Tampilan Facebook. (Sumber foto: Unsplash/Bastian Riccardi)

Ikuti Jejak Tiktok, Facebook Perkenalkan Format Video Vertikal

16 April 2024   |   12:00 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Meta, perusahaan induk dari Facebook, terus memperbarui platform media sosialnya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyeluruh dan menarik. Salah satu langkah terbaru yang diambil adalah meluncurkan pemutar video terbaru yang mengadopsi tampilan vertikal mirip TikTok.

Facebook kini menyajikan video dalam layar penuh vertikal, menggantikan tampilan horizontal sebelumnya. Pembaruan ini mencakup integrasi Reel, video berdurasi panjang, dan konten Live dalam satu pengalaman yang lebih imersif.

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Ketika menjelajahi feed di aplikasi Facebook, Genhype akan disuguhkan dengan video vertikal layar penuh secara default, menyerupai pengalaman menonton di platform TikTok yang populer. Namun, opsi layar penuh juga tersedia untuk video horizontal, memungkinkan kalian menikmati konten dalam tampilan lanskap dengan memutar ponsel.

Dilansir melalui The Verge, selain penyesuaian tampilan, Meta juga memperkenalkan kontrol pemutar baru yang memungkinkan pengguna untuk melompat ke bagian yang diminati dalam video dan menyesuaikan pengalaman menonton mereka.

Meta turut menyertakan tombol di bagian bawah sehingga pengguna dapat memundurkan atau mempercepat video, menjedanya, dan mengubah kecepatan pemutaran seperti di aplikasi milik Bytedance. Fitur ini, yang mirip dengan yang ada di platform seperti YouTube dan TikTok, meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menavigasi konten video.

Selain itu, Meta juga meningkatkan algoritma rekomendasi untuk memastikan pengguna melihat konten yang lebih sesuai dengan minat mereka. Ini mencakup promosi lebih banyak konten Reel, yang merupakan upaya yang lebih agresif untuk membantu pembuat konten mencapai audiens yang lebih luas.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Facebook (@facebook)


Meskipun terinspirasi oleh format TikTok, Meta tetap menguji berbagai jenis konten, termasuk konten horizontal dan berdurasi panjang, untuk tetap bersaing dengan platform video lain di pasar. Pembaruan ini akan diluncurkan terlebih dahulu di Amerika Serikat dan Kanada untuk pengguna iOS dan Android, sebelum merambah ke pasar global dalam beberapa bulan mendatang.

Kabarnya bahwa Facebook akan segera menggulirkan pembaruan aplikasinya dalam beberapa minggu mendatang, para pembuat konten harus mulai mempersiapkan strategi mereka. Dengan perubahan format yang signifikan ini, terutama penekanan pada konten vertikal seperti Reel, sangat mungkin bahwa video mereka akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan keterlibatan.

Dalam menghadapi perubahan ini, mulai posting Reel bisa menjadi langkah yang bijaksana bagi pembuat konten yang ingin memastikan bahwa video mereka tetap relevan dan ditemukan oleh audiens di platform Facebook. Dengan Meta yang akan lebih agresif dalam mendorong konten Reel, ini bisa menjadi peluang bagi para pembuat konten untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan mereka.

Dengan pembaruan ini, Meta berharap dapat memberikan pengalaman menonton video yang lebih menyenangkan dan menarik bagi pengguna Facebook, sambil tetap relevan dalam persaingan yang semakin ketat di ranah media sosial.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Back to Black, Film Biopik Musisi Amy Winehouse

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Dua Hati Biru, Tayang 17 April 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: