Tentukan tanggal kembali dari kampung halaman adalah langkah utama sebelum melakukannya (sumber gambar ilustrasi : Pexels/ Element5 Digital)

Mau Balik dari Mudik? Perhatikan Hal Ini

04 May 2022   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah selesai Lebaran di kampung halaman, para pemudik bersiap untuk kembali. Sama dengan mudik, sejumlah persiapan juga harus dilakukan oleh individu ketika kembali dari kampung halaman ke perantauan, salah satunya dengan mempersiapkan mental dalam menghadapi kemungkinan kemacetan parah.

Dilansir dari laman Goodyear-Indonesia, individu perlu mempersiapkan segala hal agar perjalanan kembali dari kampung halaman dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Bagi individu yang membawa kendaraan pribadi, kesehatan fisik maupun kendaraan tidak boleh diabaikan.

Berikut sejumlah persiapan yang dapat dilakukan sebelum menempuh perjalanan kembali dari kampung halaman

Tentukan tanggal kembali

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh individu adalah dengan menentukan tanggal akan kembali dari kampung halaman. Penentuan tanggal kembali ini sangat penting untuk mempersiapkan segala hal, termasuk jalur yang akan ditempuh ketika kondisi jalan sangat macet.

Persiapkan fisik & mental

Sama dengan mudik, perjalanan kembali dari kampung halaman juga perlu persiapan fisik dan mental. Bukan tanpa sebab, kondisi fisik dan mental dapat berpengaruh terhadap psikis pengemudi.

Kondisi yang prima dapat menghindarkan risiko perubahan emosi karena macet atau kelelahan. Jadi, istirahat yang cukup sebelum kembali dari kampung halaman penting untuk dilakukan.

Periksa Kendaraan
 

Arus mudik di  Pelabuhan Gilimanuk. /Bisnis-Muhammad Olga

Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk. /Bisnis-Muhammad Olga


Periksakan kendaraan dengan teliti dan lengkap sebelum kembali dari kampung halaman. Mulai cek rem, oli, pengatur suhu udara, sampai dengan kondisi ban yang akan bersentuhan langsung dengan jalan.

Segera ganti ban jika kondisinya sudah mendekati tidak layak agar perjalanan tidak terganggu dan memperkecil risiko kecelakaan saat di perjalanan.

GPS

Penggunaan Global Positioning System (GPS) sangat penting ketika melakukan perjalanan, termasuk kembali dari kampung halaman. Selain sebagai penunjuk arah, GPS yang juga terdapat dalam aplikasi maps di gawai dapat menjadi petunjuk kondisi lalu lintas yang akan dilewati.

Bawa Barang Tidak Berlebihan

Saat pulang dari kampung halaman, tidak bisa dipungkiri, kita kerap membawa barang yang lebih banyak dibandingkan dengan saat mudik. Namun, perlu diingat bahwa beban kendaraan yang lebih berat akan berpengaruh terhadap kinerja kendaraan dan konsumsi bahan bakar minyak yang lebih banyak.

Istirahat

Kondisi lelah dan mengantuk adalah kondisi yang berbahaya untuk membawa kendaraan karena dapat menyebabkan kecelakaan. Jadi, jangan paksakan diri jika tubuh terasa lelah dan mengantuk. Istirahat setiap 2 jam atau bergantian mengemudi adalah salah satu cara kembali dari kampung halaman.

Waspada Risiko Kejahatan

Kita tidak pernah tahu kondisi di perjalanan dari kampung halaman, dan kejahatan dapat terjadi setiap saat. Jadi, pastikan selalu waspada dan sigap saat mengemudi di jalan. Pastikan mengunci mobil dan barang bawaan dalam kondisi aman saat beristirahat, dan pastikan juga tempat istirahat adalah tempat yang aman.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Film Horor Seoul Ghost Stories Tayang di Indonesia Bulan Ini

BERIKUTNYA

Ini Teknologi Terbaru Pengamanan Biometri di Smartphone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: