Ilustrasi studio pilates. (Sumber foto: Pexels/Gustavo Fring)

3 Rekomendasi Studio Pilates untuk Pemulihan dan Rehabilitasi Di Jakarta

17 April 2024   |   17:14 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Belakangan ini, Pilates adalah jenis latihan ‘pengkondisian tubuh’ yang sedang ramai dipraktekan di Indonesia. Jenis latihan ini dipandang sebagai paket all-in-one untuk mobilitas, fleksibilitas, dan pembentukan otot. Kini Pilates sudah ramai dipraktekan oleh banyak studio fitness di Indonesia, khususnya di daerah Jakarta.

Jenis latihan ini sudah berumur lebih dari 100 tahun, dimulai pada tahun 1920 ketika pertama kali dikembangkan oleh Joseph dan Clara Pilates di New York City. Menurut laman web resmi Pilates Foundation, Joseph menjelaskan bahwa Pilates dapat mengembangkan tubuh secara seragam, memperbaiki postur tubuh, memulihkan vitalitas, menyegarkan pikiran dan mengangkat semangat.

Baca juga: Olaharaga Pilates Makin Diminati, Bantu Bikin Postur Tubuh Ideal

Latihannya sendiri melibatkan pergerakan dan koordinasi seluruh tubuh, dilakukan di atas alat bantu pegas atau matras, terkadang menggunakan peralatan khusus. Manfaat Pilates bagi kesehatan sudah dibuktikan dengan banyaknya selebriti yang mendukung jenis olahraga tersebut, mulai dari penyanyi internasional seperti Lady Gaga, hingga atlet profesional seperti Cristiano Ronaldo.

Namun, yang menjadikannya latihan yang luar biasa adalah aksesibilitasnya. Terlepas dari usia, kemampuan atau tingkat kebugaran, Pilates dapat bermanfaat bagi semua orang yang melakukanya.

Apakah Genhype penasaran untuk mencoba Pilates? Simak 3 studio Pilates untuk pemulihan dan rehabilitasi di Jakarta
 

1. Vitruvian

Sebagai studio Pilates dengan peralatan lengkap, yang  memiliki fokus utama pada koreksi postur tubuh. Studio ini menawarkan 4 tipe kelas: Rehabilitation, Private, Semi-Private/Duet, dan Pre/Post Natal. Kelas Rehabilitation sendiri berfokus pada penguatan otot inti, keseimbangan, dan fleksibilitas. Sedangkan kelas Pre/Post Natal diperuntukan untuk untuk mendukung kehamilan dan persalinan yang lebih nyaman untuk ibu hamil.

Berikut adalah lokasi studio Vitruvian di Daerah Khusus Jakarta beserta alamatnya:
  • Vitruvian Pondok Indah: Jl. Sekolah Duta Raya #27, Pondok Indah,Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Indonesia 12310.
  • Vitruvian Brawijaya: Jl. Prapanca Raya No.95, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia 12150.
  • Vitruvian Elite Club: Jl. Epicentrum Utama Raya Jl. H. R. Rasuna Said.Kav. C22, Karet Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940.
  • Eternal By Vitruvian: Jl. Adityawarman I No.12, RT.6/RW.2, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
 

2. Pilates Capital

Pilatas Capital adalah studio yang mempraktekan Clinical Pilates, jenis Pilates khusus yang yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang dengan cedera atau kondisi fisik tertentu. Tujuan dari latihan khusus ini adalah untuk meningkatkan rentang gerak, kekuatan, koordinasi, sekaligus mengurangi nyeri pada persendian dan otot. Namun tak perlu khawatir, karena mereka juga menawarkan latihan Pilates untuk anggota tanpa masalah kesehatan tertentu.

Pada laman web resmi milik Pilates Capital, studio ini menawarkan Back Pain Relief Program, yang diklaim dapat mengurangi sakit punggung dan meningkatkan vitalitas dalam kurun waktu 6 minggu. Program ini menawarkan beberapa manfaat khusus, seperti penilaian fisik individual, dukungan khusus, penetapan dan pelacakan tujuan pribadi, serta sesi kelompok mingguan yang inklusif.

Pilates Capital beralamat di The Elements Apartment, Jl. Epicentrum Tengah, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10240.
 

3. Aalaya Pilates

Aalaya Pilates adalah studio Pilates yang berfokus pada pembuatan program khusus untuk satu individu, mulai dari masalah persendian dan otot, hingga optimisasi untuk performa atletik. Sebelum mendaftar untuk kelas reguler, Genhype harus mengikuti kelas introduction terlebih dahulu sebanyak 3 kali. Kelas-kelas ini akan menjadi struktur dasar dari program khusus untuk memperbaiki postur tubuh, ketidakseimbangan otot, dan kebugaran.
 
Setelah kelas perkenalan, terdapat 2 opsi yang dapat diambil setelah menjadi anggota dari Aalaya Pilates. Berlatih sendiri (private) atau duet, yaitu berlatih dengan satu orang lain dengan program, kondisi, dan tujuan kebugaran yang mirip, sehingga dapat memotivasi dan berkenalan dengan satu sama lain selama proses latihan berjalan. Baik kelas privat maupun duet dapat dipesan per sesi, atau dalam sebuah paket yang berisi 10 hingga 20 sesi.

Aalaya Pilates beralamat di Plaza Senayan Arcadia, Jl. New Delhi No.9, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Rundown & Tata Cara Penukaran Tiket Konser TVXQ 20&2 di ICE BSD City

BERIKUTNYA

Serba-serbi Konser Sheila On 7 Tunggu Aku di, Cek Daftar Kota, Tanggal Penjualan, & Link Pembelian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: