Produsen lokal bakal produksi Chromebook (Google)

Libatkan SMK, 6 Produsen Lokal Bakal Produksi Chromebook

03 August 2021   |   16:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Google mengumumkan bahwa enam produsen elektronik dalam negeri bakal mulai memproduksi perangkat Chromebook pada tahun ini. Keenam original equipment manufacturer (OEM) tersebut adalah Advan, Axioo, Evercross, SPC, TSMID, dan Zyrex.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia secara luas.

"Produksi Chromebook di Indonesia adalah suatu kebanggaan bagi kami di Google Indonesia. Laptop yang terjangkau bagi pengajar dan pelajar telah menjadi pilar utama dalam upaya kami memperluas akses pendidikan," katanya.

Para produsen laptop lokal juga berencana untuk membekali ribuan siswa SMK di Indonesia dengan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat perangkat Chromebook.

Hal tersebut, katanya, bakal melengkapi upaya Google untuk melakukan transformasi sistem pendidikan melalui pelatihan pengajaran, pengembangan sumber daya manusia, dan kemitraan lokal.

Enam OEM lokal juga diharapkan bekerja sama dengan sekolah kejuruan di seluruh negeri untuk memproduksi laptop, membantu membuka keran talenta baru, dan membangun fondasi kemampuan manufaktur yang lebih canggih.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Wikan Sakarinto mengatakan sekolah menengah kejuruan bakal dilipatkan dalam produksi Google Chromebook tersebut.

Dia menambahkan, kolaborasi antara enam produsen laptop lokal dengan SMK dalam proses produksi Chromebook itu bertujuan agar para siswa bisa mendapatkan manfaat dan keterampilan nyata yang dibutuhkan industri.

"Keenam produsen dalam negeri ini akan membantu memproduksi raturan ribu laptop pada 2022, kita harapkan dapat melibatkan ribuan anak muda Indonesia. Ini salah satu bentuk link and match pendidikan vokasi berbasis project dengan industri dan dunia kerja," katanya.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Cocok Dipajang di Rumah, ini Lukisan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

BERIKUTNYA

Mengenal Teh Kombucha, Minuman Kaya Manfaat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: