Timnas Indonesia U-23 sedang berlatih untuk persiapan Piala Asia U-23 2024 (Sumber gambar: PSSI)

5 Timnas dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia U-23 2024

15 April 2024   |   17:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pesta akbar sepak bola se-Asia untuk kelompok umur 23 tahun akhirnya digelar. Sebanyak 16 tim, termasuk Indonesia, akan berlaga untuk menjadi yang terbaik dalam turnamen kompetitif yang digelar untuk para pemain muda di benua Kuning tersebut.

Piala Asia U-23 2024 akan memulai pertandingan pertamanya pada 15 April dan akan berakhir sampai 3 Mei mendatang. Seluruh pertandingan akan digelar di Qatar yang tahun ini kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang bergengsi untuk kelompok umur ini.

Baca juga: Jadwal & Link Streaming Timnas Indonesia vs Qatar di AFC U-23

Meski ini adalah kompetisi untuk para pemain yang berusia 23 tahun atau di bawahnya, beberapa negara yang justru membawa pemain-pemain yang lebih muda. Hal tersebut dilakukan untuk memberi lebih banyak jam terbang untuk pemain-pemain muda di Asia.

Pada Piala Asia U-23 2024 ini, terdapat lima tim dengan rata-rata usia pemain termuda yang akan unjuk gigi. Berikut daftarnya:


1. Vietnam

Tim dengan rata-rata usia pemain paling muda pada ajang Piala Asia U-23 2024 adalah Vietnam. Tim berjudul The Golden Star Warrior ini memiliki rata-rata usia 20,21 tahun. Pemain termuda di Vietnam adalah Nguyen Manh Hung yang lahir pada Agustus 2005 atau saat ini berusia 18 tahun.

Tentu ini adalah sebuah pertaruhan yang besar bagi Vietnam. Meski ini adalah kompetisi kelompok umur, Piala Asia U-23 tetaplah ajang yang bergengsi. Sebab, turnamen ini tidak hanya berburu juara, tetapi juga tiket ke Olimpiade Paris.


2. Indonesia

Timnas Indonesia juga mengirim pemain dengan rata-rata usia termuda di turnamen ini. Skuad Garuda berisi pemain dengan rata-rata usia 20,56 tahun, hanya selisih sedikit dibanding materi pemain yang dibawa Vietnam.

Pemain termuda di Timnas Indonesia U-23 adalah Dony Tri Pamungkas yang lahir pada Januari 2005 atau saat ini berusia 19 tahun. Selain itu, tim ini juga masih akan diperkuat enam pemain berusia 19 tahun saat tampil di Piala Asia U-23 2024. 
 
  

3. Qatar

Tim tuan rumah, Qatar, rupanya juga membawa pemain-pemain mudanya di turnamen ini. Dalam ajang Piala Asia U-23 2024 ini, usia pemain Timnas Qatar rata-rata adalah 20,95 tahun. Hal ini membuat Qatar bertengger jadi tim termuda ketiga.

Salah satu pemain termuda Qatar bernama Mohamed Khaled Gouda. Dia adalah pemain kelahiran 2005, atau saat ini berusia 19 tahun. Kendati masih muda, bakatnya telah terlihat dan patut untuk diwaspadai lawan.


4. Tajikistan

Timnas Tajikistan juga masuk daftar tim dengan rata-rata usia skuad termuda di Piala Asia U-23 2024. Mereka mempunyai rata-rata usia sama dengan Qatar, yakni 20,95 tahun. Fakhriddin Akhtamov merupakan pemain dengan usia termuda, 19 tahun. Dia lahir pada 26 November 2004.
 


5. China & Australia

China dan Australia berada daftar kelima untuk pemain dengan materi termuda di turnamen ini. Kedua negara sama-sama memiliki rata-rata usia pemain di kisaran 21 tahun. Dua negara ini memberi porsi yang cukup besar untuk pemain U-20 mereka.

Bahkan, Timnas China juga memanggil Wang Yudong yang baru berusia 17 tahun. Sementara itu, Timnas Australia memanggil Rhys Youlley yang baru berusia 19 tahun. 

Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

ASDP Hapus Pemberlakuan Tiket Kedaluwarsa saat Arus Balik Lebaran 2024

BERIKUTNYA

7 Tip Membersihkan Rumah setelah Ditinggal Mudik, Dijamin Kinclong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: