Aktris Marsha Timothy membintangi film Monster. (Sumber gambar: Netflix)

Monster Tayang 16 Mei 2024 di Netflix, Film Bisu Thriller yang Mencekam

25 April 2024   |   19:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Netflix terus menghadirkan film dan serial Indonesia sebagai pilihan tontonan penggunanya. Terbaru, ada film Monster yang akan tayang di platform tersebut pada 16 Mei 2024. Mengusung genre thriller, film Monster akan mengikuti kisah tentang dua anak yang diculik dan dibawa ke sebuah rumah ganjil di antah berantah.

Diproduksi oleh Falcon Pictures, Monster menjadi film yang terbilang tak biasa karena tidak menyajikan sepotong pun dialog di sepanjang penayangan alias merupakan film bisu atau senyap. Sebaliknya, film ini justru mengajak penonton untuk menyimak jalan cerita melalui gestur maupun ekspresi para pemerannya.

Sebelum rilis di Netflix, film Monster telah ditayangkan secara perdana di ajang Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) pada 29 November 2023 di Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Film yang Dibintangi Nicholas Saputra, Terbaru The Architecture of Love

Monster akan bercerita tentang dua anak bernama Alana dan Rabin yang diculik dan dibawa ke sebuah rumah ganjil di antah berantah. Ketika seorang dari mereka berhasil lolos, dia mendengar temannya berteriak minta tolong dan tersadar bahwa dia tak bisa meninggalkan kawannya itu. Sang gadis kecil pun bertekad untuk menyelamatkan temannya dan bersama-sama meloloskan diri dari penculik yang kejam.

"Monster sebagai film non-verbal memperlihatkan intuisi dan kepolosan seorang anak dalam menghadapi situasi yang sulit. Kami ingin menghadirkan sudut pandang dari anak-anak dan mengajak penonton untuk melihat dari perspektif tersebut," kata Rako Prijanto selaku sutradara dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/4/2024).
 

Poster film Monster. (Sumber gambar: Netflix)

Poster film Monster. (Sumber gambar: Netflix)

Frederica selaku produser menambahkan pihaknya antusias bahwa film Monster akan segera tayang di Netflix untuk penonton dari seluruh dunia. Dia yakin bahwa film tersebut adalah cerita yang dapat memikat penonton di mana saja dengan jalan ceritanya serta merasakan ketegangan di sepanjang film.

"Film ini adalah sebuah terobosan menarik dan unik berkat minimnya dialog sepanjang film," ujarnya.

Jelang penayangannya, Netflix pun merilis trailer film Monster. Klip berdurasi 1 menit 37 detik itu dibuka dengan adegan seorang anak perempuan (diperankan oleh Anantya Kirana) yang diculik ke sebuah rumah di antah berantah. Di rumah itu, rupanya ada pula anak laki-laki (Sulthan Hamonangan) yang telah lebih dulu diculik dan disekap. Anak laki-laki itu terdengar berteriak minta tolong.

Anak perempuan dalam trailer itu tampaknya akan menjadi karakter yang membawa jalannya cerita. Dalam trailer, dia tampak berkeliling rumah untuk mencari tahu keberadaan penculiknya. Di salah satu ruangan, dia melihat seorang anak laki-laki yang tampak disekap dan hendak disiksa oleh pria penculik (Alex Abbad).
 

Cuplikan film Monster. (Sumber gambar: Netflix)

Cuplikan film Monster. (Sumber gambar: Netflix)

Melihat hal itu, sang anak perempuan pun ketakutan dan berusaha untuk keluar dari rumah tersebut sekaligus menyelamatkan teman laki-lakinya. Alih-alih berhasil kabur dari rumah tersebut, mereka justru bertemu dengan seorang perempuan (Marsha Timothy) yang tampaknya merupakan penculik sekaligus pembunuh.

Kehadirannya pun memperkeruh suasana dan membuat situasi semakin mencekam. Pada salah satu scene, diperlihatkan juga bahwa kedua penculik tersebut telah menculik dan menyekap banyak anak kecil di rumah tua itu. Bahkan, di salah satu ruangan, tampak penculik itu menggunakan beberapa alat seperti gergaji untuk mengeksekusi korbannya.

Kisah semakin menegangkan ketika dua anak tersebut berusaha kabur dari kejaran para penculik. Mereka sekuat tenaga menyelamatkan diri mulai dari bersembunyi di ruangan-ruangan dari rumah tersebut, hingga berlari ke tengah hutan. Akting totalitas dari para pemain serta scoring yang apik membuat Monster menjadi salah satu film yang layak untuk dinantikan.

Film Monster disutradarai oleh Rako Prijanto. Sebelumnya, Rako juga pernah menggarap sejumlah film populer dari berbagai genre diantaranya Para Betina Pengikut Iblis (2023), Perfect Strangers (2022), 3 Nafas Likas (2014), dan Sang Kiai (2013). 

Sementara bangku penulis skenario diisi oleh Alim Sudio. Pria berusia 50 tahun itu dikenal sebagai penulis skenario kenamaan Indonesia. Banyak film yang telah ditulisnya dan beberapa diantaranya memenangkan penghargaan seperti Buya Hamka (2023), Gita Cinta dari SMA (2023), Miracle in Cell No.7 (2022), Layla Majnun (2021), dan Chrisye (2017).
 

Baca Juga: Sinopsis Film IF, Kisah Avonturisme Dunia Imajinasi Ala John Krasinski

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Sinopsis Invincible Season 2 Part 2: Jadi Superhero Itu Susah

BERIKUTNYA

3 Film Klasik Dengan Durasi Terlama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: