Adopsi anak menjadi pilihan sejumlah pasangan untuk memiliki buah hati (Sumber gambar: pexels/ Emma Bauso)

Viral Raffi Ahmad Adopsi Lily? Cek Pasangan Selebritas yang Juga Punya Anak Angkat

15 April 2024   |   09:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mengadopsi atau mengangkat anak oleh figur publik selalu menjadi sorotan publik. Saat ini, sejumlah selebritas diketahui telah mengadopsi anak untuk hadir dan melengkapi dalam kehidupan mereka dengan berbagai alasan. 

Terbaru, figur publik yang disebut mengadopsi anak adalah pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sesosok bayi perempuan beberapa waktu lalu menghiasai akun Instragram pasangan tersebut dan dalam keterangannya bernama Lily.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi yang mengungkapkan bahwa Lily adalah anak yang diadopsi oleh keduanya atau bukan. Hanya saja, dalam beberapa unggahannya di akun media sosial tersebut, Nagita kerap menampilkan keintiman dengan sang bayi.

“Grateful Lily seperti malaikat baik yang dikirim oleh Allah SWT,” demikian tulis akun tersebut dalam salah satu unggahannya. 

Baca juga: 10 OOTD Lebaran Modis Gaya Selebritas, Tampil Kompak Sekeluarga

Terlepas dari itu semua, langkah mengadopsi anak memang kerap dilakukan oleh banyak pasangan. Ada berbagai alasan yang menjadi pertimbangan mereka mengangkat anak.

Salah satu alasannya adalah ingin menyejahterakan dengan memberikan kesempatan kehidupan yang lebih baik untuk anak yang diadopsinya, mengingat figur publik memiliki kemampuan finansial yang sangat baik.

Saat hendak mengadopsi seorang anak, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon orang tua berdasarkan aturan yang berlaku saat ini, yakni Peraturan Pemerintah (PP) No. 54/ 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak.

Persyaratan itu seperti calon orang tua angkat harus sehat jasmani dan rohani; berumur paling rendah 30 tahun dan paling tinggi 55 tahun; beragama sama dengan agama calon anak angkat; berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak kejahatan.

Kemudian, calon orang tua juga berstatus menikah paling singkat 5 tahun; tidak merupakan pasangan sejenis; tidak atau belum mempunyai anak atau hanya memiliki satu orang anak; dalam keadaan mampu ekonomi dan sosial; memperoleh persetujuan anak dan izin tertulis orang tua atau wali anak; dan sebagainya.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada saat ini, sejumlah figur publik tercatat telah mengadopsi anak.


Sarwendah & Ruben Onsu

Sarwendah dan Ruben Onsu adalah salah satu pasangan yang mengadopsi anak selain memiliki anak biologis senidiri. Anak yang diangkat oleh keduanya berjenis kelamin laki-laki dan bernama Betrand Peto.

Betrand berasal dari Nusa Tenggara Timur dan kerap menyanyi dalam berbagai kesempatan. Dia diangkat oleh Ruben Onsu dan Sarwendah sebagai anak pada 2019, ketika Betrand masih berusia 13 tahun.


Denny Cagur dan Santi

Pasangan publik figur lainnya di dalam negeri yang mengangkat anak adalah Denny Cagur & Shanty. Kedua pasangan ini tercatat mengadopsi dua orang anak dalam waktu yang berbeda, sehingga secara keseluruhan memiliki tiga buah hati.

Keduanya memilih mengangkat anak setelah memiliki satu anak biologis. Anak yang diangkat oleh mereka pertama kali pada 2016 dengan jenis kelamin pria. Sementara itu, mereka mengadopsi anak lainnya dengan jenis kelamin perempuan pada 2021.


Anjasmara & Dian Nitami

Nama pasangan Anjasmara dan Dian Nitami menjadi pasangan artis yang juga mengangkat anak. Pada awalnya, langkah keduanya memutuskan untuk mengadopsi 3 anak adalah karena virus toksoplasma yang membuat sang istri sulit untuk mengandung.

Setelah mereka mengangkat tiga orang anak, sang istri hamil dan melahirkan seorang anak. Meskipun begitu, rasa sayang mereka disebut tidak berkurang terhadap sang buah hati yang diangkat.

Baca juga: Ide Mix and Match Outfit untuk Hangout ala Selebgram Jesica Ceren


Ussy Sulistiawaty dan Andika Pratama

Pasangan lain yang memiliki anak angkat adalah Ussy Sulistiawati dan Andhika Pratama. Anak angkat dari pasangan ini sudah hadir dalam kehidupan Ussy sejak masih gadis. Salah satu pertimbangan Ussy mengadopsi anak setelah didiagnosis menderita endometriosis pada 2004, sehingga akan mengalami kesulitan memiliki buah hati.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Contraflow, Oneway & Ganjil-Genap pada Arus Balik 15 April 2024

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Streaming Timnas Indonesia vs Qatar di AFC U-23

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: