Kondisi jalan tol ketika malam hari. (Sumber foto: Hutama Karya)

Cek Daftar 12 Ruas Jalan Tol dengan Diskon Tarif untuk Arus Balik Lebaran

24 April 2023   |   08:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) kembali memberikan potongan harga tarif tol di 12 ruas jalan yang berlaku 27-29 April 2023. Langkah tersebut sebagai bagian untuk memperlancar arus balik mudik Lebaran tahun ini.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono mengatakan bahwa diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan kendaraan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono dalam siaran pers yang diterima Hypeabis.id pada Minggu, (23/4/2023).

Baca juga: Hindari Puncak Arus Balik Lebaran, Ada Diskon Jalan Tol di Tanggal Segini Loh

Dia menuturkan, jumlah ruas jalan tol yang mendapatkan potongan harga itu mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan promo yang telah diberlakukan, yakni enam ruas jalan tol. Ruas jalan tol itu adalah tiga ruas di Pulau Jawa, yakni jalan tol Jakarta – Cikampek, Tangerang – Merak, dan Cibitung - Clincing.

Sementara tiga lainnya berada di Pulau Sumatra, yakni jalan tol Bakauheni -Terbanggi Besar, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, dan Kayu Agung – Palembang – Betung.

Adapun, enam ruas jalan tol baru yang memiliki diskon tarif 20 persen dari 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai 29 April 2023 pukul 06.00 WIB berada di ruas jalan tol trans Jawa dari Semarang sampai Jakarta, yakni jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang.

Kemudian, jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road; jalan tol Pejagan-Pemalang, dengan pengelola PT Pejagan Pemalang Toll Road; jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya.

Potongan tarif juga berlaku jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan jalan tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan dengan pengelola PT Lintas Marga Sedaya.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," katanya.

Sebelumnya, untuk arus balik Lebaran 2023, diskon tarif tol diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20 persen untuk ruas tol Jakarta-Cikampek pada 27-29 April 2023  di gerbang tol Cikampek Utama dan gerbang tol Kalihurip Utama.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari jalan tol trans Sumatra juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada 27-29 April 2023.  

Potongan harga berlaku untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh, termasuk gerbang tol Bakauheni Selatan keluar gerbang tol Kayu Agung. Selanjutnya, tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya, PT Waskita Sriwijaya Tol (WST), memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen sepanjang 27-29 April 2023.

Baca juga: Cek Buka Tutup Contraflow Cikampek & Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2023

Sementara itu, PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) memberikan potongan harga hingga 20 persen untuk jalan tol Tangerang-Merak pada periode yayng sama.

Kemudian diskon tarif tol juga diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada 14 hingga 30 April 2023. Adapun besaran potongan tarif tol adalah golongan I sebesar 15 persen, golongan II dan III sebesar 44 persen, dan golongan IV dan V sebesar 58 persen.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

6 Hal Yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Kembali dari Mudik

BERIKUTNYA

Cek Jadwal One Way, Contra Flow, dan Ganjil-Genap Arus Balik Lebaran 24-25 April

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: