Ilustrasi alat grooming pria (Sumber: Pexels/Castorly Stock)

Bukan Cuma Sisir, Kaum Pria Wajib Punya 5 Alat Grooming Ini

01 April 2024   |   14:22 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai seorang pria menjaga kebersihan dan kesehatan badan dapat menjadi investasi yang sangat berharga dan berlaku seumur hidup. Selain mendapat berbagai manfaat kesehatan, kebiasaan grooming yang tepat dapat meningkatkan gaya, kepercayaan diri, dan penampilan.

Inilah mengapa banyak perusahaan yang berbondong-bondong untuk meneliti dan mengembangkan produk perawatan  yang  lebih diperuntukkan bagi pria. Pada 2020, Pollfish melakukan survei terhadap 600 pria mengenai kebiasaan dan opini mereka tentang grooming.

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Pria Lokal Yang Cocok Untuk Date Night

Survei tersebut menemukan bahwa 82% responden menyatakan bahwa mereka menganggap grooming sebagai aktivitas yang penting, tapi tidak dapat mengalokasikan waktu tersebut untuk diri mereka sendiri karena jadwal yang padat atau manajemen waktu yang buruk.

Penemuan survei tersebut menunjukan pentingnya memiliki rutinitas grooming yang efektif dilakukan, karena jika tidak, kesadaran yang dimiliki atas menjaga kebersihan akan menjadi percuma. Namun, untuk menciptakan rutinitas grooming yang teratur dan konsisten untuk dilakukan, Genhype juga harus memiliki alat yang tepat.

Kepraktisan, ketahanan, dan kualitas yang tinggi adalah beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh produk perawatan pria agar efektif digunakan oleh seorang pria.

Apakah Genhype sudah siap meningkatkan kebersihan dan percaya diri dengan perawatan yang tepat? Simak 5 alat grooming yang setiap pria wajib miliki!

1. Manicure set

Mulai dari bekerja, olahraga, atau aktivitas berat lainya, dapat berdampak buruk pada kesehatan kuku dan tangan jika tidak dirawat. Padahal menurut London College of Beauty Therapy, mendapatkan perawatan manikur akan memberikan pembersihan mendalam dan melembutkan kuku dan tangan, meningkatkan sirkulasi darah, memastikan kondisi kesehatan yang optimal, dan menciptakan pengalaman menghilangkan stres.

Lalu, mengapa banyak pria yang mengabaikan pentingnya hal tersebut? Berbeda dengan wanita, pria biasanya masih menganggap menjalani perawatan manikur sebagai hal yang tabu dan cukup membuang waktu. Ini mengapa memiliki satu set manikur khusus itu penting, sehingga Genhype dapat menjaga kesehatan tangan dari mana saja dan kapan saja. Satu set manikur dasar pria harus berisi gunting, pemotong kuku, pengikir kuku serbaguna, dan pinset, semua terbuat dari baja anti karat & noda.
 

2. Body and beard trimmer

Entah pergi berkencan, acara spesial, atau sekedar melakukan aktivitas normal sehari-hari, pria dengan rambut badan yang rapih, akan terlihat lebih tajam dan tampan. Memiliki dua trimmer dapat merapikan rambut dan bulu badan, dengan memisahkan satu untuk digunakan pada wajah, dan satu lagi untuk tubuh agar lebih higienis. 

Namun, kegunaan paling bermanfaat dari memiliki sebuah body trimmer adalah untuk merapikan bulu dekat daerah intim. Berbeda dengan alat cukur kumis ato pisau cukur pada umumnya, trimmer biasanya tidak bersentuhan secara langsung dengan kulit.  Ini sangat ideal jika Genhype baru mulai melakukan perawatan atau memiliki kulit yang sangat sensitif.


3. Tongue scraper

Sejak kecil, kita dianjurkan untuk menyikat gigi secara konsisten demi menjaga kesehatan mulut. Padahal membersihkan lidah secara konsisten juga tak kalah penting. Melansir dari WebMD, menggores lidah dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri “baik” di mulut. Bakteri baik ini dapat menghasilkan lebih banyak oksida nitrat, yang memberi nutrisi pada sel induk yang membantu memperbaiki dan mengganti sel tua yang rusak.

Menggunakan alat tongue scraper untuk menggores lidah akan lebih berdampak ketimbang menggunakan sikat gigi. Ini dibuktikan dengan hasil dari sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa penggores lidah khusus mampu menghilangkan 30 persen lebih banyak senyawa sulfur yang mudah menguap di lidah, dibandingkan sikat gigi berbulu halus.
 

4. Body Scrubber

Selain membersihkan badan dengan sabun, Genhype juga harus mengeksfoliasi kulit secara mendalam agar sel kulit mati kotoran yang terjebak dapat disingkirkan dari aktivitas diluar ruangan yang meciptakan keringat. Terdapat dua metode untuk mengeksfoliasi kulit, chemical yang menggunakan bahan kimia, dan mechanical yang menggunakan alat seperti body scrubber.

Perlu diperhatikan, menurut American Academy of Dermatology Association, penggunaan alat mechanical seperti body scrubber, akan lebih aman dan cocok untuk kulit dengan tipe berminyak, karena gerakan menggosok yang lebih kencang diperlukan untuk menghilangkan minyak yang menumpuk.
 

5. Hair Dryer 

Rambut adalah salah satu aspek penampilan yang paling mencolok pada seorang pria, sehingga menjaga kesehatannya sangatlah penting. Penggunaan hair dryer yang tepat tidak hanya mempermudah dalam penataan rambut, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat penting. Menurut Issuu, manfaat tersebut meliputi menjaga kesehatan kulit kepala, mengurangi kelembaban berlebih, dan menciptakan tampilan serta tekstur rambut yang halus.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Kiat Memilih Karpet Ruang Tamu untuk Acara Kumpul Lebaran

BERIKUTNYA

Menikmati Hubungan Seni & Ekologi dalam Pameran Ireland's Eye 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: