Laptop (Sumber: unsplash.com/@rev3n)

5 Aksesori Penting Untuk Laptop Agar Masa Pakainya Panjang

17 April 2024   |   13:40 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sejak diperkenalkan pada awal 1980-an, laptop menjadi sebuah perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk menyelsaikan pekerjaan sehari-hari. Sebagai perangkat yang dipakai setiap hari, terkadang sebagian orang lupa untuk merawat laptopnya secara rutin sehingga memperpendek masa pakainya.

Menurut Gitnux Market Data Report 2024 tentang umur rata-rata laptop bisa bertahan di atas 5 tahun atau lebih jika tidak digunakan secara berlebihan, serta dirawat dengan baik. Selain ketahanan, performa laptop akan tetap stabil jika dirawat dengan baik. 

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming Februari 2024, Performa & Sistem Pendinginnya Top

Selain membersihkannya dari debu, pengguna dapat memanfaatkan lima aksesori ini untuk memudahkan perawatan yang dapat memperpanjang laptop. Aksesori penting inipun harganya terjangkau, mudah digunakan secara portabel, sehingga cocok untuk mahasiswa, pekerja kantoran, atau siapapun yang menggunakan laptop setiap hari.

Simak lima aksesori laptop yang terlihat sepele tapi penting untuk menjaga umur pakai laptop jadi pajang dan tahan lama hingga bertahun-tahun.


1. Kuas Pembersih Keyboard

Sebagai salah satu bagian laptop yang sering disentuh, terkadang keyboard akan terkena berbagai macam kotoran yang dapat bersembunyi di sela-sela yang sangat kecil dan sulit dibersihkan. Seperti remah-remah makanan, serpihan rambut yang rontok, partikel kulit mati, debu, dan minyak. Dengan memiliki kuas yang dibuat khusus untuk keyboard, semua kotoran tersebut dapat dibersihkan, bahkan sampai sela-sela terkecil.


2. Casing & Tas Laptop

Sebaiknya laptop disimpan dalam sebuah tas khusus dengan lapisan tebal namun tetap kokoh. Apabila terdapat tekanan atau benturan terhadap tas, bagian sensitif seperti layar laptop akan tetap terjaga. Jika ingin lebih aman, memasang casing eksternal laptop yang kokoh juga dianjurkan. 


3. Cairan Pembersih Layar

Selain keyboard, layar adalah salah satu bagian laptop yang sensitif namun sering kotor. Jika dibiarkan kotoran akan menempel, bahkan menggores layar secara permanen. Untuk itu, penting untuk menggunakan  cairan khusus untuk membersihkan layar.

Sebaiknya, carilah cairan yang bersifat antijamur untuk mencegah pertumbuhan jamur yang dapat jadi noda membandel pada layar. Tetapi, jangan pernah menyemprotkannya langsung ke layar, melainkan dapat memakai kain terlebih dahulu, agar tidak merusak layar dan komponen lain di sekitarnya seperti webcam.


4.  Kain Microfiber 

Cairan khusus pembersih layar akan berfungsi lebih baik jika digunakan bersama kain microfiber. Karena sifatnya yang lembut dan tidak berbulu, sehingga ideal untuk membersihkan permukaan halus tanpa meninggalkan bekas kotoran atau goresan. 

Baca juga: Rekomendasi Laptop Bisnis 2024 yang Cocok Buat Eksmud

Kain microfiber ini memiliki muatan positif dan negatif yang menarik partikel kecil, sehingga lebih efektif dalam menghilangkan debu dan kotoran dibandingkan dengan kain pembersih tradisional, khususnya pada barang-barang elektronik. Selain layar, kain microfiber juga bisa membersihkan seluruh bagian laptop.
 

5. Cooling Pad

Saat dipacu untuk melakukan tugas berat seperti rendering video dan bermain game, temperatur laptop akan meroket. Hal ini dapat merusak komponen internal laptop, karena kipas internal tidak dapat mengimbangi kenaikan suhu secara terus-menerus. Untuk mengatasi masalah ini, memasang cooling pad eksternal dengan kipas yang lebih besar dapat mengurangi panas yang dihasilkan dari dalam laptop. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tiba di Indonesia, Bos Apple Tim Cook Bagikan Keseruan Bareng Fotografer Lokal

BERIKUTNYA

Instrumen Investasi yang Cocok untuk 5 Karakter Investor, Genhype yang Mana?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: