Puteri Indonesia 2024 dengan produk Mustika Ratu. (Sumber foto: Mustika Ratu)

Kunci Sukses Mustika Ratu Bertahan 5 Dekade di Tengah Gempuran Brand Kekinian

24 April 2024   |   20:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sudah hampir 50 tahun, Mustika Ratu hadir menemani wanita Indonesia melalui berbagai produk kosmetik dan kecantikan berbasis bahan-bahan alami. Produk tersebut diracik berdasarkan resep warisan yang dimiliki sang pendiri, Mooryati Soedibyo sebagai Putri Keraton Solo.

Sebagai salah satu pelopor produk kecantikan asli Indonesia, Mustika Ratu terus bertumbuh dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga produknya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia di tengah gempuran produk kosmetik yang kini mulai menjamur.

Baca juga: Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Dianugerahi Gelar Empu Jamu

Bila dulunya produk Mustika Ratu dianggap untuk kelompok wanita usia matang dengan rentang usia 35 tahun ke atas, saat ini brand tersebut telah mengarah ke kalangan millenial maupun Gen Z dalam rentang usia 19 hingga 39 tahun.

Karena bagaimanapun saat ini jumlah populasi masyarakat Indonesia didominasi oleh kelompok millenial dan gen Z yang merupakan usia produktif dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kecantikan.

Dengan makin berkembangnya industri kecantikan, makin banyak pula brand-brand kosmetik baik dari lokal maupun dari Korea, Jepang, dan Amerika yang terus bermunculan. Lantas, apa kunci sukses Mustika Ratu hingga bisa berkembang di tengah gempuran tersebut?


1. Jeli Melihat Tren

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang mengatakan kunci utama yang dipegang oleh Mustika Ratu adalah dengan selalu jeli melihat tren yang berkembang dan yang dibutuhkan oleh konsumen.

“Kita lihat konsumen maunya apa dan apa solsuinya. Lalu kita berinovasi untuk menjawab kebutuhan tersebut bisa dengan menghadirkan produk baru atau memperbaharui formula dari produk yang ada agar lebih tepat dan menjawab kebutuhan konsumen,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Selain itu Mustika Ratu juga akan inovatif mencari peluang baru. Misalnya ketika berkembang tren hair coloring, dimana Mustika Ratu tidak memiliki produk tersebut, maka dimanfaatkan dengan menghadirkan produk perawatan rambut seperti Shampo atau hair tonic berbagai alami.

“Tidak apa jika kita tidak punya produknya, tetapi kita bisa memanfaatkan dengan menawarkan solusi dan itu juga menjadi strategi kami,” tuturnya.


2. Konsisten Menggunakan Bahan Alami

Dalam mengembangkan produknya, Mustika Ratu konsisten untuk mengunakan bahan-bahan alami asli Indonesia. Produk dengan bahan-bahan alami tersebut kemudian diinovasikan melalui penggunaan dan pemanfaatkan teknologi sehingga bisa memberikan hasil yang lebih efektif dan efisien.


3. Hadirkan Kosmetik Halal

Tak hanya konsisten dalam penggunanan bahan-bahan alami yang menjadi identitasnya, Mustika Ratu juga terus menjaga kualitas produknya dengan menghadirkan kosmetik yang sudah tersertifikasi halal dan mendapatkan sertifikat dari BPOM sehingga menjadi jaminan bagi konsumen bahwa produk tersebut aman.

“Adanya jaminan produk halal ini juga membuat produk Mustika Ratu diminati di pasar ekspor, khususnya di Negara-negara dengan mayoritas Muslim,” ujar Bingar.


4. Harga Terjangkau

Lebih lanjut Bingar menambahkan selain penggunaan bahan alami, dan jaminan sertifikat halal, hal lain yang membuat brand Mustika Ratu tetap melekat di benak konsumen setelah hampir lima dekade hadir adalah harga yang terbilang cukup terjangkau.

“Bagi kami harga itu penting. Kita memiliki brand yang kuat, maka harga juga harus terjangkau,” tuturnya.


5. Aktif dalam Berbagai Kegiatan

Di samping itu, Mustika Ratu juga memiliki berbagai kegiatan seperti Putri Indonesia, mendukung pemberdayaan perempuan serta terlibat aktif dalam berbagai event sehingga membuatnya makin dikenal dan diingat oleh konsumen.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Guinness World Records Nobatkan Jujutsu Kaisen Sebagai Anime Terlaris di Dunia

BERIKUTNYA

Daftar Anime yang Tayang Sepanjang Musim Semi 2024, Demon Slayer hingga My Hero Academia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: