-10 yakni i7-10510U dan i5-10210U.

Berbicara mengenai layar, laptop yang rilis pada akhir tahun lalu tersebut didukung dengan Graphic Processor Unit Intel® Grafis UHD serta memiliki layar berukuran 13 inci, resolusi 2K (2160 x 1350 piksel), kualitas warna 100% sRGB, serta layar sentuh yang dapat didukung dengan stylus aktif.

Fitur kamera yang disediakan laptop ini ada pada kamera depan dengan kualitas 1MP HD 720p yang ditambahkan pengaturan pada mikrofon.

Dari segi penyimpanannya, produk ini menawarkan memori sebesar 16 GB RAM DDR4 dan penyimpanan sistem SSD Non-Volatile Memory Express (NVME) sebesar 512 GB. Ketahanan baterainya sendiri diestimasi mencapai 10,8 jam penggunaan.

Pengisian daya dapat dilakukan dengan memasang charger pada sebuah port USB-C. Ada pun untuk port lainnya terdiri dari dua port USB-C 3.1 generasi pertama, HDMI, pemindai SD Card, dan jack headphone/mic combo.

Tidak hanya itu, gawai ini juga mendukung jaringan WiFi 6 dan Bluetooth® 5.1 serta memiliki berat 1,16 kg untuk keseluruhan perangkat. Keyboard yang digunakan juga memiliki fitur Bluetooth®.

Yoga Duet 7i dijual dengan harga mulai dari Rp15 juta untuk prosesor i5 sedangkan untuk versi prosesor i7 mulai dari Rp18 juta.

Asus Zenbook Flip 14 UM462DA
 

Asus ZenBook Flip 14 UM462DA (Sumber gambar: Asus)

Asus ZenBook Flip 14 UM462DA (Sumber gambar: Asus)


Berbeda dengan Confidante dan Yoga Duet 7i yang merupakan laptop jenis lepas-pasang, ZenBook Flip 14 UM462DA merupakan salah satu laptop 2-in-1 jenis konvertibel yang engselnya bisa diputar hingga 360 derajat.
 
1
2


SEBELUMNYA

Simak 5 Drakor yang Akan Temani Kamu Selama Libur Lebaran

BERIKUTNYA

Menjajal Kamera 108MP di Ponsel Kelas Menengah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: