Antrean kendaraan mobil di pelabuhan (Sumber gambar: PT ASDP Indonesia Ferry)

ASDP Hapus Pemberlakuan Tiket Kedaluwarsa saat Arus Balik Lebaran 2024

15 April 2024   |   15:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi Genhype yang hendak ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatra, dan akan menggunakan kapal penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung. PT ASDP Indonesia Ferry menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa khusus saat periode arus balik Lebaran pada 11-21 April 2024.

Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa peniadaan tiket kedaluwarsa pada periode arus balik merupakan bentuk langkah mitigasi perusahaan guna mengantisipasi ketidaknyamanan masyarakat seperti pada arus mudik.

"Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket,” ujarnya dalam siaran pers dikutip Senin (15/4/2024). 

Baca juga: Cek Jadwal Contraflow, Oneway & Ganjil-Genap pada Arus Balik 15 April 2024

Dengan begitu, dia meminta pemudik yang masih belum kembali untuk segera melakukan pembelian tiket dari sekarang agar tidak kehabisan kuota pada tanggal yang diinginkan.

Shelvy juga mengimbau kepada Genhype yang masih menunda kepulangan dari kampung halaman agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via daring atau mitra resmi sejak jauh hari. "Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket," ujarnya.

Kemudian, dia juga mengingatkan untuk memastikan telah mengisi identitas penumpang dan kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan pemesanan tiket secara daring, sehingga hak asuransi pengguna jasa dapat tercatat dengan baik.

Hari ini atau H+4 angkutan Lebaran, trafik penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Senin, siang terpantau sudah relatif landai.

"Alhamdulillah, jika mengacu pada data arus mudik kemarin, sebagian besar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik ke Sumatra, telah kembali ke Jawa dan sesuai prediksi puncak arus balik Minggu (14/4/2024) tadi malam cukup tinggi," katanya.

Dia menambahkan bahwa waktu puncak arus balik penyebrangan dari Sumatra ke Pulau Jawa terjadi sesuai prediksi, yakni pada Sabtu (13/4/2024) dan Minggu (14/4/2024). Banyak pemudik memutuskan untuk kembali lantaran libur Hari Raya Idulfitri telah berakhir dan aktivitas para pekerja -termasuk anak sekolah- akan kembali normal pada Selasa (16/4/2024). 

Berdasarkan data Posko Bakauheni, jumlah kapal yang beroperasi pada Minggu (14/4/2024) mencapai 34 unit mulai pukul 00.00 WIB sampai 23.59 WIB atau H+3. Adapun, realisasi total penumpang mencapai 159.681 orang telah menyeberang.

Kemudian, jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang mencapai 19.792 unit, kendaraan roda empat sebanyak 18.596 unit, dan total seluruh kendaraan yang melintas pada H+3 sebanyak 39.729 unit.

Secara kumulatif, realisasi penumpang yang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera mulai 11 April 2024 hingga 14 April 2024 adalah sebanyak 387.204 orang atau 46 persen bila dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik, yakni 835.718 orang. 

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Cek Titik Kemacetan di Jawa Barat & Jawa Tengah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Diantar Member NCT 127, Taeyong Resmi Berangkat Wamil dengan Kepala Gundul

BERIKUTNYA

5 Timnas dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia U-23 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: