Yoga menjadi salah satu olahraga yang cocok buat introvert. (Sumber gambar : Freepik/Partystock)

5 Olahraga yang Cocok Buat Para Introvert

22 November 2022   |   20:30 WIB

Olahraga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat serta bugar. Dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah adanya pandemi Covid-19 berbagai kegiatan olahraga pun menjamur. Olahraga bersama ini kerap menjadi pilihan agar lebih semangat dan termotivasi.

Namun demikian, bagi sebagian orang terutama para introvert yang tidak nyaman dengan keramaan, mereka justru lebih bersemangat atau fokus saat olahraga sendirian. Mereka tidak suka keramaian atau olahraga secara berkelompok di luar ruang maupun pusat kebugaran.

Baca juga: Tak Perlu Keluar Rumah, Inilah Olahraga versi Ibu Rumah Tangga yang Layak Dicoba

Nah, buat kamu para introvert yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, berikut rekomendasi olahraga yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang.


1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketenangan, hampir mirip dengan meditasi. Yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, merelaksasi otot, melancarkan sirkulasi darah, meringankan mual, dan nyeri punggung.

Jenis olahraga ini sangat cocok untuk introvert karena dapat dilakukan di tempat yang tenang seperti di rumah. Tinggal menyetel musik pengiring untuk lebih merelaksasi. 


2. Pilates

Pilates juga dapat dilakukan di rumah tanpa perlu datang ke pusat kebugaran. Dengan demikian, olahraga ini sangat cocok untuk mereka yang introvert.

Pilates bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh supaya tetap ideal. Pilates juga berguna membantu peredaran darah agar lancar. Sirkulasi darah yang lancar membuat nutrisi dan oksigen tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.


3. Jogging

Jogging adalah jenis olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat, meskipun terkesan ringan. Kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan ini hanya bermodalkan kekuatan kaki untuk berlari dengan tempo yang ringan. 

Jogging bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan adanya alat penunjang tertentu. Jenis olahraga ini bisa dilakukan secara individu, sehingga sangat nyaman dilakukan oleh orang yang introvert.


4. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individu. Pas buat introvert yang ingin mencari udara segar dengan berkeliling menggunakan sepeda. 

Bersepeda bermanfaat untuk membakar kalori pada tubuh secara maksimal apabila dilakukan secara rutin. Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk bersepeda, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh. Ini dihitung berdasarkan kondisi rute, kecepatan, dan waktu yang dihabiskan. Bersepeda dapat membakar sekitar 400-700 kalori per jam.


5. High Intensity Interval Training (HIIT) 

HIIT ini merupakan metode latihan kardio dengan intensitas tinggi dan biasanya dilakukan dalam waktu singkat yakni sekitar 10-30 menit dalam satu kali latihan.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini bermanfaat mengurangi stres dan membuat semua orang sibuk mengatur napas, bahkan untuk sekadar berbicara sekalipun. Maka dari itu, HIIT merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok buat para introvert.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Spesifikasi Oppo Pad Air, Tablet Ringan untuk Hiburan Rilis Desember 2022

BERIKUTNYA

Puncak Anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2022 Digelar Malam Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: