Kiri-kanan: Mel Ahyar, Juri School Fashion Design Competition KAWFEST 2024; Denny Wirawan, Ketua Dewan Juri School Fashion Design Competition KAWFEST 2024; Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM KBUMN; Selfie Dewiyanti, Direktur Pengembangan Bisnis dan Retail PT Sarinah; Musa Widyatmodjo, Fashion Designer Wastra Trunk Show tema Sparkling Soiree (sumber : Kementerian BUMN)

KAWFEST 2024 Siap Digelar, Dorong Regenerasi Desainer Muda Indonesia

22 April 2024   |   21:28 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia begitu kaya akan wastra Nusantara tetapi belum banyak generasi muda yang mengenakan fesyen berbahan kain tradisional tersebut. Untuk meningkatkan kecintaan mereka terhadap wastra dan mendukung regenerasi desainer fesyen wastra muda, Kelana Wastra Fashion Fest (KAWFEST) 2024 siap digelar. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dan dibuka untuk publik pada Kamis-Minggu 25-28 April 2024 di Sarinah Thamrin, Jakarta. Dalam event ini akan diadakan Bazaar: Wastra Market, Fashion Show: Wastra Trunk Show, Talkshow: Bincang Wastra, dan Lomba Desainer: School Fashion Design Competition. 

Baca juga: 300 Desainer Lokal Angkat Pesona Wastra Betawi di Indonesia Fashion Week 2024

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, tujuan penyelenggaraan KAWFEST ini adalah untuk memperluas pasar fesyen wastra nusantara termasuk wastra nusantara karya dari para perajin binaan BUMN.

“Keberagaman budaya Indonesia dapat terlihat dari berbagai jenis wastra dan motif yang ditampilkan dalam keunikan wastra nusantara dari masa ke masa. Keunikan wastra nusantara tersebut memiliki nilai jual baik di tingkat nasional maupun global,” ujar Loto dalam konferensi pers, Senin (22/4/2024).

Pelaksanaan KAWFEST 2024 juga memberikan kesempatan kepada desainer muda, termasuk desainer terdidik dari sekolah mode untuk menunjukkan kreativitasnya melalui School Fashion Design Competition, yang diikuti oleh 10 sekolah fesyen. Terdiri dari Burgo Indonesia, ISWI Fashion Academy, Islamic Fashion Institute, LaSalle College Jakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ESMOD Jakarta, Universitas Kristen Maranatha, Telkom University, LPTB Susan Budihardjo, dan Binus University.

Terdapat 64 peserta yang berasal dari 10 sekolah fesyen dalam kompetisi ini. Hal Ini memberikan platform yang luas bagi para desainer muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan berbagai jenis kain tradisional Indonesia.

"Kami memberikan kesempatan mereka merancang fesyen untuk kerja, pesta, dan casual dari wastra Nusantara karya perajin binaan BUMN," ucapnya. 
 

Desainer ternama seperti Denny Wirawan, Ali Charisma, dan Mel Ahyar bertindak sebagai juri dari kegiatan School Fashion Design Competition ini. Kehadiran mereka akan memberikan pandangan yang mendalam dan kritis terhadap karya-karya para peserta, serta memberikan inspirasi bagi generasi desainer muda Indonesia.

Ketua dewan juri acara School Fashion Design Competition KAWFEST 2024, Denny Wirawan mengatakan saat ini banyak desainer dengan berbagai kreativitas dan kualitas. Desainer muda biasanya masih mencari-cari bentuk atau garis rancangannya. Pengalaman dan perjalanan waktu akan menjadi proses pembentukan seorang fashion designer.

"Melalui KAWFEST 2024 para calon desainer muda ini bisa menunjukkan skill dan mengadu kemampuannya dalam mengolah wastra Indonesia menjadi busana dengan tren kekinian yang memang sesuai dengan kebutuhan atau demand dari masyarakat atau pencinta fashion di Indonesia,” katanya. 

KAWFEST 2024 merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama DEKRANAS didukung oleh enam perusahaan BUMN. Keenam BUMN tersebut yakni PT Pupuk Indonesia, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Sarinah, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo).

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Wastra Khas Sulawesi dalam Mode Kekinian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tingkatkan Okupansi, Begini Strategi Accor Sambut BNI Java Jazz Festival 2024

BERIKUTNYA

Idulfitri Usai, Yuk Ketahui Tips Kembali Fit Pascalibur Panjang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: