Penumpang kereta cepat Whoosh di stasiun (Sumber gambar: PT KCIC)

Antisipasi Puncak Arus Balik, KCIC Ingatkan Penumpang Atur Waktu Perjalanan ke Stasiun

14 April 2024   |   12:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Puncak arus balik dengan kereta cepat Whoosh akan terjadi pada Minggu, 14 April 2024. Manajemen memperingatkan Genhype yang akan menggunakan moda transportasi berbasis rel itu untuk memperhatikan waktu perjalanan menuju stasiun.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa Genhype perlu memperhitungkan waktu perjalanan menuju area stasiun Kereta Cepat karena lalu lintas pada puncak arus balik rawan terjadi kemacetan di sejumlah titik.  

Baca juga: Tanggal yang Wajib Dihindari untuk Balik Mudik Lebaran ke Jabodetabek

“Baik itu stasiun [kereta cepat] Bandung, Padalarang, ataupun Tegalluar. Mengingat di puncak arus balik rawan terjadi kemacetan di Jalan Soekarno Hatta menuju Stasiun Tegalluar, pintu tol Pasteur menuju Stasiun Padalarang, maupun jalan dalam kota menuju Stasiun Bandung,” katanya.

Dia menuturkan bahwa langkah memperhitungkan waktu menuju stasiun perlu dilakukan oleh kalian agar tidak tertinggal kereta. Selain itu, Eva juga mengingatkan Genhype untuk hadir 30 menit sebelum keberangkatan guna mengantisipasi tertinggal kereta Whoosh atau kereta feeder.

Petugas akan menutup gate kereta cepat Whoosh dan kereta feeder atau pengumpan 5 menit sebelum keberangkatan.
"Pastikan kembali rute dan jadwal perjalanan Whoosh maupun KA Feeder Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal karena terlambat ke stasiun yang diakibatkan kemacetan di masa puncak arus balik kali ini," katanya.


Lebih dari 20.000 penumpang

Eva menambahkan, manajemen memperkirakan volume penumpang kereta cepat akan mencapai lebih dari 20.000 orang pada Minggu, 14 April 2024 atau H+3 lebaran. Dari jumlah tersebut, lonjakan penumpang akan terjadi dalam kereta relasi Tegalluar-Halim ataupun Padalarang-Halim.

Lonjakan dapat terjadi lantaran 14 April 2024 merupakan weekend terakhir sebelum cuti bersama Idulfitri usai pada 15 April 2024.

"Pergerakan dan peningkatan penumpang mulai terlihat dan diprediksi hari ini akan menjadi puncak arus balik Kereta Cepat Whoosh. Hal ini juga terlihat dari penjualan tiket Whoosh keberangkatan Minggu [14/4/2024] sudah melebihi 17.000 per Sabtu [13/4/2024] malam" ujar Eva.

Perkiraan jumlah penumpang akan mencapai lebih dari 20.000 orang lantaran penjualan tiket masih terus berlangsung dan penumpang yang akan membeli tiket secara luring maupun daring pada hari H masih tinggi.

Dia mengungkapkan bahwa keberangkatan penumpang didominasi dari Stasiun Bandung dan menggunakan KA Feeder ke Stasiun Padalarang. Kemudian, tidak sedikit pula penumpang yang memilih keberangkatan langsung dari Stasiun Padalarang dan Tegalluar.

Adapun, waktu favorit penumpang pada puncak arus balik ini adalah mulai pukul 13.00 WIB hingga 20.30 WIB dengan okupansi di atas 90 persen. Kemudian, masyarakat yang melakukan perjalanan di luar jam tersebut memiliki okupansi 75 persen.

Pada saat ini, manajemen sudah melakukan penambahan perjalanan Whoosh sebanyak 30 persen menjadi 52 perjalanan setiap hari sampai 18 April 2024 guna mengantisipasi permintaan masyarakat yang tinggi untuk menggunakan kereta cepat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Girl Group ILLIT, Pendatang Baru Besutan Belift Lab yang Curi Perhatian

BERIKUTNYA

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Cek Titik Kemacetan di Jawa Barat & Jawa Tengah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: