ILLIT (Sumber Foto: x.com/@illit_official)

Kenalan dengan Girl Group ILLIT, Pendatang Baru Besutan Belift Lab yang Curi Perhatian

14 April 2024   |   11:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Girl group pendatang baru, ILLIT (dibaca ai-lit) mewarnai kancah musik K-POP di awal 2024. ILLIT sendiri merupakan grup besutan Belift Lab yang beranggotakan lima orang, yakni Yunah, Minju, Wonhee, dari Korea Selatan, serta Moka dan Iroha asal Jepang.

Adapun Belift Lab sendiri merupakan anak perusahaan dari Hybe Corporation dan CJ E&M yang sebelumnya sukses mendebutkan boy grup Enhypen melalui program survival I-Land di Mnet pada November 2020.

Baca juga: Daftar Konser & Fan Meeting K-Pop April 2024 di Indonesia

ILLIT resmi debut dengan merilis mini album pertamanya yang bertajuk Super Real Me pada 25 Maret 2024. Awalnya Yunah CS diperkenalkan dengan nama grup I’ll-It. Namun, karena dianggap terlalu sulit dibaca dan diucapkan, namanya diganti menjadi ILLIT, yang pelafalannya lebih sederhana.

Walau sudah berganti nama, maknanya tidak berubah. ILLIT merupakan singkatan dari I Will Be It yang dimaknai sebagai semangat dan hasrat tinggi untuk meraih sesuatu.

Sebelum debut, kelima anggota ILLIT kecuali Wonhee telah menjalani training di berbagai agensi berbeda sebelum bergabung dengan Belift Lab. Yunah merupakan trainee di Stardium Ent sejak 2018 bersama Kep1er Dayeon. Minju menjadi trainee di YG Entertainment sejak 2018 sampai 2021, dia berlatih bersama para anggota BabyMonster.

Moka adalah trainee Hybe Labels Japan sejak September 2020 dan Iroha menjadi trainee JYP Entertainment sejak 2019, di sana dia berlatih bersama anggota girl group NMIXX dan NiziU.
 

Akhirnya kelima anggota dipertemukan di Belift Lab, lalu menjalani training dan didebutkan sebagai ILLIT. Pada  2 September 2023, akun sosial media resmi grup telah dibuat. Para anggota juga mulai memperkenalkan diri mereka melalui siaran langsung pertama mereka di Weverse.

Sebulan sebelum tanggal resmi debut mereka, ILLIT muncul pertama kali di hadapan publik sebagai grup pendatang baru dengan menghadiri acara Acne Studios pada 28 Februari di Paris Fashion Week 2024. Penampilan mereka langsung mencuri perhatian orang-orang, lantaran Wonhe dan kawan-kawan menjadi tamu undangan brand fesyen besar walaupun belum debut.
 

Mini Album Super Real Me

ILLIT meluncurkan mini album perdananya  yakni Super Real Me, dengan Magnetic sebagai single utamanya. Album ini berisi empat lagu, termasuk Magnetic, My World, Midnight Fiction, dan Lucky Girl Syndrome.

Sejumlah produser musik ternama seperti "hitman" Bang atau Bang Si Hyuk pendiri HYBE dan Slow Rabbit yang kerap menggarap album hits BTS dan TXT turut berpartisipasi dalam pembuatan lagu-lagu ILLIT.

Magnetic diproduseri dan ditulis oleh by Slow Rabbit, "hitman" Bang & Martin (KOR), My World diproduseri oleh Albin Tengblad dan ditulis oleh "hitman" Bang, January 8th, Lara Andersson, Albin Tengblad.

Sementara Midnight Fiction diproduseri oleh Noh Ju Hwan dan ditulis oleh "hitman" Bang, danke (lalala studio), Noh Ju Hwan, dan VINCENZO (KOR). Lucky Girl Syndrome diproduseri dan ditulis oleh STINT, "hitman" Bang, Shin Kung, dan Kim Bo Eun.


Genre Pluggnb

Dengan single debut mereka, Magnetic langsung menarik pendengar dengan perpaduan dinamis antara pluggnb dan suara house. Melodi yang ringan dan getaran muda yang segar menyuntikkan ledakan pop ringan yang menyenangkan ke dalam lanskap K-pop. Synth arpeggio yang indah dipadukan dengan garis bass ritmis yang kuat menggerakkan lagu, memberikan latar belakang yang sempurna untuk penampilan vokal ILLIT yang hidup.

Sejak debut mereka, banyak TikToker yang membandingkan ILLIT dengan girl grup Kpop generasi kelima lainnya, NewJeans. Ini mungkin karena mereka semua memiliki visual, khususnya rambut hitam panjang, yang juga dimiliki NewJeans saat debut. Kedua kelompok juga memiliki anggota tertua yang lahir pada 2004 dan yang termuda lahir pada 2008. Selain kedua kesamaan tersebut, keduanya memiliki suara yang sangat berbeda. NewJeans menerapkan lebih banyak suara pop dan R&B sementara ILLIT kental suara house dan pluggnb.

Pluggnb masih belum menjadi suara yang umum di K-Pop kecuali Genhype sudah familiar dengan beberapa remix buatan penggemar di internet. Ini adalah genre musik yang menggabungkan unsur hip-hop, trap, dan EDM. Hal ini ditandai dengan bass yang berat, drum yang keras, dan synth melodi. Plugnnb sering menampilkan sampel vokal dan potongan vokal. Genre ini dipopulerkan oleh artis seperti Lil Uzi Vert, Playboi Carti, dan Lil Yachty.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Daftar Pemeriksaan Sepeda Motor Setelah Dipakai Mudik

BERIKUTNYA

Antisipasi Puncak Arus Balik, KCIC Ingatkan Penumpang Atur Waktu Perjalanan ke Stasiun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: