Ilustrasi orang-orang bersilaturahmi saat Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)

7 Cara Membersihkan Noda Santan & Minyak pada Baju Lebaran, Mudah Loh Genhype!

11 April 2024   |   13:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banyak orang tampil mengenakan pakaian terbaik atau baju baru saat momen Idulfitri. Baju baru menjadi simbol bahwa kembalinya diri dan hati yang suci pada Hari Raya Lebaran, setelah sebulan penuh melewati Ramadan. Tak ayal, jika mengenakan baju baru menjadi salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari Lebaran.
 
Namun, memakai baju baru yang indah pada momen Lebaran juga perlu hati-hati. Pasalnya, saat Lebaran, akan disajikan beragam hidangan khas hari raya seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan sambal kentang ati ampela. Semua makanan tersebut identik mengandung santan dan minyak yang banyak.
 
Jika tidak hati-hati, bukan tidak mungkin baju Lebaran kalian akan kotor dengan menyisakan noda membandel seperti santan dan minyak. Terlebih, jika pakaian yang dikenakan memiliki warna terang seperti putih, dan bahan-bahan yang memerlukan penanganan khusus untuk mencucinya. Bila sudah begitu, tentu akan merusak mood dan membuat kalian kurang percaya diri untuk tampil bersilaturahmi pada Hari Raya Idulfitri. 

Baca juga: Mengenal Highway Hypnosis dan Bagaimana Cara Mengatasinya
 
Namun, sebenarnya tidak perlu bingung atau panik ketika baju kalian terkena noda santan dan minyak. Ada beberapa teknik khusus yang mudah untuk membersihkan noda-noda tersebut, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan noda santan dan minyak pada baju Lebaran seperti dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. Gunakan sabun cuci piring

Menggunakan sabun cuci piring adalah salah satu cara menghlangkan noda santan dan minyak di baju yang cukup ekonomis, karena biasanya sudah ada di rumah. Caranya, oleskan cairan sabun cuci piring pada noda di baju, sikat menggunakan sikat gigi atau kucak sampai nodanya hilang, lalu bilas dengan air bersih. Keringkan bagian yang dicuci tadi dengan tisu kering atau lap bersih. 
 
Kalian bisa melakukan ini ketika sedang silaturahmi ke rumah kerabat. Cairan sabun cuci piring dapat membantu menyamarkan noda minyak dan santan pada baju. Jika nanti sudah pulang ke rumah, kalian bisa langsung mencucinya dengan deterjen. 


2. Samarkan noda dengan bedak

Tidak mau bersentuhan dengan air untuk membersihkan noda? Pertolongan darurat untuk menyamarkan noda minyak dan santan pada baju adalah dengan bantuan bedak tabur atau bedak bayi. Bedak tabur berfungsi mengikat minyak pada wajah, tapi juga bisa diaplikasikan pada kain. 
 
Taburkan bedak pada noda dan diamkan selama kurang lebih 2 jam. Usahakan bedak menutupi seluruh area noda. Setelahnya, bersihkan taburan bedak dengan tangan atau tisu kering. Jika masih terlihat nodanya, ulangi langkah-langkah sebelumnya sampai nodanya tersamarkan. Jika noda sudah memudar, cuci pakaian seperti biasa.


3. Gunakan air dan sampo

Selain berfungsi untuk membersihkan rambut, sampo juga bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan noda santan dan minyak pada pakaian. Caranya, oleskan sampo ke area baju yang terkena noda secara menyeluruh. Teteskan air ke area yang terkena noda tersebut, lalu sikat menggunakan sikat gigi bekas atau sikat khusus pakaian.
 
Teruslah menyikat area yang terkena noda santan dan minyak selama satu sampai tiga menit. Jika sudah, lakukan hal yang sama pada kain baju bagian dalam sampai noda hilang.
 


4. Pakai baking soda

Baking soda, salah satu bahan pembuat kue atau makanan, bisa juga membantu menghilangkan noda santan dan minyak pada baju. Caranya, larutkan baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ke titik noda yang terdapat pada kain lalu sikat noda menggunakan sikat gigi. Setelah noda tampak memudar, diamkan beberapa menit. Kemudian, cuci pakaian seperti biasa menggunakan deterjen.


5. Bersihkan dengan cuka

Cuka dapur mengandung bahan asam yang mampu menyerap noda santan dan minyak terutama pada pakaian berbahan katun. Selain itu, cuka juga aman digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian. Caranya, siramkan cuka pada noda pakaian lalu diamkan beberapa saat. Jika terlihat noda memudar, bisa langsung mencuci pakaian seperti biasa.


6. Hilangkan noda dengan tepung maizena

Selain digunakan untuk membuat berbagai makanan, tepung maizena atau tepung jagung juga bisa diaplikasikan sebagai bahan pembersih noda santan dan minyak pada baju. Caranya, tuangkan sedikit tepung maizena pada pakaian yang terkena noda, lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga teksturnya agak mengeras. Kemudian, sikat secara perlahan area noda yang sudah dilumuri tepung maizena, lalu cuci pakaian dengan mesin cuci menggunakan pengaturan dingin.


7. Gunakan gel lidah buaya

Selain terbukti efektif dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit, gel lidah buaya juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan noda santan dan minyak pada pakaian, termasuk mengangkat kotoran membandel seperti oli. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Lebaran
 
Untuk melakukannya, kalian perlu menyiapkan gel lidah buaya dengan air panas dan hangat. Rendam pakaian yang terkena noda dengan menggunakan air panas, lalu gosokkan gel lidah buaya ke atasnya melalui gerakan melingkar dan kencang. Setelah itu, cuci pakaian secara manual dengan cara mengucak atau menyikat dengan menggunakan air hangat. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

4 Resep Menu Maknyus Tanpa Daging dan Santan untuk Sajian Setelah Lebaran

BERIKUTNYA

Saat Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Rumus 4:1 Agar Selamat. Apa Itu?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: