Timnas Indonesia saat melakukan laga uji coba (sumber gambar PSSI)

Line Up & Fakta Pertemuan Indonesia vs Qatar 15 April 2024

10 April 2024   |   21:44 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kurang dari satu pekan, Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Piala Asia U23 2024 melawan tuan rumah Qatar. Pertandingan Indonesia melawan Qatar ini akan berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Senin (15/4/24) pukul 22.30 WIB.

Pertandingan Skuad Garuda melawan The Maroons ini merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia. Sebab, ini merupakan debut manis Timnas di ajang dua tahunan tersebut yang dimulai sejak 2013, khususnya agar dapat bersaing di pentas elite level Asia. 

Piala Asia U-23 24 ini sendiri merupakan edisi keenam. Edisi terakhir digelar pada 2022 lalu di Uzbekistan. Saat itu, Arab Saudi juga sukses merebut gelar juara. Pada laga final, Arab Saudi berhasil mengalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0. 

Adapun dalam pertandingan kali ini Tim Garuda akan berada di Pot 4. Di samping itu Indonesia juga akan mendapat lawan-lawan sulit di Piala Asia U-23 2024 karena berada di Grup A. Dalam grup ini selain Indonesia juga ada Australia, Yordania, dan Qatar. 

Baca juga: 6 Pemain Termahal Asia Tenggara yang Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia juga masih melakukan berbagai persiapan. Indonesia juga masih memiliki pekerjaan rumah di lini pertahanan karena kalah dengan skor 1-3 saat menghadapi Arab pada Jumat (5/4). Namun, mereka mampu clean sheet dan meraih kemenangan atas UEA dengan skor 1-0 pada Senin (8/4)

Pelatih tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan starting eleven saat melawan UEA berbeda dengan saat kalah dari Arab Saudi. Ini merupakan starting eleven yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-23 2024. Dia pun masih melihat ada beberapa masalah dalam Skuad Garuda Muda. Salah satunya soal finishing.

Dia mengungkap, pemain inti yang dimainkan dalam laga uji coba tersebut memang para pemain inti. Kendati performa mereka di atas lapangan sudah sangat baik, tapi menurutnya mereka masih kurang fokus untuk dapat mencetak gol, sehingga dalam pertandingan nanti dia berharap timnas dapat bermain lebih baik.

"Ya, pemain semuanya telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan permainan kita jadi tadi juga memang kelihatan menjadi baik juga dan tanggal 15 nanti akan pastinya menjadi lebih baik lagi," katanya dikutip dari laman PSSI, Rabu, (10/4/24).

Sebelumnya STY juga sudah mengonfirmasi bahwa ada tiga pemain abroad, yakni Justin Hubner dan Matahari Tjoe A On yang belum mendapat izin dari klub yang dibela oleh para pemain tersebut. Sedangkan, Dewangga sedang menjalani operasi kecil di bagian ketiak.

Dalam pertandingan ini PSSI juga menargetkan Garuda muda lolos dari fase grup atau ke babak delapan besar. Namun, jika sampai babak semifinal akan membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Oleh karena itu Rizki Ridho dan kawan-kawan minimal harus menjadi peringkat tiga untuk meraih tiket otomatis bersama juara dan runner-up turnamen.

Sementara itu, tim yang kalah di laga perebutan tempat ketiga masih punya kesempatan berlaga di Paris. Caranya dengan memenangkan laga play-off menghadapi wakil Afrika. 

Prediksi susunan Timnas U23 Indonesia vs Qatar

Prediksi Line Up Indonesia
Pelatih: Shin Tae Yong
Formasi (3-4-3): Ernando Ari, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ramadhan Sananta.

Prediksi Line Up Qatar
Pelatih: Tintín Márquez
Formasi (4-2-3-1): Salah Zakaria, Saoud Al Khater, Meshaal Barsham, Mohammed Emad Aiash, Tarek Salman, Lucas Mendes, Homam Ahmed, Bassam Al-Rawi, Sultan Al-Brake, Al-Mahdi Ali Mukhtar, Mohammed Waad.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Cara Menghilangkan Iklan Pop Up di HP Infinix

BERIKUTNYA

10 OOTD Lebaran Modis Gaya Selebritas, Tampil Kompak Sekeluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: