Ilsutrasi laptop gaming. (Sumber gambar : Freepik)

Rekomendasi Laptop Gaming Februari 2024, Performa & Sistem Pendinginnya Top

21 February 2024   |   07:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Laptop gaming sangat mengandalkan performa untuk menjalankan gim berat dalam waktu yang lama. Tak ayal, perangkat ini dibekali dengan system on chip (SoC) yang gahar untuk pemrosesan data dan grafik, selain membenamkan sistem pendingin untuk menjaga kinerjanya. 

Sejumlah vendor pun terpantau berlomba meraih pasar para penggemar video game dengan menghadirkan jajaran laptop gaming terbarunya. Dari ASUS ROG sampai Axioo Pongo terbaru, yuk cek rekomendasi laptop gaming terbaru pada awal 2024. 

Baca juga: Bikin Gameplay Lancar, Simak Cara Kerja Cooling System Pada Laptop Gaming
 

1. Asus ROG Strix G16 (CG14)

ROG Strix G16 (CG14) menjadi laptop gaming Asus pertama di Indonesia pada awal 2024. ASUS memberikan pembaruan pada dapur pacunya. Country Technical Public Relation Asus Indonesia Riandanu Madi Utomo menerangkan laptop ini ditenagai prosesor Intel Core i9-14900HX dan kartu grafis NVIDIA GeForce dengan opsi RTX 4060, RTX4070, dan RTX 4080. 

Diperkuat dengan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus, ROG Strix G16 mampu mengoptimalkan performa dan konsumsi daya secara otomatis. Semakin mantap dengan RAM 32GB dan 64GB, serta penyimpanan berkapasitas 2TB.

Performa unggul ROG tidak hanya disokong oleh CPU dan GPU saja, tapi juga sistem pendingin yang mumpuni. Strix G16 dibekali ROG Intelligent Cooling yang mencakup liquid metal, kipas Arc Flow Fan generasi ke-2, dan heatsink tipis untuk menjaga stabilitas performa. 

Sistem Tri-Fan pada ROG Strix 16 membantu menjaga suhu GPU dan VRAM tetap dingin. “ROG Strix itu sudah pakai Tri-Fan teknologi, heatsink, pakai liquid metal di CPU dan GPU, dijamin performance-nya stabil,” jelas Riandanu. 
 

ROG Strix G16 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

ROG Strix G16 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Selain gahar saat dipakai bermain gim kelas berat, keunggulan lain dari ROG Strix G16 yakni menawarkan fitur artificial intelligence (AI). Laptop ini bisa dipakai untuk melakukan training AI hingga generatif AI yang gencar dihadirkan vendor dalam beberapa waktu terakhir.

Dari segi visual, ROG Strix G16 dibekali dengan layar ROG Nebula Display 16 inci, refresh rate 240Hz, tingkat kecerahan mencapai 500 hits, color gamut DCI-P3 100 persen akurasi warna yang sudah sesuai standar Pantone Validated. Strix G16 juga tersedia dengan panel Full HD 165Hz dengan dukungan Dolby Vision, Adaptive-Sync, dan screen to body ratio hingga 90%.

Bicara desain, ROG Strix G16 tidak berbeda dari seri sebelumnya yakni pola garis miring dan logo di bagian atas. Hadir dalam dua pilihan warna, Eclipse Gray dan Volt Green, laptop ini menampilkan pola percikan cat di atas port exhaust belakang yang terinspirasi dari seni grafiti dan estetika cyberpunk

Keyboard-nya hadir dalam ukuran penuh dengan tombol fungsi yang terpisah. Tombol panah yang besar memungkinkan kontrol yang lebih akurat saat gameplay. Touchpad yang lebih besar memudahkan pelacakan di semua aplikasi. Semakin cantik dengan pencahayaan RGB per-tombol dengan kustomisasi sesuai keinginan.

Laptop gaming terbaru Asus ini dibekali baterai 90Wh, dengan pengisian daya USB Type-C hingga 100W. Saat diisi ulang menggunakan adaptor daya 330W, G16 dapat diisi ulang dari nol hingga 50% hanya dalam 30 menit. Fitur lainnya yakni WiFi 6E dan port Thunderbolt 4. 
 

2. Acer Nitro 17 

Acer Nitro 17 (Sumber gambar: Acer_

Acer Nitro 17 (Sumber gambar: Acer)

Tak hanya ASUS, Acer juga mengeluarkan laptop gaming dengan teknologi terbaru, Nitro 17 pada awal 2024. Acer melakukan upgrade di lini produk Nitro dengan menyematkan prosesor Intel Core i7 terbaru yaitu 14700HX dan dukungan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 4060. Performa Nitro 17 didukung RAM DDR5 5600 Mhz hingga 32 GB dan opsi penyimpanan memori hingga 2TB. 

Penggunaan kartu grafis seri RTX 40 Series juga menghadirkan fitur AI Tensor Cores yang sudah dioptimalisasikan untuk mendukung berbagai pekerjaan kreatif berbasis AI, serta pengalaman bermain gim yang jauh lebih baik. Laptop ini sudah dilengkapi dengan fungsi AI bawaan yaitu Microsoft Copilot.

Acer Nitro 17 membawa layar dengan resolusi QHD (2560 x 1440) 17,3 inci, refresh rate 165 Hz, dengan color gamut DCI-P3 mencapai 100%. Adanya teknologi NVIDIA Advanced Optimus dapat menampilkan frame yang lebih stabil ketika sedang bermain gim kompetitif. 

Dari sistem pendingin, Acer menyematkan dua kipas ganda serta 4 lubang pembuangan, vector heat pipes, dan liquid thermal greases pada bagian CPU laptop untuk meminimalisir terjadinya throttle, serta memastikan semua komponen dapat memberikan performa stabil. 

Mendukung streaming gim, Acer Nitro 17 menyematkan teknologi Acer Purified Voice 2.0 dengan dukungan 3 microphone yang mempunyai fitur AI dalam menghilangkan berbagai noise,. Dari segi konektivitas, Acer Nitro 17 sudah dilengkapi dengan dua port USB Type C dengan dukungan Thunderbolt 4,  port HDMI 2.1, dan slot kartu Micro SD, serta opsi jaringan WiFi 6E.
 

3. Axioo Pongo 725

Axioo Pongo 725 (Sumber gambar: Axioo)

Axioo Pongo 725 (Sumber gambar: Axioo)

Sementara itu, Axioo pada akhir tahun lalu lebih dulu meluncurkan laptop gaming terbaru, Pongo 725. Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) menerangkan laptop ini memadukan Intel CoreTM i7 Gen 12 dan NVIDIA RTX 2050 4GB DDR6 VRAM pada dapur pacunya.  

“Kartu grafis yang didukung oleh optimalisasi AI ini memiliki kekuatan hingga 5 kali lebih baik dibandingkan kartu grafis yang terintegrasi,” katanya. 

Keunggulan lainnya, Pongo 725 dilengkapi dengan teknologi Ray Tracing & Ray Reconstruction pada kartu grafisnya untuk tampilan grafis yang lebih realistis. Untuk bagian pendingin, laptop ini didukung Advance Cooling System untuk menjaga suhu tetap optimal.

Baca juga: 4 Alasan Laptop Gaming Lebih Optimal Pakai AI

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mau Belajar Seni? Cek Rekomendasi Studio Seni Menarik di Indonesia & Dunia

BERIKUTNYA

Peluang Bisnis Ayam Goreng Ala Korea, Moon Chicken Bisa Jual 30.000 Porsi per Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: