Selama 12 hari, jumlah pelancong di bandara mencapai lebih 2 juta(sumber gambar : PT AP II)

Bandara Bersiap Hadapi Arus Balik Pemudik

04 May 2022   |   17:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melayani para pelancong yang mudik ke berbagai daerah, sejumlah bandara bersiap untuk mengantisipasi arus balik para pemudik yang kembali dari kampung halamannya. Pada H+1 Lebaran, jumlah penumpang pesawat arus balik di bandara diperkirakan mencapai sekitar 160.000 orang. 

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan AP II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi (baggage claim), dan transportasi darat (bus, taksi dan sebagainya).

"Hari ini, 4 Mei 2022, seluruh bandara AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik," katanya. 

Dia menuturkan perkiraan jumlah pelancong tersebut akan terus mengalami peningkatan hingga puncak arus balik pada 7 - 9 Mei 2022. 

Pada 7 Mei, ujarnya, jumlah pergerakan pelancong di 20 bandara di bawah AP II akan mencapai 166.312 orang. Sementara pada 8 Mei mencapai 199.857 pelancong, dan 9 Mei sebanyak 179.542 orang. 
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin./Bisnis-Rio Sandy Pradana
Dia mengimbau para pelancong dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga pergerakan tidak terkonsentrasi pada 7 - 9 Mei. "Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik," katanya. 

Dia menambahkan selama 12 hari atau dari H-10 hingga Lebaran hari kedua (22 April - 3 Mei), jumlah pergerakan pelancong di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah pergerakan pelancong periode tersebut tercatat 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan. 

Adapun lima besar destinasi dari Bandara Soekarno-Hatta pada 22 April - 4 Mei adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya dan Pontianak. 

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

4 Resep Minuman Diet dengan Bahan Alami

BERIKUTNYA

Vernon SEVENTEEN Akan Jadi Featuring untuk Album Terbaru Omega Sapien

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: