Jamu Mustika Ratu. (Sumber foto: Mustika Ratu)

Rahasia Cantik Wanita Indonesia, Ini Ramuan Jamu Andalan Mooryati Soedibyo

26 April 2024   |   17:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Sebuah kabar duka menyelimuti masyarakat Tanah Air dengan berpulangnya salah satu wanita berpengaruh, yakni Mooryati Soedibyo, yang juga dikenal sebagai pendiri perusahaan kecantikan Mustika Ratu. Beliau meninggal dunia pada Rabu, 24 April 2024 sekitar pukul 01.00 dini hari. 

Wanita yang mendapat julukan Empu Jamu ini lahir pada 5 Januari 1928 di Kota Surakarta. Beliau juga dikenal sebagai cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Bowono X. Selain mendirikan Mustika Ratu pada 1978, Mooryati juga terkenal karena usaha jamu yang dimulainya sejak 1974.

Baca juga: Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Dianugerahi Gelar Empu Jamu

Tak hanya menggeluti dunia kecantikan, Mooryati juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia periode 2004-2009 serta menjadi direktur nasional Puteri Indonesia yang mengirimkan kontestan ke ajang Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational. 

Mooryati Soedibyo dapat dikatakan wafat pada usia yang cukup panjang, yakni 96 tahun. Meskipun beliau wafat pada usia yang tak bisa dikatakan muda lagi, namun dirinya tetap awet muda hingga akhir hayatnya. Rupanya hal itu tidak semata-mata dilakukan tanpa usaha.

Ada tiga rahasia yang dilakukan oleh Mooryati hingga berhasil awet muda. Tentunya cara yang beliau lakukan juga tidak muluk atau memerlukan biaya besar. Dalam sejumlah wawancara, beliau menjelaskan rahasia awet mudanya itu. 
 

Pertama, rajin berolahraga menjadi kebiasaan yang tak lekang oleh waktu. Menurutnya, olahraga yang beliau lakukan dapat membuat tubuh menjadi lebih bahagia. Selain itu, meditasi menjadi ritual penting dalam hidupnya. Yang kedua, Mooryati menjadikan berpuasa sebagai cara utama untuk membersihkan tubuh dari segala racun yang ada di tubuhnya. 

Rahasianya yang ketiga adalah meminum jamu. Sebagai seorang pengusaha jamu, Mooryati tak pernah lupa untuk mencicipi hasil racikan sendiri yang telah menjadi warisan budaya keluarganya sejak kecil. Beliau sering mengonsumsi jamu pahit-pahitan seperti temu lawak yang diparut kemudian diperas dan terkadang dicampur dengan racikan lain.

Pengetahuannya tentang khasiat tumbuhan sebagai ramuan jamu terbentuk dari masa kecilnya di Keraton Surakarta sehingga membuatnya memulai usaha jamu hingga sekarang. 

Tak hanya itu, beliau juga mengonsumsi teh dengan racikan yang dibuat oleh tangannya sendiri dan biasa dikonsumsi setelah makan makanan yang berat serta merawat kulitnya dengan campuran bahan alami seperti kunyit, temu giring, tepung beras, dan kayu manis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Begini Loh Rasanya Menjajal OSIM uDream Pro, Kursi Pijat Para Sultan

BERIKUTNYA

Rayakan Record Store Day 2024, Band Punk Rock The Jansen Rilis Piringan Hitam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: