Dell Inspiron 14 7000/Dell

Review Produk Dell Inspiron 14 7000 Laptop Ringan Tetapi Bertenaga

18 May 2021   |   06:33 WIB

Butuh laptop yang ringan tetapi cukup mumpuni untuk mengerjakan tugas tugas berat semacam menciptakan konten dan menikmati hiburan seperti video dan gim tanpa halangan? Kini banyak di pasaran produk laptop ramping dan mudah dibawa tetapi mumpuni. Dell Inspiron 14 7000 (7400)  salah satunya,

Saya mendapatkan kesempatan untuk menguji coba komputer jinjing produk Dell ini secara langsung. Apakah produk ini dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari?

Spesifikasi
Unit uji coba yang saya dapatkan menggunakan Intel Core i7 (Tiger Lake) sebagai prosesornya. Prosesor yang digunakan, Intel Core  i7-1165G7 generasi ke-11 merupakan chip Intel yang dirancang untuk komputer jinjing yang ringan dan tipis, namun tetap bertenaga.  Prosesor ini ditunjang oleh RAM 16 GB dan medium penyimpanan SSD NVMe 512 GB.

Untuk penggerak video dan multimedia, Dell memilih konfigurasi kartu grafis ganda: NVIDIA GeForce MX350 sebagai prosesor grafis diskret dan Intel Iris Xe Graphics sebagai prosesor grafis terintegrasi.

Konfigurasi ganda ini umum ditemukan untuk memaksimalkan kinerja: prosesor grafis dari NVIDIA digunakan untuk keperluan pengolahan yang lebih bertenaga tapi lebih boros baterai, sementara Intel Iris Xe Graphics digunakan ketika sistem menuntut penghematan konsumsi listrik.

Dari segi desain, Dell Inspiron 14 7000 adalah komputer jinjing yang ringan dan kompak, dengan bahan magnesium dan aluminium. Layar monitor berukuran 14,5 inci memiliki resolusi QHD (2560x1600 piksel).

Papan ketiknya dilengkapi dengan backlight untuk dapat digunakan lebih baik pada penerangan remang-remang.  Bobotnya yang hanya 1,27 kg membuatnya lebih nyaman dibawa-bawa sebagai mesin portabel.

Sebagai pemasok daya portabel, Dell melengkapi produknya ini dengan baterai  52 Wh (4-cell). Baterai ini terintegrasi dan tidak dapat dicopot. Tersedia juga opsi 6-Cell (78 Wh). Dell mengklaim baterai ini dapat memasok daya sampai 10 jam (menurut MobileMark 2018), dan 14 jam bila digunakan untuk memutar video beresolusi tinggi.
 

Dell Inspiron 14 7000/Dell

Dell Inspiron 14 7000/Dell



Di atas kertas ini memungkinkan pemiliknya dapat menggunakan Inspiron 14 7000 ini seharian tanpa pengisian baterai. Dalam pemakaian sehari-hari, dengan pemakaian lebih ringan dan tidak terlalu intensif, baterai bisa bertahan sampai 3 hari sebelum harus diisi ulang.

Untuk pengisian baterai, selain colokan khusus yang tersedia, bisa juga digunakan port  Thunderbolt yang tersedia. Port ini selain dapat digunakan untuk transfer data juga bisa digunakan untuk menambah daya. Sayangnya saya tidak mendapatkan kesempatan untuk menguji kebolehan Inspiron 14 7000 dalam hal ini.

Selain port USB Type C, komputer jinjing ini juga dilengkapi dengan port USB 3.2 (Type A), HDMI, jack audio, dan slot microSD.

Selain konfigurasi yang saya uji, Dell juga menyediakan opsi dengan prosesor Intel Core i5 (Tiger Lake), dan RAM 8 GB. Pilihan medium penyimpanan berkisar antara 256 GB NVMe SSD sampai dengan kapasitas 2TB bila Anda perlu kemampuan penyimpanan data lebih besar.

Perangkat lunak pada saat ini makin menjadi bagian penting dari suatu produk elektronik. Seperti kebanyakan komputer jinjing untuk consumer, Dell memasang Windows 10 Home sebagai sistem operasinya, ditambah dengan Microsoft Office Home & Student.

Dell Mobile Connect memudahkan  integrasi antara komputer jinjing ini dengan ponsel pintar (Anda juga harus memasang aplikasi penghubung di ponsel Anda). Untuk perlindungan terhadap malware tersedia McAfee Security.

Produk kompetitor
Dell Inspiron 14 7000 tentunya bukan satu-satunya produk komputer jinjing yang bisa menjadi opsi calon pembelinya. Dalam kisaran harga  model konfigurasi yang saya uji, tersedia pilihan seperti Asus Zenbook Duo keluaran 2021 dengan spesifikasi mendekati (Intel Core i7, RAM 16 GB, dengan opsi adapter grafis NVIDIA GeForce MX450). 

Opsi lain adalah MSI Prestige 14 Evo yang juga membidik pengguna rumahan yang menginginkan kinerja lebih dalam bodi komputer yang ringan. Dan tentunya produk Dell sendiri, XPS 13, tidak bisa diabaikan bila Anda tidak keberatan dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil.

Bila Anda lebih suka komputer jinjing keluaran Apple, Macbook saat ini hanya menyediakan model dengan ukuran layar 13 inci atau 16 inci, dan belum tentu cocok bila Anda lebih suka komputer jinjing berukuran 14-15 inci.

Editor: Purboyo
 

SEBELUMNYA

Bersiap Yuk, Pendaftaran PBDN & PBRS Resmi Dibuka!

BERIKUTNYA

Bunda, Ini 6 Tips Melatih Anak Saat Belajar Berjalan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: