Drone FPV DJI Avata 2 (Sumber gambar: DJI)

Spesifikasi & Harga Resmi Drone FPV DJI Avata 2 di Indonesia 

21 April 2024   |   09:49 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Drone First Person View (FPV) DJI Avata 2 resmi meluncur di pasar Indonesia. Erajaya Active Lifestyle baru saja mengumumkan kehadiran pesawat nirawak terbaru dari DJI tersebut untuk para penerbang drone dalam negeri. Seperti namanya, DJI Avata 2 merupakan suksesor dari seri pertamanya DJI Avata yang rilis pada 2022. 

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, mengatakan bahwa sejak pertama kali dirilis seri DJI Avata mendapat sambutan yang antusias dari komunitas pilot drone dan kreator konten. Alasannya adalah kemampuannya menghasilkan video dengan pendekatan yang berbeda dan unik. 

“Melalui peningkatan yang dihadirkan, DJI Avata 2 akan menjadi idola baru bagi para penerbang drone yang ingin merasakan pengalaman terbang secara imersif,” katanya dalam siaran pers. 

Baca juga: DJI Osmo Pocket 3 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya Mulai Rp8 Jutaan 
 

Spesifikasi 

DJI Avata 2 meluncur dengan penyempurnaan pada sensor kamera super wide angle 12 CMOS 1/1.3 inci yang bisa menghasilkan video dengan dukungan mode warna D-Log M 10-bit yang mampu merekam informasi warna untuk proses penyuntingan lanjutan. Ini membuatnya cocok untuk pembuat konten menghasilkan video yang sesuai keinginan. 

Lensa super wide angle di drone ini punya sudut bidik hingga 155 derajat, yang memungkinkan pilot mengambil gambar dari jarak dekat dan mendapatkan perspektif yang unik. Kameranya juga support resolusi perekaman hingga 4K 60fps (frame per second). 

Drone penerus ini masih menyematkan DJI RockSteady, algoritma stabilisasi unggulan perusahaan yang akan menstabilkan goncangan meski terbang dalam kecepatan tinggi atau kondisi luar yang cukup berangin. Selain itu, masih ada juga DJI HorizonSteady yang bakal mengunci gambar pada garis cakrawala meski pesawat ini berbelok secara tajam. 

“Bahkan ketika dua fitur stabilisasi dinonaktifkan, DJI Avata 2 mendukung fitur Gyroflow yang membantu stabilitas gambar di tahap penyuntingan video saat proses pascaproduksi,” demikian pernyataan tertulis DJI. 
 

DJI Avata 2 + DJI RC Motion 3 dan DJI Googles 2 (Sumber gambar: DJI)

DJI Avata 2 + DJI RC Motion 3 dan DJI Googles 2 (Sumber gambar: DJI)

DJI Avata 2 juga mendapat peningkatan dari segi waktu terbang ketimbang seri pendahulunya. Pengguna drone tersebut kini punya waktu menerbangkan perangkat terbarunya hingga 23 menit untuk merekam aksi akrobatik. Sebagai perbandingan, seri sebelumnya, DJI Avata, hanya mampu terbang selama 18 menit. 

Sementara untuk pengisian baterainya, perusahaan masih menyematkan teknologi catu daya cepat Power Delivery dan Two-Way Charging Hub yang punya fitur akumulasi daya untuk transfer daya yang tersisa dari beberapa baterai, yang penting dalam situasi mendesak. 

Adapun untuk transmisi video, drone anyar ini mendukung jarak maksimum hingga 13 kilometer dengan latensi rendah hingga 24ms, yang akan mengurangi risiko gangguan koneksi saat perangkat mengudara. 

DJI Avata 2 hadir dengan dua perangkat pelengkap yakni DJI Googles 3 dan DJI RC Motion 3, naik satu tingkat dibandingkan DJI Avata. DJI Googles 3 dilengkapi dengan fitur diopter yang dapat disesuaikan, dua layar micro-LED dengan tampilan 10-bit dan refresh rate hingga 100hz. Sementara, DJI RC Motion 3 memungkinkan penerbang mengeksekusi manuver akrobatik di udara dengan lebih mudah. 

Di Indonesia, DJI Avata 2 hadir dengan tiga opsi pembelian. Pertama, DJI Avata (drone only) yang dibanderol seharga Rp6,9 juta. Kedua, DJI Avata 2 Fly More Combo (DJI RC Motion 3, DJI Googles 3, satu baterai) seharga Rp13,9 juta. Ketiga, DJI Avata 2 Fly More Combo (DJI RC Motion 3, DJI Googles 3, tiga baterai, Two-Way Charging Hub, DJI sling bag) senilai Rp16,3 juta. 

Baca juga: Baru Belajar Main Drone? Begini Tip Lengkap dari Ahlinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Biografi R.A. Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Indonesia

BERIKUTNYA

Resep Iga Bakar Madu yang Empuk dengan Cita Rasa Manis Gurih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: