Ilustrasi wall pilates (Sumber gambar: Unsplash/Dane Wetton)

Kenali Manfaat Wall Pilates, Bisa Menguatkan Otot hingga Membantu Tidur Nyenyak

14 January 2024   |   09:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Olahraga wall pilates kembali populer pada awal tahun ini. Seiring dengan resolusi hidup sehat pada tahun yang baru, banyak orang memilih wall pilates sebagai olahraga rutin untuk membantu menjaga kebugaran tubuhnya dengan mudah, tanpa perlu keluar rumah.

Persis seperti namanya, wall pilates adalah olahraga pilates yang dilakukan dengan menggunakan dinding. Fungsi dinding di sini adalah untuk pengganti foot bar yang biasa digunakan pada pilates umum.

Wall pilates adalah pilihan menarik bagi kalian yang lebih suka berolahraga di rumah. Selain itu, olahraga ini juga tidak memerlukan peralatan yang rumit dan bisa dilakukan di ruang apa pun dengan mudah.

Baca juga: Olaharaga Pilates Makin Diminati, Bantu Bikin Postur Tubuh Ideal

Dengan berlatih hanya mengandalkan dinding, setiap orang kini bisa melakukan gerakan pilates lebih gampang. Kendati terlihat mudah, wall pilates tetap punya banyak manfaat bagi tubuh, tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi juga mental.

Sebab, pilates juga banyak disebut sebagai yoga versi modern. Dengan demikian, olahraga ini tidak hanya fokus pada pembentukan fisik, tetapi juga rehabilitasi tubuh secara keseluruhan.

Mengutip laman Platesanytime, salah satu penyedia kelas pilates dunia, berikut adalah manfaat dari olahraga wall pilates jika dilakukan secara rutin dan konsisten.


1. Memperbaiki koneksi pikiran & tubuh

Dengan melakukan latihan wall pilates, Genhype bisa melatih mengoneksikan pikiran dan tubuh agar lebih selaras. Efek kinestasi, kemampuan untuk merasakan tubuh dan gerakan, membuat olahraga ini baik untuk membantu harmonisasi tubuh. 

Jika rutin dilakukan, wall pilates juga bisa meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas. Sebab, olahraga ini membuat otot lebih lentur sehingga bisa meningkatkan rentang gerak seseorang.


2. Melatih kekuatan dan koordinasi

Ada banyak atlet yang menyukai wall pilates. Sebab, olahraga ini mampu melatih koordinasi tubuh sekaligus memperbaiki kekuatan. Wall pilates bisa melatih frekuensi olahraga jadi lebih lama karena tubuh yang makin kuat.

Gerakan-gerakan dalam kegiatan ini juga senantiasa melatih keakuratan dan keseimbangan. Tentu, dua hal ini cukup banyak dibutuhkan atlet, terutama bagi pegolf dan pemain tenis.
 

Wall pilates (Sumber gambar: Freepik/Cookie Studio)

Wall pilates (Sumber gambar: Freepik/Cookie Studio)

3. Memperbaiki tulang

Salah satu alasan utama orang menjajal wall pilates adalah karena latihan ini bisa mengatasi masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis atau radang sendi. Sebab, latihan ini bisa meningkatkan kepadatan tulang. Ini juga termasuk olahraga ringan dengan risiko cedera yang rendah dan jadi salah satu cara untuk meregangkan tulang belakang untuk membantu kesejajaran porsi tubuh. 


4. Membantu wanita hamil tetap rileks

Wanita hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Wall pilates bisa membantu wanita dalam menyesuaikan diri melewati berbagai tahap kehamilan, serta persiapan kelahiran.

Hal ini karena wall pilates kerap dibarengi dengan latihan pernapasan. Ini juga membuat wanita bisa menghilangkan stres dan lebih rileks. Olahraga ini juga bisa membantu mengatasi kram dan meredakan nyeri. Namun, pastikan Genhype telah berkonsultasi dengan dokter pribadi terlebih dahulu sebelum mencobanya ya.


5. Tidur lebih nyenyak

Wall pilates juga bisa membantu Genhype mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Setiap gerakan wall pilates yang dipadukan latihan pernapasan akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, tentu saja, hal ini tidak berlangsung instan.

Seperti olahraga pada umumnya, konsistensi merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Terlebih, wall pilates, dengan minimnya alat, tentu seharusnya bisa lebih mudah dilakukan secara rutin. Jadi, ayo lebih semangat olahraga agar manfaat wall pilates bisa dirasakan secara optimal.

Baca juga: Berbeda dengan Yoga, Ini 7 Manfaat Pilates untuk Kesehatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Harga Tiket Konser FTISLAND di Jakarta 16 Maret 2024

BERIKUTNYA

Mencicipi Sroto Banyumas di Jakarta, Kuliner yang Masuk Kekayaan Intelektual Komunal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: