Supermodel Chico Lachowski (Sumber: instagram.com/chico_lachowski)

Begini Kata Para Supermodel Top Dunia Soal Tren Looksmaxxing

21 April 2024   |   15:52 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pengguna media sosial TikTok belakangan sedang heboh membicarakan sebuah tren yang disebut Looksmaxxing. Tren ini ramai diperbincangkan dan menarik kontroversi, karena pria yang mengikutinya akan menggunakan cara apa pun untuk mencapai tingkat ketampanan layaknya seorang supermodel papan atas.

Menurut Urban Dictionary, Looksmaxxing adalah tren ketika para pria muda mencoba untuk memaksimalkan daya tarik fisik mereka untuk lebih sukses dalam berkencan. Tren ini pertama kali dimulai di forum misoginis online seperti Lookism, tapi beralih ke TikTok dan berkembang cukup pesat pada awal 2024. 

Baca juga: Bukan Cuma Sisir, Kaum Pria Wajib Punya 5 Alat Grooming Ini

Pengguna yang mempraktikkan Looksmaxxing biasanya berbagi tip bagaimana mereka dapat mendapatkan penampilan tertentu. Baik yang aman seperti Mewing untuk memperbaiki postur rahang, maupun yang berbahaya bagi kesehatan seperti menggunakan steroid anabolik dan puasa ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang lebih ramping. 

Bahkan ada metode yang sangat berbahaya yang disebut Bonesmashing, yaitu memukul wajah dengan benda tumpul hingga membentuk retakan kecil pada rahang. Harapannya, metode itu akan membuat rahang yang lebih tajam dan terpahat, meskipun ahli bedah plastik seperti Dokter Charles S. Lee, MD menyebutnya berbahaya dan tidak efektif di TikTok miliknya.

Selain ahli medis, supermodel pria yang diidolakan oleh para pengguna Looksmaxxing juga turut memberikan pendapat mengenai tren yang meresahkan ini.

Francisco "Chico" Lachowski adalah salah satu model yang sangat vokal dan menentang Looksmaxxing. Dia sering memperingati penggemarnya soal bahaya dari tren tersebut melalui platform medsos dan podcast miliknya. Sean O'Pry yang merupakan model pria dengan gaji terbesar di dunia juga pernah membahas bahaya LooksMaxxing bersama Chico. 

Sebelumnya dalam wawancara bersama New York Times pada 2008, Sean bahkan sudah pernah menjelaskan mengapa kepribadian lebih penting daripada penampilan, dan itulah yang harus menjadi fokus banyak pria daripada mencoba untuk terlihat tampan.

Namun, tren Looksmaxxing tidak selalu bernuansa buruk, dan dapat diubah menjadi sesuatu yang sehat dan bermanfaat untuk para pria yang ingin terlihat lebih baik. Itulah yang ingin dicapai oleh Kareem Shami, salah satu bintang TikTok yang mendorong berbagai metode Looksmaxxing yang lebih aman, yang disebut Softmaxxing. 

Melalui akun media sosial miliknya, Shami sering mengajarkan pola makan dan latihan yang benar, cara menggunakan produk perawatan kulit yang aman, dan metode lain yang terbukti berhasil dalam perjalanan Looksmaxx-nya. 
 

Kareem juga mendirikan sebuah komunitas Looksmaxxing berbayar bernama Mogwarts, yang mengenakan biaya $40 untuk bergabung. Chico dan Sean sempat membahas hal ini di episode podcast mereka, dengan Chico menjadi sangat skeptis terhadap komunitas tersebut dan ingin mempelajarinya lebih lanjut.

Untuk menghilangkan kesalahpahaman dan berdiskusi dengan sopan, akhirnya pada bulan Maret lalu Chico mengundang Shami untuk menjadi bintang tamu dalam episode ke-4 dari podcast miliknya. Membahas berbagai hal mulai dari Mogwarts hingga pengalaman pribadi yang dilakukan untuk pengembangan diri. 

Keduanya sepakat untuk menggunakan ketenaran mereka guna memperingatkan para pria muda yang mudah terpengaruh, untuk berhenti mengikuti metode Looksmaxxing yang berisiko jangka panjang pada kesehatan fisik dan mental. Mendidik para penonton tentang bagaimana mereka bisa menetapkan ekspektasi yang realistis, untuk menghindari penyakit kejiwaan seperti body dysmorphia.

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Pria Lokal Yang Cocok Untuk Date Night


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Jompet Kuswidananto, Seniman yang Jatuh Cinta dengan Nada

BERIKUTNYA

Sambut Record Store Day, MataWaktu Gelar Pameran Sampul Vinyl No Music, Noise!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: