Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_

Intip Latihan Taktik Timnas Indonesia di Qatar Menjelang Piala Asia 2023

08 January 2024   |   13:55 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Piala Asia 2023, Tim Nasional (Timnas) Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong mulai melatih taktik permainan, setelah sebelumnya berfokus pada fisik. Hal itu dilakukan dalam latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan Al Egla 2, Doha, Qatar, Minggu (7/1/2024).

Seusai menjalani pemusatan latihan panjang di Turki, Timnas Indonesia memang langsung bergegas ke Qatar. Tim Garuda meninggalkan Turki pada Sabtu (6/1/2024) malam melalui jalur udara. Setelah sampai di Istanbul, perjalanan dilanjutkan ke Doha, Qatar. 

Baca juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Skuad Timnas Indonesia tiba di Doha pada Minggu (7/1/2024) pukul 06.00 waktu setempat. Rombongan kala itu disambut oleh puluhan suporter dan petinggi Duta Besar Republik Indonesia di Qatar.

Setelah beristirahat sebentar di hotel, Shin Tae Yong langsung memboyong anak asuhnya untuk berlatih di lapangan Al Egla 2, Qatar. Sesi latihan perdana ini berlangsung 2 jam, mulai pukul 19.00 waktu setempat.

Dalam latihan tersebut, pelatih asal Korsel ini langsung memberikan materi taktikal. Hal itu dilakukan sebagai persiapan tim Garuda jelang Piala Asia 2023. Selain itu, latihan taktik ini juga diterapkan guna pemulihan kondisi para pemain. Sebab, dia merasa latihan berat belum akan terlalu efektif pada sesi pertama ini.

“Kami melakukan latihan pemulihan sekaligus taktikal. Memang latihan sangat ringan, tetapi ini langkah pertama yang baik,” ujar Shin Tae Yong dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Senin (8/1/2023).

Menurut Shin Tae Yong, perjalanan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 sejauh ini masih sesuai dengan rencananya. Dirinya berharap para pemain akan bisa cepat beradaptasi dan memulai menatap ajang ini dengan lebih baik.

Sebelum berlaga di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masih memiliki satu sisa uji coba melawan Iran. Pertandingan itu akan digelar pada Selasa (9/1/2024). Namun, belum diketahui apakah pertandingan akan disiarkan langsung atau dilakukan secara tertutup.
 

Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_

Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI_


Optimisme Pemain

Sementara itu, setiba di Qatar, Justin Hubner mengaku sudah tak sabar bermain di Piala Asia. Menurutnya, bertanding di kompetisi paling bergengsi antarnegara Asia ini selalu jadi hal yang menarik. “Ini sangat luar biasa, kami bisa berada di ajang Piala Asia. Saya sudah tidak sabar untuk memulainya dan kami akan berlatih di sini,” ucapnya.

Kendati demikian, Huber mengaku bahwa perjalanan Indonesia mungkin tidak akan mudah. Sebab, tim Garuda berada di grup yang cukup sulit. Namun, soal optimisme, pemain asal Wolverhampton ini masih cukup yakin.

Dia mengatakan Timnas Indonesia saat ini sudah jadi tim yang cukup kuat. Para pemain juga terus bekerja keras dan berlatih dengan serius. “Saya pikir kami punya peluang di Piala Asia nanti,” imbuhnya.

Hubner menyebut pertandingan di Piala Asia ini akan dipersembahkan untuk keluarga, pendukung, dan semua masyarakat Indonesia. Dia berharap hasil maksimal akan didapatkan skuad Garuda di piala ini.

Baca juga: 2 Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024

Sejauh ini, Indonesia telah melakoni dua laga uji coba melawan Libia. Dua pertandingan tersebut berakhir dengan skor 0-4 dan 1-2 untuk keunggulan lawan. Uji coba merupakan pemanasan buat Indonesia menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari 2024. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Peringatan WHO soal Bahaya Laten di Balik Candu Vape Anak-anak Muda

BERIKUTNYA

Eksplorasi Peluang Bisnis di Dunia Desain Grafis Digital ala Milenial & Gen Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: