WhatsApp (Unsplash/Christian Wiediger)

Cara Mencegah Orang Tak Dikenal Menambahkan Kita ke Grup WhatsApp

06 August 2021   |   21:11 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

WhatsApp Group merupakan fitur yang sangat baik untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan kolega. Sayangnya, fitur ini tak jarang dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menambahkan orang ke grup dalam rangka menjual produk atau mempromosikan layanan.

Grup-grup seperti itu seringkali dibuat dan memasukkan pengguna tanpa izin. Jadi, seseorang bisa langsung mengundang pengguna agar menjadi bagian dari grup tersebut.

Hal seperti ini bisa jadi membuat para pengguna kesal. Sebagian dari kita juga mungkin tidak ingin menjadi bagian dari grup yang tidak diperlukan.

Untuk mencegah pengguna tak dikenal menambahkan kita ke grup-grup yang tidak jelas, platform WhatsApp telah menyediakan pengaturan yang bisa disesuaikan di bagian privasi akun.

Pengaturan tersebut memungkinkan pengguna menyesuaikan siapa yang dapat menambahkan kita ke grup. Perlu dicatat, secara default, pengaturan ini sebelumnya memungkinkan semua orang mengundang kita ke sebuah grup.

Penting untuk diingat juga bahwa admin grup dapat mengirimkan tautan undangan dan mendorong kita untuk bergabung dengan grup, bahkan ketika sudah dilakukan pengubahan pengaturan.

Untuk menghindari akun ditambahkan ke grup oleh orang tak dikenal, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Buka WhatsApp, klik titik tiga di sudut kanan atas

2. Klik opsi Pengaturan dan pilih menu Akun

3. Pilih Privasi lalu Grup. Disini akan terlihat pengaturan default

4. Ada tiga opsi yang disediakan yaitu Semua Orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya Kecuali ...

Opsi Semua Orang, memungkinkan setiap pengguna yang memiliki nomor telepon kalian untuk langsung menambahkan akun ke sebuah grup.

Opsi Kontak Saya, hanya memungkinkan pengguna lain yang nomornya telah disimpan di kontak untuk menambahkan akun ke sebuah grup.

Opsi Kontak Saya Kecuali ..., memungkinkan kita memilih dengan tepat siapa yang dapat menambahkan kita ke grup dengan melakukan filter, dan menghapus kontak yang kita tidak ingin ditambahkan ke grup olehnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Pengakuan Emosional Tokoh Ajo Kawir dalam Trailer Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

BERIKUTNYA

Resmi! TWICE Rilis Teaser Foto Lagu The Feels

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: