Ilustrasi pilates (Sumber gambar: Pexels/Andrea Piacquadio)

Peluang Usaha Pilates, Mendorong Gaya Hidup Sehat & Aktif Masyarakat

22 October 2024   |   22:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pilates kian populer sebagai salah satu metode olahraga yang efektif untuk memperbaiki postur tubuh dan mengimplementasikan gaya hidup aktif. Sebagai latihan yang berfokus pada kekuatan inti, fleksibilitas, dan keseimbangan, pilates tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik tetapi juga untuk kesejahteraan mental. 

Tak heran bila makin banyak studio pilates yang bermunculan di berbagai kota besar, salah satunya Pilates Re Bar. Eny Surya, Founder dan Managing Director Pilates Re Bar mengatakan studio ini berdiri pada 2021, pasca masa lockdown di saat banyak orang mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental akibat pembatasan sosial yang diakibatkan oleh Covid-19.

Saat itu, studio ini berdiri dan melayani komunitas di daerah PIK dan sekitarnya. "Saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membuka pintu dan melayani komunitas," ujar Eny di sela perayaan Ulang Tahun ke-2 Pilates Re Bar Kemang, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Studio Pilates untuk Pemulihan dan Rehabilitasi Di Jakarta

Eny menjelaskan bahwa pilates lahir pada awal abad ke-20, yang dikembangkan oleh Joseph Pilates sebagai metode untuk pemulihan kesehatan selama wabah Spanish Flu. Oleh sebab itu, olahraga ini dinilai sangat relevan pada masa pandemi.

"Seperti halnya masa Spanish Flu, Covid-19 mendorong kita untuk kembali mengedukasi orang bahwa pilates bukan hanya olahraga elite, tetapi juga metode rehabilitasi dan penguatan tubuh," ucapnya. 

Menurutnya, pilates menekankan pada kekuatan inti, terutama otot-otot yang mendukung postur tubuh. "Ini adalah latihan yang lebih dinamis, dengan gerakan yang terus menerus dan terkontrol, sehingga bisa sangat efektif untuk rehabilitasi dan memperbaiki postur,” jelasnya.

Selain manfaat fisik seperti pembentukan postur dan penguatan otot kecil, dia juga menyoroti bahwa pilates bisa memperpanjang gaya hidup aktif seseorang. "Orang yang melakukan pilates secara rutin, seperti salah satu coach kami yang sudah berusia 60 tahun, tetap aktif mengajar dan memiliki kualitas hidup yang baik," ucapnya. 
 

(Sumber gambar: Pilates Re Bar)

(Sumber gambar: Pilates Re Bar)

Pilates Re Bar sendiri bukan sekadar studio olahraga. Eny menyebutnya sebagai perusahaan yang fokus membangun komunitas. Tak heran bila tempat ini berkembang cukup signifikan. Studio pertama mereka berdiri di Pantai Indah Kapuk (PIK), dan dalam waktu tiga tahun, brand berhasil membuka hingga 10 studio di Jakarta dan sekitarnya

"Kita bukan hanya studio, kita adalah Pilates Company, karena kami memiliki akademi sendiri untuk melatih instruktur yang berpengalaman dan berkualitas. Akademi Kaizen Pilates Indonesia ini telah mencetak banyak instruktur Pilates dari berbagai latar belakang yang kini mengajar di Pilates Re Bar," terangnya. 

Melalui akademi tersebut, Eny menciptakan karier bagi banyak orang dari berbagai latar belakang, termasuk ibu rumah tangga, single mom, pekerja kantoran, hingga praktisi fitness yang ingin mengembangkan karier maupun melakukan transisi karier di bidang pilates.

Pilates Re Bar terus berkembang dengan visi memperkenalkan pilates kepada sejuta perempuan di Indonesia, dan membantu mereka membentuk tubuh dan meningkatkan kualitas hidup, baik dari segi fisik maupun mental. Dengan harga kelas yang semakin terjangkau, pilates tidak lagi dianggap sebagai olahraga untuk kalangan elite. 

"Harga kelas di studio kami sangat dapat dijangkau apabila ini dianggap sebagai investasi jangka panjang. Tergantung dari paket yang diambil sehingga membuat piiates menjadi olahraga yang terjangkau bagi masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Yoga atau Pilates, Mana yang Lebih Efektif untuk Membakar Lemak?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Jurus Menteri UMKM Maman Abdurrahman Memperkuat Pelaku Usaha Lokal

BERIKUTNYA

Tip Menjalakan UMKM dari CEO & Founder Kainnesia, Perhatikan Hal-hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: