Jujutsu Kaisen (Sumber foto: x.com/Jujutsu_Kaisen_)

Guinness World Records Nobatkan Jujutsu Kaisen Sebagai Anime Terlaris di Dunia

24 April 2024   |   20:22 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Anime merupakan salah satu bentuk media yang menjadi favorit banyak orang. Contohnya saja seperti anime Jujutsu Kaisen. Bagi kalian yang menyukai anime atau manga Jepang, mungkin rasanya kalian tak asing dengan Jujutsu Kaisen.

Jujutsu Kaisen adalah sebuah anime yang diadaptasi dari seri manga Jepang berjudul sama yang ditulis oleh Gege Akutami. Pada 4 April 2024, Guinness World Records secara resmi mengumumkan pada situs lamannya bahwa Jujutsu Kaisen menjadi anime yang paling laris di dunia. 

Baca juga: Daftar Pemenang Crunchyroll Anime Award 2024, Jujutsu Kaisen Season 2 Raih Anime of The Year

Menurut data dari firma ilmu data, yakni Parrot Analytics, anime Jujutsu Kaisen memiliki rating demand global yang sangat tinggi, yaitu 71,2 kali lebih tinggi dari pada rata-rata acara TV lainnya. Parrot Analytics menghitung permintaan berdasarkan seberapa besar perhatian, keterlibatan, keinginan, dan jumlah penonton yang diekspresikan oleh konsumen untuk konten tersebut. 

Jujutsu Kaisen sendiri merupakan sebuah anime yang berkisah tentang Yuji Itadori, seorang remaja biasa yang secara tak sengaja terlibat dalam dunia paranormal setelah menemukan sebuah jari terkutuk. Tanpa ia pahami, hal tersebut membawanya ke dalam dunia jujutsu, di mana ia bergabung dengan sebuah sekolah yang melatih para jujutsu sorcerer untuk melawan makhluk jahat yang dikenal dengan Cursed Sipirits.
 


Yuji bersama dengan teman-temannya, Megumi Fushiguro dan Nobara Kugisaki, bertarung untuk melindungi manusia dari ancaman makhluk jahat tersebut sambil belajar mengendalikan kekuatan yang ada dalam diri mereka. 

Yuji dan kawan-kawan dibantu oleh Gojo Satoru, sorcere yang sangat kuat dan juga seorang mentor di Sekolah Jujutsu Tokyo. Gojo dikenal karena kekuatannya yang luar biasa, salah satunya kemampuan mengendalikan Infinity, yakni kekuatan untuk mengontrol ruang dan waktu tanpa batas. 

Jujutsu Kaisen menjadi serial anime yang memiliki total 24 episode dan ditayangkan di MBS sejak Oktober 2020 hingga Maret 2021 yang dilanjut dengan musim kedua dengan total 23 episode.  Kemudian anime ini juga merilis prekuel film dengan judul Jujutsu Kaisen 0 yang tayang di layar lebar pada 2022.

Jujutsu Kaisen diketahui memiliki persaingan yang ketat dengan serial anime One Piece dan Attack on Titan, di mana sebelumnya One Piece mengalami peningkatan minat karena rilisnya adaptasi live action Netflix sehingga mendatangkan penggemar baru ke serial ini, sedangkan Attack on Titan yang masih tetap eksis walaupun telah mengakhiri musim terakhirnya pada bulan November 2023. Akan tetapi, justru Jujutsu Kaisen Anime yang berhasil mengungguli pesaingnya untuk merebut posisi puncak dalam peringkat 2023.

Adapun, musim kedua Jujutsu Kaisen memiliki kesan yang cukup besar di dunia anime, karena arc Insiden Shibuya memiliki implikasi serius bagi masa depan Yuji Itadori dan teman-teman supernaturalnya. Tidak mengherankan bagi penggemarnya, anime ini akan berlanjut ke musim ketigadengan arc berikutnya yang akan fokus pada Game Culling.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Baru Mulai Latihan? Cek 7 Istilah Gym untuk Pemula

BERIKUTNYA

Kunci Sukses Mustika Ratu Bertahan 5 Dekade di Tengah Gempuran Brand Kekinian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: