Pemain tim nasional Indonesia saat melawan tim nasional Vietnam (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Jadwal & Link Streaming Timnas Indonesia vs Qatar di AFC U-23

15 April 2024   |   10:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional sepak bola putra Indonesia U-23 akan berhadapan dengan tim nasional Qatar U-23 pada ajang Piala Asia 2023. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad itu akan dimulai pada pukul 18.30 waktu setempat atau 22.30 WIB.

Qatar adalah salah satu tim yang akan dihadapi oleh Garuda Muda – sebutan tim nasional Indonesia U-23 – dalam babak kualifikasi Piala Asia U-23 Grup A. Pertandingan perdana “anak asuh” dari Shin Tae-yong pada ajang sepak bola negara-negara Asia ini akan menjadi sangat penting mengingat Indonesia berada dalam grup yang tidak mudah. 

Baca juga: 6 Pemain Termahal Asia Tenggara yang Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selain Qatar, Indonesia juga harus berhadapan dengan Australia dan Yordania yang berada dalam grup yang sama. Di antara negara-negara tersebut, Merah Putih adalah negara dengan peringkat paling bawah dalam daftar peringkat FIFA.

Qatar yang akan menjadi lawan Garuda Muda berada di peringkat 34. Posisi ini jauh jika dibandigkan dengan Indonesia yang menghuni tempat 134. Adapun, Australia dan Yordania masing-masing memiliki rangking 24 dan 71.

Meskipun begitu, dalam laman PSSI, pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan optimistis tim asuhannya dapat meraih poin dalam pertandingan perdana. Bukan tanpa alasan, pelatih asal Korea Selatan itu melihat para pemain mengalami perkembangan dari latihan di Uni Emirat Arab (UEA) dan Doha.

"Kami punya pengalaman yang baik. Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat," katanya.

Dia menilai bahwa uji coba yang telah berlangsung merupakan bagian dari persiapan Piala Asia, khususnya saat Garuda Muda harus berhadapan dengan Qatar dan Yordania.

Shin Tae-yong tidak menapik bahwa Qatar adalah salah satu tim kuat di Grup A Piala Asia U-23 2024. Untuk itu, dia berusaha membangun kepercayaan diri Rizky Ridho dan kawan-kawan ketika bertanding nanti.

Dengan kepercayaan diri, tim dapat keluar dari tekanan sehingga dapat menunjukkan kekuatan yang sesungguhnya.

Di sisi lain, pemain naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dipastikan akan menjadi bagian tim nasional Indonesia U-23 untuk berlaga di Piala Asia. Pemain klub SC Heerenveen ini mendarat di Doha dan bergabung dengan pemain lainnya pada Senin, 15 April 2024 pagi.

Ketua PSSI Erick Thohir mengungkapkan bahwa organisasi berupaya dengan maksimal agar pemain dapat bergabung, baik dari Liga 1 maupun yang bermain di luar negeri. Kehadiran Nathan dalam tim diyakini kian menambah kekuatan. “Saya bersyukur meski membutuhkan waktu, tapi hampir seluruh pemain dilepas klubnya," katanya.

Untuk diketahui, setelah berhadapan dengan tim nasional U-23 dari Qatar, Garuda Muda akan bertanding melawan Australia pada 18 April 2024. Kemudian, skuat Shin Tae-yong akan berjumpa dengan Yordania pada 21 April 2024.

Jika bisa menjadi juara, runner-up, atau peringkat tiga terbaik, tim nasional Indonesia dapat bertanding di Olimpiade Paris 2024. Indonesia harus menjalani play-off jika berada di posisi empat besar.

Posisi empat besar dalam ajang ini bertanding dengan peringkat empat besar Piala Afrika U-23 2023 yang berlangsung di Guinea. 

Baca juga: Erspo Bakal Ganti Desain Jersey Timnas Indonesia, Dijadwalkan Rilis Agustus 2024

Genhype yang hendak menonton pertandingan antara tim nasional Indonesia U-23 melawan Qatar dapat mengaksesnya melalui salah satu saluran televisi swasta atau platform digital Vision+

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Viral Raffi Ahmad Adopsi Lily? Cek Pasangan Selebritas yang Juga Punya Anak Angkat

BERIKUTNYA

5 Cara Melawan Stres di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: