Ilustrasi sajian Lebaran. (Sumber foto: Unsplash/Sam Moghadam Khamseh)

5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Lebaran

10 April 2024   |   11:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri biasanya dirayakan dengan berkumpul dan bersantap hidangan khas lebaran bersama keluarga. Sajian khas Lebaran identik dengan makanan berlemak dan tinggi kadar kolesterol jahat (LDL). Jika menyatapnya secara berlebihan, maka kesehatan bisa menjadi taruhannya.

Oleh karena itu, Genhype pun perlu mengatur strategi agar kolesterol tak melonjak dan membahayakan kesehatan di momen nan fitri ini. Agar kesehatanmu tetap terjaga, yuk simak beberapa cara untuk mengatasi kolesterol naik usai lebaran!

Baca juga: 10 Makanan Ini Dipercaya Dapat Bantu Turunkan Kolestrol
 

Daging (Sumber gambar: Paras Kapoor/Unsplash)

Daging (Sumber gambar: Paras Kapoor/Unsplash)

 

1. Konsumsi Buah

Selain kaya serat, buah juga memiliki manfaat untuk meredam lemak jahat dalam tubuh. Jenis buah seperti apel direkomendasikan karena memiliki fungsi untuk membuat oksidasi kolesterol jahat melambat. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam apel juga bermanfaat baik untuk pembuluh darah.

Selain apel, jenis buah lain yang direkomendasikan untuk mengatasi kolesterol LDL naik adalah alpukat. Alpukat merupakan jenis buah yang mengandung lemak tak jenuh, kandungan yang sempurna untuk menekan kadar lemak jahat dalam hidangan bersantan. Kandungan polifenol dan fitosterol dalam alpukat juga terbukti ampuh untuk absorbsi kolesterol menjadi terhambat.
 

2. Pilih Sumber Protein Alternatif

Konsumsi aneka olahan daging sulit dihindari saat momentum lebaran tiba. Namun sebaiknya Genhype memperhatikan juga sumber protein lain yang bisa menjadi alternatif makanan usai lebaran. Jenis kacang-kacangan, tahu, dan tempe direkomendasikan untuk menekan laju kolesterol jahat.

Jika ingin memilih jenis protein hewani, ikan mararel, kod, sarden, dan kembung dengan kandungan asam lemak omega-3 bisa menjadi pilihannya. Jenis protein hewani ini disarankan sebagai alternatif pengganti daging merah yang kaya kandungan lemak jahat.
 

3. Rutin Berolahraga

Selain menekan kolestrol jahat dengan makanan kaya serat dan lemak tak jenuh, rutin berolahraga juga menjadi hal penting dalam mengatasi lonjakan kolestrol jahat setelah lebaran. Kunci menekan kolestrol jahat adalah dengan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL).

Berolahraga bermanfaat untuk membuat kadar kolesterol baik tersebut meningkat. Lakukanlah olahraga berintensitas sedang seperti jalan cepat, jogging, atau berenang selama 3 kali dalam sepekan.
 

4. Hindari Konsumsi Gula & Junk Food

Setelah puas menyantap hidangan gorengan dan bersantan selama lebaran, hindari konsumsi gula dan junk food jika tak ingin kolesterol makin naik. Gula buatan memiliki zat yang dapat menyebabkan peradangan. Makanan dengan kandungan gula tinggi bisa menyebabkan kadar gula darah meninggi dalam waktu cepat. Kondisi ini juga bisa saling memperberat komplikasi pada kasus orang yang memiliki kolestrol tinggi.

Oleh karena itu, upayakan untuk menghindari makanan dengan kandungan gula dan kandungan lemak tinggi agar tak membuat kondisi kesehatan makin buruk. Genhype juga direkomendasikan untuk menghindari jenis kue-kue yang terlalu manis selama lebaran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Yuk Ketahui Cara Mengolah Daging Supaya Empuk, Begini Triknya

BERIKUTNYA

Kapan Penetapan Idulfitri 1445 Hijriah? Berikut Jadwal & Tahapan Sidang Isbat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: