Para pemain Timnas Indonesia mengenakan jersey baru. (Sumber gambar: Erspo/Instagram)

Erspo Bakal Ganti Desain Jersey Timnas Indonesia, Dijadwalkan Rilis Agustus 2024

02 April 2024   |   16:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ergonomic Sporty Outfit (Erspo) selaku penyedia sandang resmi Tim Nasional Indonesia bakal mengganti desain jersei (jersey) baru Timnas. Jersey Timnas Indonesia dengan desain anyar itu rencananya bakal dirilis pada Agustus 2024. Transformasinya bakal meliputi desain, material, hingga harga.

Kabar tentang kepastian rencana ganti desain jersey Timnas yang akan dilakukan Erspo disampaikan oleh pandit sepak bola Justinus Lhaksana alias Coach Justin melalui kanal YouTube pribadinya, Senin (1/4/2024). Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan antara Owner Erspo Muhammad Sadad, Coach Justin, serta Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Sepak bola Indonesia (GSI) Marsal Irwan Masita. 

Baca juga: 6 Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp120,8 miliar

Coach Justin menjelaskan bahwa perubahan desain jersey Timnas yang baru akan meliputi setidaknya empat hal, mulai dari penggantian desain, bahan, logo jersey, serta harga yang lebih terjangkau. Dia memastikan bahwa semua usulan tersebut telah disetujui oleh Muhammad Sadad selaku Owner Erspo.

"Jadi itu semua dari sekarang sampai Agustus [2024] akan launch, itu akan dirombak semua. Biar kita mendapatkan jersey Timnas yang bisa kita banggakan, serta bisa mendapatkan jersey yang terjangkau oleh mayoritas orang Indonesia," katanya melalui kanal YouTube Justinus Lhaksana, Senin (1/4/2024).
 

Dalam pertemuan mereka, Coach Justin juga mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengusulkan agar pergantian desain jersey Timnas yang baru bisa rampung pada Juni 2024, bertepatan dengan 2 laga penutup putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Lantaran dirasa terlalu mepet, pergantian desain baru dilakukan pada Agustus, dan dijadwalkan bisa resmi digunakan saat FIFA Matchday pada September 2024. "September itu sudah dibikin jersey baru untuk Timnas, Agustus launching," terangnya.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Erspo rencananya bakal melibatkan insan sepak bola nasional dan berkoordinasi dengan PSSI ketika proses re-desain jersey Timnas dilakukan. Coach Justin menyebut dia bersama para rekan panditnya seperti Pangeran Siahaan, Panji Suryono, hingga Hanif Thamrin, turut menjadi pihak yang akan dilibatkan untuk menilai penetapan desain baru jersey Timnas.

Menurutnya, keterlibatan para insan sepak bola nasional sangat penting dalam proses desain jersey Timnas. Bahkan, katerlibatannya mencakup mulai dari proses penciptaan filosofi desain, konsep desain, bahan, hingga logo. Semua itu dinilai harus diputuskan melalui approval dari para insan sepak bola.

"Nanti pada saat ini di-launch, bener-bener menjadi jersey yang bagus, terjangkau, filosofi bagus sesuai dengan keinginan mayoritas netizen, di-approved oleh PSSI dan insan-insan bola. [Setelahnya] kita enggak punya alasan lagi untuk menghujat kiri-kanan, which is enggak penting," ungkapnya. 
 

Pergantian desain jersey Timnas ini merupakan respons dari kisruh yang terjadi usai Erspo meluncurkan jersey anyar tim Garuda. Jersey baru yang dirilis pada 18 Maret 2024 itu terdiri dari versi Home berwarna merah dan Wway berwarna putih, hasil kerja sama Makna Creative sebagai pihak yang mendesain jersey.

Jersey baru itu menuai beragam komentar dari suporter, fan Timnas Indonesia, dan netizen. Media sosial pun sempat ramai membicarakan jersey yang telah dikenakan Timnas Indonesia dalam laga melawan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret 2024 tersebut.

Banyak dari warganet yang mengkritik jersey baru tersebut, tak terkecuali para pandit sepak bola nasional, Coach Justin. Kritikan itu ditanggapi sinis oleh Ernanda Putra selaku desainer jersey melalui cuitan di akun media X pribadinya. Hal itu membuat warganet makin geram, dan ramai-ramai membuat tagar #BoikotErspo di media sosial, serta menilai bahwa Ernanda antikritik.

Ernanda Putra atas nama Makna Creative pun akhirnya meminta maaf atas kegaduhan jersey Timnas Indonesia. Di saat yang sama, Erspo juga mengeluarkan pernyataan permintaan maaf dan menegaskan kerjasama dengan Makna hanya sebatas pembuatan jersey tanding.

Ernanda dari pihak Makna dan Muhammad Sadad dari pihak Erspo juga sama-sama meminta maaf secara pribadi kepada Coach Justin. Akhirnya, merespons dinamika tersebut, Erspo telah memastikan bakal mengganti desain jersey Timnas Indonesia yang dijadwalkan akan dirilis pada Agustus 2024. 

Baca juga: Bisnis Menggiurkan Jersey & Apparel Tim Sepak Bola

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah & Prank April Mop yang Paling Mengejutkan Jagat Dunia Maya

BERIKUTNYA

THR Cair, Bisnis Fesyen Muslim Diprediksi Panen Cuan pada Momen Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: