Wasit Nasrullo Kabirov (paling kanan baju hitam) saat memimpin laga Indonesia vs Qatar (Sumber gambar: PSSI)

Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Piala Asia U-23 Laga Qatar vs Indonesia yang Jadi Sorotan

16 April 2024   |   12:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Nasrullo Kabirov yang didapuk sebagai wasit saat laga Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia melawan Qatar menjadi lantaran dinilai tidak dalam dalam memimpin pertandingan. Meski dinilai demikian, pria berusia 38 tahun itu bukan orang baru dalam kompetisi sepak bola yang diadakan AFC. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Nasrullo Kabirov adalah wasit yang berasal dari Tajikistan. Namanya menjadi sorotan bagi publik Indonesia setelah mengeluarkan keputusan yang kontroversial saat Indonesia berjumpa dengan Qatar pada Senin, 15 April 2024. 

Dalam pertandingan kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 itu, Kabirov terlihat dengan jelas mengeluarkan keputusan yang memberatkan Garuda Muda. Dia juga terlihat jelas berpihak terhadap tim nasional Qatar.

Keputusan-keputusannya mengundang banyak pertanyaan para pencinta sepak bola. Untuk setiap pelanggaran yang dilakukan oleh tim nasional Indonesia, sang pengadil tercatat kerap memanfaatkan VAR.

Baca juga: Deretan Kontroversi di Pertandingan Piala Asia Qatar vs Indonesia U-23 2024

Sementara itu, pria kelahiran 5 Mei 1985 itu seolah tutup mata terhadap pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pemain tim nasional U-23 Qatar.

Salah satu contohnya adalah ketika Merselino mendapatkan dorongan dari pemain tuan rumah dan tidak dianggap sebagai pelanggaran. Tidak hanya itu, pemain Qatar yang melanggar Witan Sulaeman dengan keras dan berbahaya juga hanya memperoleh kartu kuning. 

Selain itu, Kabirov juga juga tidak ragu mengeluarkan kartu kuning kedua untuk pemain Indonesia Ivar Jenner tanpa memastikan ulang melalui VAR saat pemain Qatar berpura-pura kesakitan. Padahal, tidak ada kontak antara Ivar Jenner dengan pemain Qatar tersebut. 
 

Profil Nasrullo Kabirov 

Nasrullo Kabirov sebenarnya bukan orang baru dalam pertandingan yang diadakan oleh asosiasi sepak bola negara-negara Asia atau AFC. Dia pernah menjadi pengadil dalam kompetisi seperti kualifikasi zona Asia ajang Piala Dunia. 

Di ajang kualifikasi zona Asia Piala Dunia, dia pernah memimpin pertandingan antara Bangladesh melawan Palestina, Qatar vs Afganistan, dan Yaman melawan Sri Lanka. Pada pertandingan Qatar vs Afganistan, Qatar tercatat menang sebesar 8-1.

Dalam pertandingan itu, Kabirov tercatat memberikan 5 kartu kuning kepada pemain Afganistan. Salah satu pemain Afganistan, yakni Farzad Ataee juga mendapatkan kartu kuning kedua dan memperoleh kartu merah.

Sementara itu, di ajang SEA Games, Kabirov pernah memimpin laga antara Thailand U-23 melawan Malaysia U-23 dan Malaysia U-23 vs Kamboja U-23 pada 2022. Selain itu, dia juga tercatat pernah memimpin pertandingan antara Timor-Leste U-23 melawan UAE U-23 dan Korea Utara U-23 vs Arab Saudi U-23 dalam Asian Games pada 2018.

Bagi tim nasional Indonesia, Kabirov juga sebenarnya bukan orang baru. Wasit itu pernah memimpin laga antara Kuwait melawan Indonesia pada 2022 dalam ajang kualifikasi Asian Cup. Pada saat itu, tim Garuda berhasil menang dengan skor 1-2.

Kabirov juga telah memimpin jalannya pertandingan sejumlah klub dalam laga internasional. Salah satu contohnya adalah ajang AFC Cup. Dalam kompetisi itu, pria yang kini menginjak usia 38 tahun itu telah menjadi wasit untuk 10 pertandingan sejak musim 2017/2018 sampai 2023/2024. 

Di ajang AFC Cup, dia menjadi pengadil ketika klum Macarthur bertanding melawan Sabah pada 13 Februari 2024. Pada saat itu, Kabirov tercatat mengeluarkan 5 kartu kuning. 

Dalam perjalanan kariernya sebagai wasit, Kabirov juga tercatat sangat senang mengeluarkan kartu kuning terhadap pemain. Dari 90 penampilan, dia telah mengeluarkan kartu kuning sebanyak 326 kali di seluruh kompetisi yang pernah dipimpin. 

Baca juga: PSSI Siap Layangkan Protes ke AFC Imbas Wasit Nasrullo yang Dinilai Tidak Adil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Elon Musk Bakal Kenakan Biaya ke Pengguna Baru X untuk Unggah Konten

BERIKUTNYA

Intip Bocoran Spesifikasi Lengkap PlayStation 5 Pro, Ada Peningkatan Ray Tracing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: