Album Banal Semakin Binal (Sumber gambar: Instagram/@demajorsrecs)

Rayakan Record Store Day 2024, Band Punk Rock The Jansen Rilis Piringan Hitam

25 April 2024   |   07:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Setiap pekan ketiga April, insan musik di seluruh dunia akan memperingati Record Store Day (RSD). Perayaan tersebut merupakan momentum berkumpulnya para pencinta musik untuk mengapresiasi karya album musik dalam bentuk rilisan fisik seperti CD, kaset, dan piringan hitam atau vinil. 

Memanfaatkan momentum perayaan Record Store Day 2024, band punk-rock asal kota Bogor, The Jansen kembali merilis piringan hitam atau vinyl dari albumnya yang bertajuk Banal Semakin Binal. Piringan hitam dari album tersebut dirilis melalui label rekaman demajors records.

Baca juga: Hypereport: Perjalanan Record Store Day Indonesia, Pesta Rilisan Fisik Album Musik Paling Dinanti Kolektor

“Masih dalam rangka perayaan Record Store Day 2024, Jumat ini @thejansen_id bakal merilis vinyl album Banal Semakin Binal yang bisa didapatkan dengan harga Rp250.000,” demikian keterangan resmi @demajorsrecs dalam unggahannya di Instagram.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by demajors (@demajorsrecs)


Album Banal Semakin Binal menjadi salah satu penanda penting bagi The Jansen dalam meraup popularitas mereka di industri musik tanah air. Pelantun lagu Kau Pemeran Utama di Sebuah Opera tersebut bahkan berhasil meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023 dalam kategori Album Rock Terbaik berkat album Banal Semakin Binal.

Album Banal Semakin Binal berisikan sekitar 13 lagu, termasuk lagu Kau Pemeran Utama di Sebuah Opera yang menjadi tajuk besar di album tersebut. Selain itu, terdapat juga lagu yang berjudul Langit Tak Seharusnya Biru, Dua Bilang Mata Pedang, Mereguk Antik Depresan Lagi dan lain sebagainya. Lalu, ada satu lagu berjudul Planetarium yang menjadi bonus track.

Piringan hitam dari album Banal Semakin Binal dijual secara serempak di toko demajors yang berada di Kawasan M Bloc Space, Jakarta selatan dan di situs www.demajors.com, pada 26 April 2024. Vinyl tersebut juga dapat dibeli melalui jaringan toko demajors di seluruh Indonesia pada hari yang sama.

Acara perilis vinyl tersebut dimulai dari sore hari dengan agenda wawancara langsung bersama The Jansen. Selain perilisan piringan hitam dari album Banal Semakin Binal, pada hari yang sama, acara tersebut juga turut dimeriahkan dengan lantunan piringan hitam pilihan dari Edo Wallad dan Gilang Nugraha.

The Jansen sendiri merupakan grup band beraliran punk-rock asal Kota Bogor yang dibentuk pada 2015 silam. Pada awalnya, band tersebut mempunyai nama The Baucherry And The Party, hingga akhirnya mereka mengubah nama bandnya itu menjadi The Jansen. Nama The Jansen sendiri terinspirasi dari karya lagu band The Kuda yang berjudul Hey
Jansen.


Band punk-rock tersebut berisikan personel kakak-beradik, Cintarama Bani Satria (vokalis gitaris) dan Adji Pamungkas (gitar bass). Dalam aksi panggungnya, saat ini The Jansen dibantu oleh Raissa Faranda (gitaris, vokal latar), Intan Descenika (gitaris, vokal latar), dan Dika May Fauzi (drummer).

Total sudah 3 album (Present Continous 2017, Say Say say 2019, dan Banal Semakin Binal 2020) serta 1 mini album (From Bogor To Japan 2016) yang telah dirilis oleh The Jansen. Selain itu, band punk-rock tersebut juga baru saja merilis single terbarunya dengan judul Berkelana Dalam Ruang dan Mimpi pada 2023 lalu.

Adapun, mengenai harga dari piringan hitam tersebut berkisar di angka Rp250.000. Dengan harga tersebut, Genhype sudah bisa menikmati lantunan piringan hitam dari album Banal Semakin Binal.

Baca juga: Hypereport: Record Store Day Indonesia Luncurkan 43 Rilisan Album Fisik Eksklusif, Cek Daftarnya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rahasia Cantik Wanita Indonesia, Ini Ramuan Jamu Andalan Mooryati Soedibyo

BERIKUTNYA

Serba-serbi Konser IU HEREH World Tour di ICE BSD: Info Penukaran Tiket hingga Rundown Acara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: